18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menggugah Kreativitas Peserta Didik, SMAN 1 Kepohbaru adakan Lomba Mading Antar Kelas

blokbojonegoro.com | Wednesday, 20 December 2023 09:00

Menggugah Kreativitas Peserta Didik, SMAN 1 Kepohbaru adakan Lomba Mading Antar Kelas

Pengirim: Moh. Alim*
 
blokBojonegoro.com - Usai melaksanakan Sumatif Akhir Semester (SAS) yang menguras otak, peserta didik perlu mendapatkan penyegaran di luar kegiatan pembelajaran klasikal. SMAN 1 Kepohbaru (Smansapoba) Bojonegoro mengadakan beberapa kegiatan. Satu diantaranya adalah lomba Majalah Dinding atau mading. Lomba ini dilaksanakan pada hari Selasa (19/12/2023). Lomba mading bertujuan untuk memberikan ruang kreativitas peserta didik, mewujudkan media sebagai tempat mengasah ketrampilan berbahasa yang baik dan benar dan untuk menumbuhkan minat baca dan menulis yang ada dalam diri peserta didik.

Peserta lomba Mading ini sebanyak 17 Kelas, masing-masing adalah 6 kelas tingkat X, 6 kelas tingkat XI dan 5 kelas tingkat XII dari jurusan IPA dan IPS. Teknis lomba diadakan secara langsung di kelas masing-masing. Setelah mendapatkan pengarahan teknis lomba di lapangan saat apel pagi, peserta didik akan membuat karya sesuai rubrik dan menghias mading mulai dari pagi bersama-sama teman sekelas.

Tema yang diangkat oleh peserta didik tidak ditentukan. Setiap kelas bebas berekspresi sesuai tema yang diinginkan. Kegiatan ini disambut antusias oleh peserta didik Smansapoba Bojonegoro. Mereka terlihat sangat bersemangat mengeluarkan uneg-uneg yang ada di hati. Setiap peserta didik diberikan kebebasan untuk memilih bingkai mading dan hiasannya. Ada yang membuat dari barang bekas dan dari bahan sederhana yang ditemukan di sekeliling lingkungan sekolah.

Beberapa rubrik yang harus ada dalam mading antara lain Cerita pendek (cerpen), Puisi, Pantun, Tips dan trik, Humor, artikel, dan rubrik pengetahuan baru atau “Do You Know”. Adapun aspek penilaian yang diangkat dalam lomba mading adalah Kelengkapan rubrik, penampilan majalah dinding, kesesuaian antara isi dengan tema yang dipilih kelas, dan kreativitas dan keunikan.

Kepala Smansapoba Bojonegoro, Ali Sufyan, meminta kepada seluruh peserta didik agar mempersembahkan karya terbaiknya. Ia yakin peserta didik Smansapoba Bojonegoro memiliki potensi yang luar biasa. Dewan juri akan memilih tiga karya terbaik untuk menjadi pemenang. “Tiga karya terbaik harus mendapatkan apresiasi. Dalam hal ini pemenang akan mendapatkan hadiah sebagai penyemangat untuk berkarya,” ujarnya. [ito]

*Penulis adalah Guru SMAN1 Kepohbaru

Tag : SMAN 1 Kepohbaru, Smansapoba Bojonegoro, Mading



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat