13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemred bB Berbagi Pengetahuan Kinerja Redaksi pada Mahasiswa PAI UNUGIRI

blokbojonegoro.com | Sunday, 10 December 2023 19:00

Pemred bB Berbagi Pengetahuan Kinerja Redaksi pada Mahasiswa PAI UNUGIRI Pemred bB, Parto Sasmito menyampaikan materi. (Foto: Doc. UNUGIRI untuk blokBojonegoro.com)

Pengirim: Siti Rahmawati *

blokBojonegoro.com - Agar Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah, UNUGIRI Kelas 7C mengetahui bagaimana sebuah media terkelola dengan baik, Pemimpin Redaksi (Pemred) blokBojonegoro.com dihadirkan sebagai dosen tamu di Mata Kuliah (Makul) Jurnalistik.

Kelas Makul Jurnalistik bertema “Manajemen Media” yang berlangsung di Ruang B9 Lt. 3, Gedung FT pada Sabtu (9/12/23), tersebut bertujuan agar mahasiswa tahu seluk beluk pengelolaan media hingga bisa eksis.
Selaku dosen pengampu Makul Jurnalistik, Usman Roin, menuturkan bila era digitalisasi ini lahir media-media online yang menyajikan informasi serta mudah diakses melalui gadget. Eksistensi media tersebut, tidak luput dari manajemen yang baik sebagai perusahaan.

[Baca juga: Hadir di Makul Jurnalistik, Pemred bB Bekali Mahasiswa PAI UNUGIRI Kompetensi Jurnalis ]

Hadirnya praktisi media yang mengisi materi, diharap menjadikan mahasiswa tidak sekadar menjadi penikmat berita-berita yang disajikan media. Lebih dari itu, mahasiswa tahu kunci eksis sebuah perusahaan media karena memiliki tata keloka secara baik.

“Saya harap lewat diskusi ini, kita tidak sekadar jadi penikmat berita. Lebih jauh, menjadi tahu bila sebuah media yang termanajemen dengan baik akan memberi kesejahteraan kepada jurnalis,” imbuhnya.

Sementara, Parto Sasmito, selaku pemateri menjelaskan bila jurnalis itu harus cerdas, kemudian tahan banting (fisik dan psikis), serta suka berpetualang.

Perihal manajemen media, Parto, menyampaikan bila acuannya sebagaimana fungsi manajemen pada umumnya. Mulai dari penetapan tujuan pendirian media (planning), pembagian tugas (organizing), pelaksanaan rencana sebagaimana perencanaan dan organisasi yang disusun (acting), serta pengawasan terkait pelaksanaan tugas (controlling).

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar keberadaan perusahaan media sehat, sehingga wartawan dapat menjalankan tugasnya di lapangan dengan tetap berpegang teguh pada kode etik.

“Dalam manajemen media, juga ada perencanaan peliputan, proses peliputan, dan target. Sehingga, kinerja dalam redaksi jelas,” pungkasnya.

Pemred bB, Parto Sasmito bersama mahasiswa PAI Unugiri kelas 7C. (Foto: Doc. UNUGIRI untuk blokBojonegoro.com)

Salah satu mahasiswi kelas 7C Prodi PAI yang ikut Makul Jurnalistik, Ersalia Vifiyanti, sangat bersemangat menyimak penjelasan dari pemateri. 

Hal serupa juga disampaikan Siti Miftakhul Umah, bila dengan hadirnya praktisi media membuatnya lebih paham terkait bagaimana media tersebut dikelola yang ternyata tidak semudah dia pikirkan.
Ia juga tidak lupa berterima kasih kepada dosen Makul Jurnalistik, karena telah menghadirkan praktisi media dalam perkuliahan.

“Terima kasih banyak bapak dosen, telah mendatangkan praktisi. Saya bersemangat mengikuti perkuliahan,” terangnya. [red]

*Penulis adalah Mahasiswi Kelas 7C, Prodi PAI Fakultas Tarbiyah UNUGIRI Bojonegoro

Tag : PAI, Unugiri bojonegoro, jurnalistik, mata kuliah, pemred, blokBojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat