14:00 . Oktober 2019, Refita Diberangkatkan di Kejurnas   |   13:00 . 524 Siswa SMKN2 Resmi Diwisuda, ini Harapan Para Guru   |   12:00 . Kurang Pagu, PPDB Jalur Offline Dibuka Sehari   |   11:00 . Suami Ketua Ansor, Istri Ketua Fatayat Bersaing di Samberan   |   10:00 . Dari 38, Bojonegoro Peringkat 8 Perolehan Medali   |   09:00 . Bisa Daftar dari Rumah, SMAN 4 Bojonegoro Tetap Buka Layanan   |   08:00 . Sempat Melambung Tinggi, Kini Harga Kencur Anjlok   |   07:00 . Manfaat Menatap Mata Bayi   |   22:00 . Wabup Berharap Santri Bojonegoro Terus Berprestasi   |   21:00 . Aksi Trail Bojonegoro   |   20:00 . Halal Bi Halal ala Rider Trail   |   19:00 . Rider Trail Halal Bi Halal Masuk Hutan   |   18:00 . Pasca Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun   |   17:00 . Tahun Ajaran Baru, Pedagang Perlengkapan Sekolah Kebanjiran Pembeli   |   16:00 . Reog Bopo Roso Meriahkan CFD Bojonegoro   |  
Mon, 17 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 06 January 2019 07:00

Meski Nikmat, Waspadai 7 Efek Samping Minum Kopi Berlebihan

Meski Nikmat, Waspadai 7 Efek Samping Minum Kopi Berlebihan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Karena enak dan sudah menjadi kebiasaan, banyak orang tidak lepas dari kopi. Walau beberapa riset menyebutkan kopi menyehatkan tubuh, namun bila berlebihan efeknya akan menjadi buruk.

Kebanyakan penikmat kopi memang tidak merasakan akibat negatif secara langsung. Apalagi toleransi kafein bagi setiap orang berbeda-beda. Meski begitu, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kita sudah berlebihan minum kopi. Berikut tujuh efek terlalu banyak kafein bagi tubuh.

1. Merasa cemas

Saat bekerja atau sedang memikirkan sesuatu, kita biasanya tergoda untuk menikmati secangkir kopi agar lebih bersemangat. Sayangnya, National Institute of Mental Health justru menyarankan kita agar menghindari kafein.

Pasalnya terlalu banyak minum kopi justru menambah rasa cemas. Menurut laman Everyday Healt, kecemasan itu muncul karena efek kafein dalam kopi yang membuat kita susah tidur atau memacu respon flight or fight.


2. Sakit perut

Saat perut terasa sakit kita sering menduga penyebabnya karena salah mengonsumsi bahan makanan atau sedang mengalami PMS. Nyatanya, minum kopi juga bisa menyebabkan perut terasa sakit. Para ahli sepakat senyawa tertentu dalam kopi dapat merangsang sekresi asam labung di sel-sel perut.

Memang banyak obat di pasaran yang bisa membantu meredakan asam lambung. Tapi, bagaimanapun juga jalan terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi konsumsi kopi.

3. Jantung berdebarPasti tak nyaman rasanya saat jantung berdebar terlalu kencang. Nah, mengonsumsi minuman berkafein, nikotin serta minuman beralkohol bisa menjadi pemicunya. Dalam beberapa kasus, jantung yang berdetak kencang dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan. Satu-satunya solusi untuk menghentikan jantung berdebar dengan konstan ini adalah menghindari minuman berkafein.

4. Diare

Kopi juga berperan sebagai pencahar. Jadi, mengonsumsi lebih dari dua atau tiga gelas cangkir kopi sehari akan membuat kita terserang diare. Saat kita mengalami diare, International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders menyarankan kita untuk mulai mengurangi konsumsi kafein.

5. Sulit tidur
Minum kopi berlebihan juga membuat kita menderita insomnia. Meski kita tak mempercayainya, bagaimanapun juga kopi akan berefek pada siklus tidur kita.

Menurut Mayo Clinic, kopi dapat bertahan di sistem pencernaan selama 14 jam. Ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan membuat kita sulit tidur. Untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas, setidaknya kita mengonsumsi kopi sebelum tengah hari.

6. Merasa gelisah

Menurut Cleveland Clinic, kafein dalam jumlah sedang membantu meredakan sakit kepala dengan membantu obat pereda nyeri bekerja lebih baik. Inilah mengapa kafein juga dijual bebas sebagai tambahan dalam obat sakit kepala. Batas aman konsumsi kafein adalah 500 miligram setiap hari yang setara dengan lima cangkir.

Jika kita mengonsumsi kopi terlalu banyak dalam jangka waktu lama, kita bisa mengalami gejala penarikan kafein. Peneliti Johns Hopkins mengatakan, gejala penarikan kafein ini bisa berupa sakit kepala dan kelelahan.
Untuk mengatasinya, kurangilah konsumsi kafein secara perlahan dan perhatikan asupan makan kita. Bisa jadi, minuman dan makanan selain kopi juga mengandung kafein.


Sumber:  https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/05/193354120/
meski-nikmat-waspadai-7-efek-samping-minum-kopi-berlebihan

Tag : efek, kopi, tubuh

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more