13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Satgas Anti Narkoba UNUGIRI, Datangi Sosialisasi Bahaya Narkoba dari Bakespol Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 December 2023 19:00

Satgas Anti Narkoba UNUGIRI, Datangi Sosialisasi Bahaya Narkoba dari Bakespol Bojonegoro

Penulis : Putri Dharma Yanti

blokBojonegoro.com - Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkota UNUGIRI dhadiri undangan sosialisasi bahaya Narkoba dan penyebarluasan informasi tentang pencengahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba, yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakespol) Kabupaten Bojonegoro, selenggarakan pada Senin (18/12/23) di Hotel dan Resto Griya MCM Bojonegoro. Kegiatan sosialisai bahaya Narkoba pada tahun 2023 ini, mengangkat tema “Membentuk Generasi Bangsa yang Sehat Tanpa Narkoba".

Hanafi mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam mengawali sambutannya, melantunkan sebuah pantun pengantar yang di sambut dengan antusias oleh para peserta.

“Etan kali kulon kali, tengah-tengah danau Toba. Sini sosialisasi sana sosialisasi, namun tak seindah sosialisasi anti Narkoba".

Dirinya juga menyampaikan bahwa, kegiatan ini sebagai upaya untuk merekatkan tali silaturahmi. selain itu, dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa, Narkoba ini sangat membahayakan penggunanya. Sehingga dirinya berpesan agar para peserta jangan sampai menggunakannya.

“Kita di sini juga sebagai bentuk silaturahim. Narkoba adalah sebuah ancaman untuk generasi kita yang nyata, sehingga bapak ibuk jangan pernah coba-coba pakai Narkoba,” pesannya.

Sementara itu, Fajar Ruspati dari Dinas kesehatan Bojonegoro, dalam sambutannya beliau menceritakan pengalamannya ketika menangani pasien mantan pengguna Narkoba di Kabupaten Bojonegoro yang mayoritas adalah para pemuda.

“Kemarin saya di pondok penanganan jiwa di Balen, dari 29 pasien ada 15 an orang adalah usia sekitar 17-27  tahun. Kebanyakan mereka terkena sel saraf nya,” ungkapnya.

Tri Cahyono selaku Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten / Kota (BNNK) Kabupaten Tuban, sekaligus pemateri pertama dalam sosialisasi Narkoba tersebut mengungkap, Survei yang telah dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dari Thun 2021-2023, yang mencengangkan bahwa usia 15-24 ternyata menjadi jumlah terbanyak penyalahgunaan Narkoba.

Dirinya juga menjelaskan bila Narkoba ada tiga golongan, yakni pertama berupa obat-obatan yang tidak boleh disalah gunakan, kedua berupa psikotropika yang berhubungan dengan pikiran, dan ketiga bahan adiktif yang mengakibatkan ketergantungan (Rokok). Sehingga beliau memberikan pesan untuk para peserta agar berhati-hati dengan Narkoba dan zat berbahaya lainnya.

“Begitu dahsyatnya bahaya Narkoba, maka berhati-hatilah,” pesannya.

Di akhir penyampaian materinya, dirinya mengajak para peserta agar selalu meneegakkan 3B, dengan harapan agar penyalahgunaan Narkoba bisa berkurang.

Mari kita tegakkan 3B agar Narkoba bisa selesai, “Berani Tolak, Berani Rehab, dan Berani Lapor,” tegasnya.

Hadi Sumono selaku pemateri kedua dan Kasat Narkoba Polres Bojonegoro, menjelaskan bila Kasus Narkoba semakin tahun semakin meningkat terutama di Kabupaten Bojonegoro. Mayoritas penggunanya adalah para kalangan muda dan kalangan dewasa.

“Dari usia remaja sampai dewasa, tertangkap karena kedapatan menggunakan Narkoba jenis sabu,” ungkapnya.

Menurutnya, Bandar Narkoba sulit untuk berhenti. Namun pecandu Narkoba sudah seharusnya tidak kita kucilkan, namun harus kita rangkul. Penanganan kasus Narkoba dengan kasus kriminal itu beda. Mereka akan di rehab bukan dihukum jika melakukan Narkoba.

Ibu Fajar selaku pemateri ketiga, mengatakan bila pintu masuk Narkoba adalah merokok. Sehingga dirinya memberikan saran jika para peserta yang hadir ingin berhenti merokok, bisa hadir di puskesmas se-Bojonegoro. “Kami punya poli di Puskesmas di seluruh Bojonegoro, jika bapak-bapak ingin berhenti merokok bisa konsultasi di sana,” tuturnya.

Hadi juga berpesan agar para pendidik memperhatikan peserta didiknya, dan jangan sampai terjerumus kedalam Narkoba, jika sudah terlanjur agar segera di tangangi.

“Bapak ibu guru juga tolong kepeduliannya terhadap muridnya, jika ada anak yang terlihat beda bisa diajak bicara, diarahkan ke guru Bimbingan Konseling (BK-nya), karena anak sekarang generasi Stroberi, diluar bagus didalam oleng, terkena masalah sedikit bisa oleng” pesannya.

Yusuf selaku pemateri keempat dalam kesempatan tersebut menyampaikan, jika pengguna Narkoba sekarang juga meningkat dan Narkoba tidak ada baiknya bila disalahgunakan.

“Narkoba tidak ada baik-baiknya, maka hindarilah hindari Narkoba, kalau sudah masuk Narkoba segera lapor ke polisi, dan buat permohonan rehabilitasi maka tidak akan kena sanksi,” ungkapnya.

Acara sosialisasi ini, ditutup dengan arahan dari Sekda Bojonegoro Nurul Azizah. Dirinya menegaskan bahwa, pada intinya Narkoba membahayakan. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan peserta yang sudah hadir serta mensupport kegiatan ini.

Kegiatan ini di mulai pada pukul 09.30-14.00 WIB, yang diawali dengan pembukaan, kemudian menyanyikan lagu Indonesia raya, dilanjutkan dengan pembacaan do’a, laporan penyelenggara, sambutan-sambutan, serta penyampaian materi dan tanya jawab. Kemudian diakhiri dengan arahan dari PJ bupati dan di akhiri dengan foto bersama.

*Penulis adalah Mahasiswa Prodi PAI UNUGIRI

Tag : Satgas, unugiri, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat