18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Unugiri Tutup KKN dengan Gelar Bazar Produk Mahasiswa

blokbojonegoro.com | Saturday, 10 December 2022 18:00

Unugiri Tutup KKN dengan Gelar Bazar Produk Mahasiswa

Pengirim: Usman Roin*

blokBojonegoro.com - Untuk menutup Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2022, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) menggelar Bazar produk mahasiswa KKN yang sebulan 1-30 November 2022 telah melakukan KKN di lima Kabupaten Bojonegoro, Tuban, Ngawi, Nganjuk, dan Blora, Sabtu (10/12/22), di halaman Rektorat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Katua BPP Unugiri, Drs. H. Saifuddin Idris, M.M., Rektor K. M. Jauharul Ma'arif, M.Pd.I., Wakil Rektor III, Dr. Nurul Huda M.H.I., Wakil Rektor IV Dr. Hj. Ifa Khoiria Ningrum, SE., M.M., serta jajaran Dekan, DPU, DPL KKN Unugiri serta mahasiswa kelompok KKN.

Ketua BPP Unugiri H. Saifuddin Idris dalam sambutannya menyampaikan kebanggan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan KKN dengan baik. Apalagi, program kerja yang dibuat sangat dibutuhkan masyarakat.

"Saya bangga kepada mahasiswa, karena program kalian selama KKN dibutuhkan masyarakat," ungkapnya.

Saifuddin juga tidak lupa berterima kasih kepada dosen pembimbing lapangan (DPL) yang telah membimbing dengan telaten. Apalagi sudah direncanakan dengan baik pula pelaksanaannya.

"Terima kasih DPL yang telah telaten  membimbing, dan mohon maaf belum bisa mampir ke posko KKN," ucapnya.

Sebelum menutup KKN, Saifuddin juga berpesan kepada mahasiswa terkait produk yang dibuat sebisa mungkin ada laba. Kepada masyarakat juga beri pembelajaran pemasaran secara online, agar produk olahan mudah terjual di pasaran

"Tolong, ajarkan pula pemasaran digital produk. Maka, dengan ucapan alhamdulillah, KKN Unugiri Tahun 2022 resmi ditutup," imbuhnya yang disambut tepuk tangan.

Semantara, Rektor Unugiri M. Jauharul Ma'arif mengatakan bila dari KKN ini mahasiswa bisa belajar mengenali potensi desa. Mana yang bisa dikembangkan menjadi produk nyata hasil dari kolaborasi dengan masyarakat.

Ma'arif juga mengakui, bila waktu KKN sebulan tidaklah cukup jika ingin mendapat hasil maksimal. Meski begitu, produk ini adalah hasil nyata. Sehingga perlu pula maintenance ke desa yang ditempati untuk melihat ketercapaian produk.

"Saya berharap, minimal sebulan ke depan kelompok KKN maintenance ke desa dari produk yang dihasilkan. Tujuannya, agar ada keterhubungan dan ketercapaian," ungkapnya.

Diakhir sambutan, Rektor tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang telah memperkenalkan Unugiri kepada masyarakat selama KKN.

"Terima kasih teman-teman mahasiswa, berkat panjenengan masyarakat bisa lebih mengenal Unugiri," pungkasnya.

Syarif Husen selaku perwakilan mahasiswa KKN menyampaikan, bila selama sebulan KKN  telah memberi pemahaman dinamika bermasyarakat baik dari aspek sosial, politik dan bagaimana menutaskannya dengan kelompok. Apalagi selama di bangku kuliah, problema tersebut riil ditemui yang dalam sebulan belumlah cukup menuntaskan semuanya.

"Kita selama KKN alhamdulillah paham tentang dinamika bermasyarakat, sospol, dan masalah lain. Walau waktu KKN perlu ditambah guna menustaskan semua," ucapnya.

Mengakhiri rangkaian penutuan KKN Unugiri Tahun 2022, secara resmi dilakukan pula pelepasan almamater jaket dan topi KKN yang kemudian diikuti peserta perwakilan 57 kelompok. Setelah itu, kemudian dilanjutkan penilaian masing produk kelompok KKN yang terdiri dari olahan pangan, alat pertanian, serta pembangkit listrik tenaga surya.

* Penulis adalah Anggota Sei Dokumentasi dan Publikasi KKN UNUGIRI 2022

Tag : kkn, unugiri, bojonegoro, blora, jawa tengah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat