19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |   07:00 . Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Wujud Kebersamaan dalam Akulturasi Budaya Budaya   |   18:00 . Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban   |   17:00 . Ratusan Siswa Antusias Tambah Wawasan Baru Tentang Energi   |   15:00 . Tata Cara Baca Surat Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban   |   11:00 . Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan di Ramadan   |   16:00 . Kades di Bojonegoro Tak Netral Saat Pemilu, Bawaslu Serahkan Perkara ke Pj Bupati   |   15:00 . Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?   |   14:00 . Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro Mendadak Dibatalkan, Ada Apa?   |   13:00 . Malam yang Ditunggu, Ini Keutamaan dan Amalan Nisfu Sya'ban   |  
Mon, 26 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Profesional Pengurus Dalam Kelola Website, UKMP Griya Cendekia UNUGIRI Gelar Workshop

blokbojonegoro.com | Tuesday, 21 November 2023 08:00

Tingkatkan Profesional Pengurus Dalam Kelola Website, UKMP Griya Cendekia UNUGIRI Gelar Workshop

Pengirim: Adelia Halimatussa’diyah dan Putri Eka Nurus Syamsiyah

blokBojonegoro.com - Guna meningkatkan kompetensi pengurus dan terampil dalam mengelola media digital, UKM Penalaran dan Penelitian Griya Cendekia (UKMP GC) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) menyelenggarakan Workshop Optimalisasi Website dan Desain Grafis, Minggu (19/11/2023) di Ruang B3, Gedung Fakultas Tarbiyah.

Selaku pembina, Usman Roin menyampaikan, bila workshop ini penting untuk dilakukan agar UKMP GC bisa dikenal khalayak umum, baik dari nama  organisasinya maupun dalam kiprahnya dalam berkarya lewat literasi menulis, agar dapat menginspirasi orang lain.

“Workshop ini penting, agar UKM kita semakin optimal. Lewat karya tulislah yang menjadi bagian dalam memperkenalkan diri kita, sehingga diharapkan bisa menginspirasi orang lain,” tuturnya. 

Beliau juga menyampaikan, bila saat ini UKMP GC sudah memiliki website resmi yang bernama ukmpgc.unugiri.ac.id. Beliau berpesan, agar pengurus memanfaatkan website dengan sebaik-baiknya sebagai wasilah (jalan) dalam membuat konten positif dalam menulis serta menjadikan website tersebut sebagai wadah untuk menampung semua hasil karya tulis mahasiswa di UNUGIRI. Tujuannya, agar literasi dan karya mahasiswa UNUGIRI semakin meningkat dan maksimal.

“Saat ini kita sudah mempunyai website resmi. Jadikan itu sebagai jalan kita dalam berkarya serta menjadi wadah untuk menampung karya mahasiswa UNUGIRI agar literasi kita semakin meningkat,” pesannya.

Sementara itu, M. Ainun Najib selaku Ketua Umum UKMP GC menyampaikan, kegiatan workshop ini merupakan sebuah inovasi baru untuk membekali segenap pengurus terutama Divisi Komunikasi dan Informasi (Kominfo), untuk meningkatkan kompetensi keilmuannya dalam mengelola media digital UKM. 

“Ini merupakan inovasi terbaru kita, karena sekarang kita sudah memiliki website resmi. Maka kegiatan optimalisasi ini penting agar kita semakin profesional dalam mengelola website dan media sosial UKM, sebelum menerima anggota baru,” ungkapnya.

Najib, panggilan akrab Ketua Umum UKMP GC tersebut, menambahkan bila workshop ini merupakan agenda pertama kalinya UKMP GC periode kepengurusan 2023-2024. Dirinya berpesan, pasca diadakannya workshop semua ilmu yang di sampaikan pemateri dapat di aplikasikan secara intensif dalam pengelolaan website untuk kedepannya.

“Alhamdulillah ini merupakan pelaksanaan proker pertama kita. Mohon nanti tim kominfo mengaplikasikan ilmu yang diberikan narasumber, agar media digital kita semakin baik lagi untuk kedepannya,” pesannya.

Moch. Nur Aziz Rifa’i, selaku Ketua Pelaksana tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada narasumber dari Kota Semarang yang sudah hadir, serta berkenan untuk menjadi pemateri. Mewakili panitia penyelenggara, dirinya berterima kasih kepada semua yang pihak yang terlibat dalam menyukseskan terselenggaranya kegiatan.

“Terima kasih bapak Abdul Arif sudah hadir membersamai kita untuk sharing ilmunya.  Tidak lupa, teman panitia atas bekerja keras dalam menyukseskan kegiatan,” ucapnya. 

Adapun materi pertama tentang Optimasi Website, Abdul Arif selaku Pemred Babad.Id dari Kota Semarang menyampaikan tips bagaimana cara  membuat konten yang menarik dan berkualitas dengan cara mengetahui target kebutuhan pembaca, kemudian cara menampilkan foto atau gambar, tips SEO, serta pemanfaatannya.

Disesi akhir penyampaian, beliau tidak lupa melakuakan evaluasi website UKMP GC bernama ukmpgc.unugiri.ac.id dengan memberikan pesan kepada pengurus agar selalu istiqomah dalam memposting konten website. 

"Secara umum website ini sudah bagus. Namun agar bisa hidup, website yang baik itu selalu meng-update kontennya, dan memberi informasi sesuai kebutuhan para pembacanya," pesannya. 

Sementara itu, Akhmad Faiz Riza Afthoni selaku pemateri kedua tentang Desain Grafis menjelaskan seputar aplikasi desain grafis dengan menggunakan aplikasi Canva. Mulai dari pengelan Canva, kegunaan tools  yang ada, serta tips memadukan warna desain dan tips dalam penggunaan font. 

Di akhir penyampain materinya, ia kemudian memberikan tugas kepada seluruh peserta untuk praktik dalam mendesain highligt berita. [mu]

*Pengurus Divisi Komunikasi dan Informasi UKMP Griya Cendekia UNUGIRI.

Tag : Kampus, mahasiswa, unugiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat