17:00 . Diserbu, Bazar Alumni Attanwir Resmi Buka   |   16:00 . Libur Sekolah yang Bermakna: Momentum Membangun Karakter, Kreativitas dan Produktivitas Anak   |   10:00 . Jari Nusa Munculkan Nama Ahmad Mukhtarul Huda: Kandidat Kuat Pilkada Bojonegoro   |   09:00 . Tangis Haru Sambut Kepulangan Jemaaah Haji Bojonegoro   |   15:00 . Ditinggal Bimtek, Rumah Anggota PPS di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   14:00 . Target Transisi Energi Terancam Tidak Tercapai, ini Sebabnya...   |   12:00 . Minggu Sore, Bazar Alumni Attanwir Mulai   |   11:00 . UNUGIRI Masuk 10 Kampus NU Terbaik 2024 Berdasarkan Peringkat SINTA Score   |   09:00 . Kepala Bappeda Bojonegoro Pilih Membisu saat Disinggung Perencanaan Mobil Siaga   |   06:00 . Sambung Sanad Ponpes Attanwir: PCNU Gresik Akui Istimewa   |   20:00 . Ratusan Alumni Ikuti Sambung Sanad Ponpes Attanwir ke Gresik   |   18:00 . Bersiap, Besok PDAM di Kedungadem dan Sebagian Sugihwaras Mati   |   17:30 . Meriahnya Sambung Sanad Ponpes Attanwir   |   17:00 . Stakeholders Day 2024, KPPN Bojonegoro Beri Penghargaan Operator Terbaik   |   16:30 . Ratusan Alumni Attanwir di Pesarean KH. Moh. Sholeh   |  
Sun, 23 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Matsagabo Gelar Haflah Akhirussanah dan Wisuda Purna Siswa ke-29

blokbojonegoro.com | Sunday, 26 May 2024 13:00

Matsagabo Gelar Haflah Akhirussanah dan Wisuda Purna Siswa ke-29

Pengirim: Slamet Widodo, S.Pd.*

blokBojonegoro.com - Sebagai agenda akhir tahun, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Bojonegoro (Matsagabo) menggelar Haflah Akhirussanah (HAS) dan Wisuda Purna Siswa (WPS) ke-29, Sabtu pagi (25/05/2024). Acara yang diselenggarakan di gedung Koperasi Suteramas Woro, Kepohbaru tersebut diikuti 157 wisudawan.  

Hadir pada acara tersebut Plt. Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Bojonegoro, Pengawas Pembina Pendamping MTsN 3 Bojonegoro, Kepala KUA Kecamatan Kepohbaru, Forpimcam Kecamatan Kepohbaru, Komite Madrasah, Kepala SD/MI sekitar MTsN 3 Bojonegoro, Kepala MABU Kepohbaru, dan tokoh masyarakat.  

Selain itu hadir pula Plh. Kepala beserta wakil kepala, Kepala Tata Usaha, seluruh dewan guru dan karyawan MTsN 3 Bojonegoro dan juga orang tua/wali wisudawan.

Kepala Kankemenag Kabupaten Bojonegoro yang sedianya dijadwalkan hadir, karena bersamaan dengan agenda lain, sehingga berhalangan hadir.

Terkait hal ini, Waka Humas MTsN 3 Bojonegoro, Sudarmono menuturkan, pelaksanaan acara HAS dan WPS tahun pelajaran 2023/2024 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  

“Biasanya diadakan di halaman madrasah. Tahun ini kita adakan di gedung Koperasi Woro," ujar pria yang akrab dipanggil Pak Dar ini. 

Ditambahkan Pak Dar yang juga sebagai ketua panitia acara ini, alasan utamanya agar lebih efisien tempat dan biaya.

“Jika dilaksanakan di lapangan madrasah, sisi perlengkapannya terlalu banyak. Harus sewa tenda, panggung dan lain-lain. Selain itu, pertimbangan cuaca. Biasanya hujan. Yang terpenting kita mencoba hal baru,” jelasnya.  

Sementara itu, Plt. Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Bojonegoro, H. Muhammad Zaenal Arifin, mewakili Kepala Kankemenag Kabupaten Bojonegoro, dalam sambutannya memberikan apresiasi atas pelaksanaan HAS dan WPS yang diselenggarakan oleh lembaga yang beralamat di Jalan Budi Utomo No. 190 Kepohbaru ini.

