23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menggugah Kreativitas Peserta Didik, SMAN 1 Kepohbaru adakan Lomba Mading Antar Kelas

blokbojonegoro.com | Wednesday, 20 December 2023 09:00

Menggugah Kreativitas Peserta Didik, SMAN 1 Kepohbaru adakan Lomba Mading Antar Kelas

Pengirim: Moh. Alim*
 
blokBojonegoro.com - Usai melaksanakan Sumatif Akhir Semester (SAS) yang menguras otak, peserta didik perlu mendapatkan penyegaran di luar kegiatan pembelajaran klasikal. SMAN 1 Kepohbaru (Smansapoba) Bojonegoro mengadakan beberapa kegiatan. Satu diantaranya adalah lomba Majalah Dinding atau mading. Lomba ini dilaksanakan pada hari Selasa (19/12/2023). Lomba mading bertujuan untuk memberikan ruang kreativitas peserta didik, mewujudkan media sebagai tempat mengasah ketrampilan berbahasa yang baik dan benar dan untuk menumbuhkan minat baca dan menulis yang ada dalam diri peserta didik.

Peserta lomba Mading ini sebanyak 17 Kelas, masing-masing adalah 6 kelas tingkat X, 6 kelas tingkat XI dan 5 kelas tingkat XII dari jurusan IPA dan IPS. Teknis lomba diadakan secara langsung di kelas masing-masing. Setelah mendapatkan pengarahan teknis lomba di lapangan saat apel pagi, peserta didik akan membuat karya sesuai rubrik dan menghias mading mulai dari pagi bersama-sama teman sekelas.

Tema yang diangkat oleh peserta didik tidak ditentukan. Setiap kelas bebas berekspresi sesuai tema yang diinginkan. Kegiatan ini disambut antusias oleh peserta didik Smansapoba Bojonegoro. Mereka terlihat sangat bersemangat mengeluarkan uneg-uneg yang ada di hati. Setiap peserta didik diberikan kebebasan untuk memilih bingkai mading dan hiasannya. Ada yang membuat dari barang bekas dan dari bahan sederhana yang ditemukan di sekeliling lingkungan sekolah.

Beberapa rubrik yang harus ada dalam mading antara lain Cerita pendek (cerpen), Puisi, Pantun, Tips dan trik, Humor, artikel, dan rubrik pengetahuan baru atau “Do You Know”. Adapun aspek penilaian yang diangkat dalam lomba mading adalah Kelengkapan rubrik, penampilan majalah dinding, kesesuaian antara isi dengan tema yang dipilih kelas, dan kreativitas dan keunikan.

Kepala Smansapoba Bojonegoro, Ali Sufyan, meminta kepada seluruh peserta didik agar mempersembahkan karya terbaiknya. Ia yakin peserta didik Smansapoba Bojonegoro memiliki potensi yang luar biasa. Dewan juri akan memilih tiga karya terbaik untuk menjadi pemenang. “Tiga karya terbaik harus mendapatkan apresiasi. Dalam hal ini pemenang akan mendapatkan hadiah sebagai penyemangat untuk berkarya,” ujarnya. [ito]

*Penulis adalah Guru SMAN1 Kepohbaru

Tag : SMAN 1 Kepohbaru, Smansapoba Bojonegoro, Mading



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat