21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ovitrap, Perangkat Jitu Nyamuk Aedes Sukes Diterapkan Mahasiswa Kampus Ungu

blokbojonegoro.com | Thursday, 27 January 2022 18:00

Ovitrap, Perangkat Jitu Nyamuk Aedes Sukes Diterapkan Mahasiswa Kampus Ungu

Pengirim: Sandi

blokBojonegoro.com - Mahasiswa Semester V, STIKes ICsada Bojonegoro membuat inovasi dengan memasang ovitrap di 11 rumah keluarga binaan, yaitu salah satu upaya preventif memberantas nyamuk yang berkembang di rumah warga Desa Ngampel,  Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

Mahasiswa semester V yang menerapkan pemasangan ovitrap ini, Bima Bagaskara menjelaskan, Ide Ovitrap ini muncul berdasarkan pengkajian awal yang dilakukan di desa Ngampel tepatnya di RT 1-3 dan 6. Terdapat botol-botol bekas di rumah-rumah keluarga binaan mahasiswa Kampus Ungu yang tidak dimanfaatkan oleh pemilik rumah dan malah dipenuhi oleh jentik-jentik nyamuk.

"Ovitrap adalah suatu perangkap untuk tempat bertelur nyamuk Aedes pada botol plastik bekas dimana botol dibagi menjadi dua. Lalu bagian atas botol ditutup kasa dan dimasukkan ke dalam bagian bawah botol secara terbalik," ungkapnya.

Kemudian semua bagian botol dilapisi plastik hitam dan botol diisi larutan air gula dicampur ragi. Pemantauan dilakukan setiap minggu selama bebrapa pertemuan saat kunjungan ke keluarga binaan. Dimulai dari tanggal 30 Desember 2022. Dari hasil evaluasi di akhir pertemuan terakhir pada keluarga binaan.

Ovitrap sendiri sebenarnya telah banyak diterapkan di berbagai negara di Asia Tenggara. Bahkan cara ini dinilai lebih efektif dibandingkan dengan fogging. “Sebenarnya langkah pemasangan ovitrap ini berkesinambungan dengan program 3M dan memiliki efisiensi yang sangat bagus untuk melakukan pencegahan DBD," ulas Bima.

Salah satu keluarga binaan,  Ismail mengatakan, ovitrap yang dibuat sangat bermanfaat dan terbukti dapat menjebak nyamuk. "Telur nyamuk tidak dapat berkembang dan akhirnya bisa dibuang ke tanah," ujarnya.

 

Tag : STIKes, ICsada, Bojonegoro, ovitrap, ngampel, Kapas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat