17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   15:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   13:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   12:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   12:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   07:00 . Kisah Pemilik Usaha Nasi Pecel Pincuk Daun Jati, Usahanya Moncer Berkat KUR BRI   |   06:00 . Remaja di Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik saat Bersihkan Ranting Pohon   |   17:00 . Setyo Wahono Disebut Angin Segar bagi Dunia Usaha dan Investasi Bojonegoro   |   15:00 . Demokrat Bojonegoro Bakal Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   14:00 . Wahono-Nurul Diisukan Berpasangan, Pengamat Politik: Peluang Besar untuk Menang   |   12:00 . Banggar DPRD Bojonegoro Sempat Tolak Pengadaan Mobil Siaga: Desa Belum Mampu Kelola BKK   |  
Sat, 20 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Siswa SMKN 1 Bojonegoro Buat Video Klip Ikut Kembangkan Potensi Kwangen Rejo

blokbojonegoro.com | Wednesday, 06 December 2023 12:00

Siswa SMKN 1 Bojonegoro Buat Video Klip Ikut Kembangkan Potensi Kwangen Rejo

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Pendidikan itu menyenangkan, tidak penuh ancaman dan dogmatik, dan mari bersenang-senang dengan ilmu pengetahuan. Demikian kata Guru Seni dan Budaya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bojonegoro Dadang SB saat membawa 8 anak didiknya mengikuti sebuah pengambilan shoot video klip.

Ya, siswa SMK N 1 Bojonegoro dari Kompetensi Keahlian (Komli) Multimedia (MM) dan Desain Komunikasi Visual (DKV) tengah melangsungkan outclass. Yakni pembelajaran di luar kelas yang menjadi salah satu dari banyaknya aspek Kurikulum Merdeka.

"Semua alat shooting dari Kompetensi keahlian Multimedia dan DKV. Video klip dari lagu Kwangen Rejo ciptaan Bombom MC, sengaja kami libatkan siswa-siswi SMK Negeri 1 Bojonegoro untuk pembelajaran outclass yang fun untuk menambah pengalaman peserta didik," jelas Dadang SB.

Tiga kameramen yakni Fauz, Langit, dan Fahmi, lalu tiga Clipper yang terdiri dari Ghea, Naya, dan Angel. Enam siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro itu tampak bersemangat dalam proses pengambilan video klip bersama Bantolo Budaya Kwangen di Kwangen Rejo, Desa Leran, Kecamatan Kalitidu.

Lalu ada empat siswa yang berperan sebagai penari, diantaranya Luki dan Fio serta dua alumni lainnya Mala dan Melati, masuk dalam talent video yang disutradarai oleh Sapto Priyono itu.

blokBojonegoro.com berkesempatan menemui Ghea Arshilla Septiana, murid kelas X1 DKV saat jam istirahat pelajaran. Remaja yang akrab disapa Ghea itu mengaku pertama kali mengikuti proses take shoot video klip. Tentunya ini menjadi pengalaman dan ilmu baru yang dia peroleh.

"Kita jadi tahu dunia shooting, dunia kerja bagaimana dan bisa dibawa untuk magang ke depan. Sempat belajar tentang prosedur dari awal sampai akhir, bagian dan tugas masing-masing," curhat pelajar SMK Negeri 1 Bojonegoro asal Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander itu.

Ghea yang hobi fotografi serta berkegiatan outdoor itu beranggapan, pembelajaran outclass sangatlah bagus. Karena bisa menumbuhkan jiwa eksplor ilmu yang tak ditemui di dalam kelas.

"Tahu banyak hal yang bisa dijelajahi di luar, mencari spot yang bagus untuk berkarya," jelasnya.

Sementara itu, Roedi Agus Setiyono yang memang belum lama menjabat sebagai Kepala SMK Negeri 1 Bojonegoro dengan optimis dapat mengantarkan para siswa untuk berkarya dan memiliki manfaat lebih bagi masyarakat.

Laki-laki yang akrab disapa Pak Roedi itu sangat senang ketika para siswa memiliki semangat yang sejalan dengan amanat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yakni jurus IKI. Siswa memiliki Inisiatif, Kolaboratif, dan Inovasi (IKI) dalam proses pembelajarannya.

"Termasuk berkarya dan kolaborasi buat video klip itu, saya mengapresiasi karena bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Desa Leran untuk ikut mengembangkan potensi lokal," tuturnya saat ditemui awak media disela jam kerjanya.

Kepala Desa (Kades) Leran, Kecamatan Kalitidu Muttabi'in begitu sumringah usai video klip Kwangen Rejo dirilis dan dipertontonkan pada agenda Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sabtu (29/11/2023) malam lalu.

Kades yang dikenal ramah dan peduli dengan kebudayaan lokal itu menuturkan, bahwa proses pembuatan video klip Kwangen Rejo merupakan salah satu bentuk promosi tentang potensi wisata desa.

Yang mana awalnya SMK Negeri 1 Bojonegoro sempat mengangkat tema Kwangen Rejo sebagai suguhan pawai Budaya yang beberapa waktu lalu diadakan oleh Pemkab Bojonegoro. 

"Dalam suatu perjalanan, dari SMK Negeri 1 Bojonegoro juga mengangkat Desa Leran saat pawai Budaya salah satunya budaya Kwangen, dengan berjalannya waktu dari masyarakat, penduduk, ada swadaya untuk ingin bergabung dengan pemdes bagaimana situs di wilayah Kwangen bisa terawat terlindungi dan dijadikan icon di Desa Leran khususnya di Dusun Sidokumpul," terang Kades kepada blokBojonegoro.com, Sabtu (2/12/2023). [feb/mu]

 

Tag : Smkn 1 bojonegoro, smk, siswa bojonegoro, smkn 1 bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat