19:00 . Tren Hijab Segi Empat dan Pashmina Warna Pastel Jadi Idola   |   18:00 . Peringati Hari AIDS, STIKes Rajekwesi Edukasi Masyarakat   |   17:00 . Siapkan Atlet Muda, Igornas Jatim Gelar Balap Sepeda di Bojonegoro   |   15:00 . Damisda Buat Program Pemkab Lebih Terukur   |   14:00 . Berikut Para Juara Lomba pada Gebyar PAI SMA   |   13:00 . MGMP PAI Bojonegoro Gali Minat dan Bakat Siswa Melalui Lomba   |   11:00 . SMP Negeri 1 Kapas Terapkan Program Desasari   |   08:00 . Efek Kepak Sayap Kupu-Kupu   |   17:00 . Akibat Luapan Kali Pacal, Jembatan Penghubung di Sidobandung Ambruk   |   16:00 . BKC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip   |   07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |  
Mon, 05 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Program Sispan, Kecamatan Baru Dimasukan Data

blokbojonegoro.com | Monday, 27 February 2017 15:00

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Sebagai upaya mensukseskan program pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Semua kecamatan mulai sekarang ini akan dimasukkan data, melalui program Sistem Pantauan (Sispan) semua Camat mengikuti bimbingan teknis (Bimtek).

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo, Asisten Pemerintahan, seluruh camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan juga para OPD (Organisasi Perangkat Daerah), diadakan diruang partnership, Senin (27/2/2017).

Kepala Dinas KOMINFO Kusnandaka Tjatur Prasetijo mengatakan, kalau dulu waktu masih bernama Sismon (Sistem Monitoring) sekarang Sispan (Sistem Pantauan). "Kecamatan tidak dimasukkan mekanisme, akan tetapi sekarang kecamatan dimasukkan sistem," jelasnya.

Menurutnya, Sispan ini dilaksanakan untuk menilai hasil indikator capaian kinerja dalam kecamatan ada tiga pilar capaian yaitu, GDSC, open data dan kwilayahan. Sehingga sekarang ini diadakan pelatihan Sispan, diharapkan bapak-ibu sekalian untuk benar-benar serius dalam mengikutinya. "Karena anda semua yang akan memasukkan data yang ada," terangnya.

Apabila nanti kalau ada pertanyaan terkait sistem, bisa bertanya ke Dinas Kominfo, kalau masalah Aplikasi bisa ke BAPPEDA. Serta jangan sampai phobia warna, sehingga menghambat kinerja bapak/ibu sekalian.

"Sebenarnya hal itu cuma menjadi indikator capaian kinerja apakah sudah sesuai, belum sesuai, atau tidak sesuai," papar kepala Dinas Kominfo Bojonegoro.

Sementara itu Asisten Pemerintahan Djoko Lukito mengatakan, kalau pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah berkomitmen untuk menjadi Kabupaten yang terbuka. "Ini dimulai sejak awal kepemimpinan Bupati Suyoto. Hal ini terus melalui perkembangan teknologi," ujarnya.

Ditambahkan, waktu pertama kali dimulai dengan dialog publik. Awal adanya keterbukaan dengan dialog publik banyak yang takut, bagaimana menghadapi masyarakat dan masalah lainnya. Tapi kita yakin ini untuk kemajuan kabupaten Bojonegoro. Kemudian lambat laun kita menggunakan teknologi untuk menyerap aspirasi masyarakat.

"Dulu bernama Sismon dan sekarang berganti Sispan. Sebenarnya tidak ada perubahan, isinya tetap sama. Tujuan dengan adanya Sispan ini adalah untuk mengatahui target RPJMD," imbuhnya.

Serta sekarang ini bertujuan juga untuk mengetahui penyerapan anggaran, sudah tepat apa belum. Sispan yg disusun oleh camat itu tentang Pertama Evaluasi Data (mengenai input data Dawis), Akuntabilitas Pemdes (sebagian kecil data anggaran dimasukkan web, dan sebagian besar di baliho harus tetap dilanjutkan) dan tentang GDSC (Gerakan Desa Sehat dan Cerdas) yang pada 2018 targetnya adalah menjadi kabupaten ODF (bebas buang air besar sembarangan).

Terkait Sispan butuh kerjasama bapak-ibu sekalian, karena yang nanti akan input data adalah bapak-ibu sekalian. "Bapak-ibu harus paham dan saling koordinasi dengan Bappeda, sehingga tidak terjadi kesalahan. Yang paling penting adalah bukti pendukungnya, bukan hanya laporannya saja," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : sispan, data, kecamatan, kominfo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat