17:00 . 592 Orang Daftar PPK Pilkada Bojonegoro 2024, Kebutuhan Hanya 140 Petugas   |   15:00 . Diperebutkan Ratusan Warga, Segini Gaji PPK Pilkada Bojonegoro 2024!   |   10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |   11:00 . Proyek Trotoar Rp23,4 M Segera Dilelang   |   09:00 . Teka-Teki Perpanjang Jabatan Kades Belum Bisa Dipastikan   |   07:00 . Tak Puas di Ranjang Berujung Selingkuh Penyebab ASN di Bojonegoro Cerai   |   21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Bawa 27 Pemain di Liga 3 Nasional 2024   |  
Thu, 02 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kegiatan P5 dan P2RA, Siswa MTsN 3 Bojonegoro Pesta Demokrasi

blokbojonegoro.com | Saturday, 23 September 2023 15:00

Kegiatan P5 dan P2RA, Siswa MTsN 3 Bojonegoro Pesta Demokrasi

Pengirim: Suwanto S.Pd.*

blokBojonegoro.com - Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam Kurikulum Merdeka, Peserta didik Madrasah wajib melaksanakan P5 dan P2RA sebagai upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Atas dasar hal tersebut di atas, maka MTsN 3 Bojonegoro kembali melaksanakan kegiatan Proyek Profil Penguatan Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'Alamin (P5 dan P2RA) dengan Tema “Suara Demokrasi” yaitu Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2023/2024.

Tujuan pelaksanaan P5 dan P2RA tema ”Suara Demokrasi” ini adalah agar para siswa mampu mengimplementasikan sistem demokrasi pada satuan pendidikan, membentuk kaderisasi kepemimpinan yang demokratis guna menampung aspirasi peserta didik MTsN 3 Bojonegoro serta melatih peserta didik untuk berorganisasi serta menyalurkan minat bakat peserta didik dalam berorganisasi.

Adapun untuk kegiatan aksi nyata dari pelaksanaan P5 dan P2RA tema ”Suara Demokrasi” adalah peserta didik terlibat langsung dalam kegiatan pemungutan suara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS pada hari sabtu (23/09/2023) sebagai bagian dari Demokrasi di Sekolah, Pemilihan ini dilakukan dengan sistem pemungutan suara secara langsung oleh seluruh warga madrasah secara terbuka di teras laboratorium IPA.

Dalam sambutannya, Bapak Khusnul Maarif, S.Pd selaku Koordinator kegiatan P5 dan P2RA melaporkan bahwa kegiatan P5 dan P2RA Sudah berjalan sejak Senin kemarin dan Semua persiapan dilakukan secara mandiri oleh siswa dan didampingi guru-guru pembimbing.

“Selama Satu minggu para siswa dibekali berbagai pengetahuan tentang konsep demokrasi, prinsip-prinsip demokrasi, dan cara berdemokrasi yang baik dan hari ini puncak kegiatan yaitu Pemungutan Suara pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS,” tutur Guru Bahasa Inggris tersebut.

Hal senada juga disampaikan Bapak Drs. Juki, M.Pd selaku kepala madrasah “Kegiatan Pemilihan OSIS ini sebagai wadah pembelajaran berdemokrasi dan saling menghargai antar sesama calon. Siapapun yang terpilih nanti, program kerjanya harus didukung kandidat yang kalah,” ungkapnya

Tak ketinggalan Ananda M. Ilham Fitra Septian menyampaikan opininya dalam kesempatan wawancara mengatakan bahwa kegiatan P5P2RA dengan tema “Suara Demokrasi” ini sangat bermanfaat. “Kami banyak mendapatkan pelajaran yang baru tentang demokrasi,” tutur Fitra siswa kelas 7c.

Adapun tiga pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS MTsN 3 Bojonegoro periode 2023/2024 yang lolos seleksi (Tes Tulis dan Wawancara) yaitu Anggun Putri Aulya Trisnawati (8c) dengan Muhamad Qamarudin Assyuro (7c) sebagai paslon nomor satu, Acmad Haikal Aha (8a) dengan Ana Sarirotul Khosyiah (7a) sebagai paslon nomor dua dan Yelse Dinda Ramadhani (8a) dengan Halbieno Rizky bumi Akbartinto (7d) sebagai paslon nomor tiga.

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini cukup menarik, karena sebelum pencoblosan oleh masing-masing calon, ketiga pasangan calon yang berkompetisi tersebut melakukan orasi serta menyampaikan visi dan misi atau program kerja yang akan dilaksanakan untuk satu tahun kedepan jika terpilih dalam memimpin OSIS MTsN 3 Bojonegoro.

Hasil akhir dari Pemungutan suara pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS MTsN 3 Bojonegoro dimenangkan oleh pasangan calon nomor 01 yaitu Anggun Putri Aulya Trisnawati (8c) dan Muhamad Qamarudin Assyuro (7c), dengan perolehan 280 suara, sedangkan paslon nomor 02 Acmad Haikal Aha (8a) dan Ana Sarirotul Khosyiah (7a) memperoleh 169 suara, dan paslon nomor 03 Yelse Dinda Ramadhani (8a) dan Halbieno Rizky bumi Akbartinto (7d) memperoleh 69 suara dan yang tidak sah 32 suara.

Semoga Anggun Putri Aulya Trisnawati (8c) dengan Muhamad Qamarudin Assyuro (7c) bisa menjadi ketua dan wakil ketua OSIS yang bertanggung jawab dan amanah bisa bekerja sama untuk mewujudkan dan menjalankan program OSIS dengan lebih baik lagi sesuai janji dan visi-misinya. Sehingga bisa menjadi teladan atau contoh yang baik bagi Peserta didik MTsN 3 Bojonegoro.

*Penulis adalah guru Bahasa Inggris MTs Negeri 3 Bojonegoro

Tag : Kegiatan P5 dan P2RA, SISWA MTsN 3 Bojonegoro Pesta Demokrasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat