21:00 . Jelang Liga 3 Jawa Timur, Persibo 60 Persen Sudah Siap   |   20:00 . Gandeng Disbudpar Tim PHP2D UKM Pramuka Unair Wujudkan Desa Mandiri   |   19:00 . Warga Nekat Konsumsi Ikan Mati Akibat Limbah   |   18:00 . Desa Pejambon Pernah Dibuat Tempat Persembunyian Prajurit Majapahit   |   17:00 . Unugiri Gelar Semarak Kemeriahan Sambut Hari Santri Nasional 2021   |   16:00 . Pembukaan Konferwil IPNU Dan IPPNU, Bupati Ajak Pelajar Tingkatkan IPM   |   14:00 . PWNU Jatim Buka Acara Konferwil PW IPNU di Ponpes Attanwir   |   13:00 . Perpaduan Tradisi dan Dakwah Islam, Nyadran Masih Dirawat di Era Modern   |   12:00 . Dukung Mahasiswa Berwirausaha, UNU Sunan Giri Gelontorkan Dana   |   11:00 . Inilah Nama Pejabat yang Dilantik Bupati Bojonegoro   |   10:00 . Bupati Lantik 42 Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   09:00 . Dibuka Hari ini, Berikut Rangkaian Acara Konferwil PW IPNU Jatim   |   08:00 . Selamat Datang Romo Yai dan Gus Menteri   |   07:30 . Peserta Mulai Datang, Terapkan Prokes Ketat   |   07:00 . Catat! 5 Fakta Penting Soal MPASI yang Wajib Diketahui Orangtua   |  
Fri, 24 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mau Naik Haji? Periksa Kesehatan Ini Sebelum Berangkat

blokbojonegoro.com | Saturday, 20 July 2019 07:00

Mau Naik Haji? Periksa Kesehatan Ini Sebelum Berangkat

Reporter: - 

blokBojonegoro.com - Perhimpunan kedokteran haji Indonesia (Perdokhi) mengingatkan Istitha'ah (kemampuan) kesehatan merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap calon jamaah haji sebelum bertolak ke Tanah Suci Mekkah. "Istitha'ah adalah suatu cara untuk membina jamaah, bukan menyeleksi jamaah untuk tidak boleh berangkat haji," kata Ketua umum Perdokhi Dr Fidiansjah, di Jakarta, Rabu 17 Juli 2019.

Ia menjelaskan Istitha'ah dibuat dalam rangka menyiapkan para calon jamaah haji yang sehat sebelum bertolak ke Tanah Suci. Hal itu dilakukan dengan memanfaatkan waktu tunggu yang cukup lama agar dalam kondisi prima sebelum keberangkatan.

Apabila masing-masing jamaah calon haji minimal bisa menyiapkan Istitha'ah satu tahun sebelum keberangkatan, maka hal itu dianggap sudah baik. Sebagai contoh jamaah yang memiliki riwayat hipertensi, diabetes dan sebagainya maka harus disiapkan pengobatan. "Itu prinsip yang ingin kami senantiasa sampaikan kepada para jamaah, sampaikan apapun status kesehatannya jangan ditutupi," kata dia.

Jika jamaah calon haji mencoba menutupi riwayat penyakitnya, maka hal itu membahayakan saat tiba di Tanah Suci Mekkah karena Perdokhi tidak memiliki riwayat rekam medis yang dimiliki sebelum berangkat.

Ia mengatakan jika calon jamaah haji mengidap penyakit tuberkulosis dan menyembunyikannya kepada petugas di Indonesia, maka berpotensi besar diisolasi oleh petugas di Tanah Suci apabila ketahuan. "Kalau ketahuan tidak bisa berbuat apa-apa, pulangnya pun setelah jamaah haji selesai," ujar dia.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam, mengatakan masih banyak masyarakat yang minim informasi terkait persiapan kesehatan maupun selama melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Ia mengatakan ibadah haji harus menyiapkan fisik atau kesehatan yang baik karena akan melalui sejumlah rangkaian panjang dan menguras tenaga. "Masalah kesehatan ini penting karena apalagi prosesnya panjang, oleh karena itu jamaah calon haji yang memiliki riwayat penyakit harus berobat secara teratur," kata dia.

Kondisi kesehatan jamaah calon haji menjadi komponen vital yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Indonesia pada 2018 jumlah jamaah haji Indonesia yang wafat yaitu 364 orang dari 205.884 orang.

Sumber: https://www.cantika.com/read/1225897/mau-naik-haji-periksa-kesehatan-ini-sebelum-berangkat

Tag : Haji, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more