“Satu-satunya MTsN. di Bojonegoro yang ketika memulai perjalanan acara pada hari ini diawali budaya yang luar biasa (penampilan kesenian tari). Terima kasih kepada ibu guru seni (Bu Lia Rosita Dewi). Dan juga diawali oleh qori’ yang luar biasa. Karena satu-satunya MTsN di Bojonegoro yang memiliki pesantren madrasah itu hanya MTsN. 3 Bojonegoro (Pesantren Madrasah Darul Fikri),” tutur Pak Zaenal.

Pihaknya juga memberikan ucapan selamat kepada wisudawan yang telah diantarkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu juga mengapresiasi kepada Plh. Kepala MTsN 3 Bojonegoro dan orang tua/wali.

“Karena tidak ada anak MTsN 3 Bojonegoro yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Sebab, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia di Kabupaten Bojonegoro rata-rata masih setingkat SMP dan MTs," jelasnya.

Plh. Kepala MTs Negeri 3 Bojonegoro, H. Mokhamad Askuri menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras hingga terwujudnya acara tersebut.  

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia, seluruh dewan guru atas jerih payahnya sehingga acara ini bisa terlaksana dalam keadaan seperti ini,” tuturnya saat memberikan sambutan.  

Pak Askuri, sapaan akrabnya, menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas wisudanya siswa kelas IX.

“Mudah-mudahan Sampeyan melanjutkan sekolah yang lebih tinggi dengan suatu niatan yang serius. Mudahan-mudahan akhlak dan karakter sampeyan tambah baik, sehingga sampeyan bisa menjadi siswa-siswi yang baik pula di lingkungannya masing-masing,” pesannya    

Di akhir sambutan, pihaknya menyampaikan permohonan maaf kepada wali murid apabila selama belajar di madrasah siswa diberikan punishment. sebab hal itu menjadi bagian dari proses pendidikan dan pengajaran. Selanjutnya pihaknya menyerahkan siswa kembali kepada orang tua wali.

“Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, kami serahkan siswa kelas 9 kepada bapak/ibunya,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala MTsN 3 Bojonegoro, H. Juki, melalui video sambutan yang dikirim dari Makkah Al-Mukarromah dan diputar di hadapan wisudawan dan tamu undangan.  

Pihaknya menuturkan bahwa momen ini sangat luar biasa, sebab ada ucapan selamat dari Makkah Al-Mukarromah dan doa dari tanah suci.  

"Dari Makkah Al-Mukarromah, saya ucapkan selamat dan sukses selalu kepada semuanya,” tutur Pak Juki yang saat ini melaksanakan tugas negara sebagai petugas haji tahun 2024 kloter 4, embarkasi Surabaya.

Usai ucapan selamat dari kepala madrasah, diikuti pemutaran video ucapan selamat dari para alumni yang telah sukses di bidangnya masing-masing.  

Sementara itu, H. A. Mulyatno, Komite madrasah, mewakili orang tua/wali, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada guru-guru dan lembaga MTs Negeri 3 Bojonegoro yang telah membimbing putra-putrinya selama tiga tahun.  

“Kami terima kembali anak-anak kami. Mohon doa Bapak/ibu guru, semoga ilmu yang didapat selama menimba ilmu di lembaga ini bermanfaat dan barokah,” tutur Pak Haji Mulyatno.

Acara yang disiarkan secara live di akun Youtube milik MTs Negeri 3 Bojonegoro itu berjalan dengan lancar. Diawali penampilan grup rebana santri Pesantren Madrasah (Pesmad) Darul Fikri, dirangkai penampilan tari kolosal yang mengusung tema “Jadilah Diri Sendiri, Jangan Bertopeng”.

Acara dibuka oleh dua orang Master of Ceremony (MC) dan pembacaan ayat suci al-Qur'an, semua petugas tersebut dari santri Pesmad Darul Fikri kelas 7. Dilanjutkan prosesi wisuda oleh Plh. Kepala, Wakil kepala dan Kepala Tata Usaha MTsN 3 Bojonegoro. Di sela-sela acara prosesi wisuda diisi dengan sambutan Kakankemenag Kabupaten Bojonegoro.

Usai prosesi wisuda dibacakan pengumuman wisudawan peraih nilai sepuluh terbaik. Dirangkai dengan sambutan-sambutan dan diakhiri dengan doa dan tahlil bersama untuk para Muassis Pendidikan Bahrul Ulum Kepohbaru yang dipimpin oleh Pak H. Pujiono. Tepat pukul dua belas acara selesai.[lis] 

*Tim IT MTs Negeri 3 Bojonegoro

 

Tag : matsagabo, bb gts, mtsn 3, haflah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat