08:00 . Penting untuk Kenali Gejala Covid Sejak Awal   |   07:00 . Wajib Tahu, Ini 4 Penyebab Sperma Encer dan Solusinya   |   06:00 . Momentum HGN; dari Guru untuk Bangsa   |   21:00 . TBM Budi Utomo Tingkatkan Budaya Literasi di Kecamatan Malo   |   20:00 . Workshop dan Pelatihan untuk Perajin Resmi Dibuka Hari Ini   |   19:00 . Wisata Gerabah Rendeng Masih Bertahan di Tengah Pandemi   |   18:30 . Update Perkembangan Terkini Covid-19 di Indonesia   |   18:00 . Sempat Pindah-pindah Tempat, Geprek ini Kebanjiran Pelanggan Setiap Hari   |   17:00 . Cegah Pernikahan Dini, 44 Mahasiswa Ikuti Pembinaan Pra Nikah   |   16:00 . Wisata Edukasi Grabah Kembali Dibuka, Begini Kondisinya di Masa Pandemi   |   15:00 . AKBP Eva Guna Pandia Resmi Jabat Kapolres Bojonegoro   |   14:00 . Nikmatnya Es Cao Legendaris di Jalan Teuku Umar   |   13:00 . Program-program Imunisasi di Indonesia Terbukti Berhasil Cegah Penyakit Menular   |   12:00 . Kaum Muda Harus Jadi Pendorong Perilaku Aman Covid-19   |   11:00 . Ciptakan Smartphone Shower Plant SMP-5 untuk Siram Tanaman Via HP   |  
Wed, 25 November 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 19 November 2020 17:00

Tim PKK Bojonegoro Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Klobot

Tim PKK Bojonegoro Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Klobot

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TPKK) Kabupaten Bojonegoro menggelar pelatihan pemanfaatan sampah kering anorganik berbahan dasar limbah kulit (klobot) jagung.

Agenda ini juga dihadiri oleh ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, dr. Endah Budi Irawanto, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, dan Kelompok kerja (Pokja) 3 dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro sebagai peserta.

Kegiatan yang terpusat di Pendopo Malowopati, Kamis (19/11/2020) ini mengupas tentang tata cara mengolah dan memanfaatkan klobot jagung menjadi pernak-pernik yang bernilai ekonomi tinggi. Salah satunya produk yang dibuat adalah vas dan bunga dari kulit jagung.

Pelatihan ini juga merupakan kegiatan perdana yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu dr. Endah juga mengimbau peserta untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan dengan seminimal mungkin untuk melepas masker.

"Tetap jaga diri kita dengan tidak melepas masker jika tidak perlu, mari kita berdoa agar wabah pandemi Covid-19 ini cepat berlalu," ucap dr. Endah.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, dr. Endah Budi Irawanto juga mengatakan saat ini banyak orang melupakan sampah yang dapat diolah kembali menjadi kerajinan tangan.

Bahan kulit jagung ini harganya sangat murah, serta mudah didapatkan. Jika diolah dan dikembangkan dengan baik dan benar tentu mempunyai nilai jual yang tinggi.

"Klobot jagung ini mudah didapat dan banyak kita jumpai, mari kita kembangkan agar bisa menjadi barang yang berguna dan bisa mengangkat perekonomian keluarga," katanya.

Pihaknya juga berharap, nantinya melalui pelatihan pemanfaatan limbah klobot jagung ini, para pengerak PKK baik dari Kecamatan yang ada di Bojonegoro ini, mampu menyalurkan ilmu yang dimilikinya usai pelatihan untuk Desa maupun kelurahan masing-masing.

"Harapan ke depan usai pelatihan, ibu-ibu PKK ini melakukan getuk tular di Desa maupun Kelurahan masing-masing. Terkait olahan limbah jagung/klobot," pungkasnya. [liz/lis]

Tag : PKK, pelatihan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat