23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Junaidi, Pengusaha Kunyit Asal Ngasem

Bertekad Selalu Ingin Jadi Pengusaha, Enggan Jadi Pegawai

blokbojonegoro.com | Friday, 28 April 2017 08:00

Bertekad Selalu Ingin Jadi Pengusaha, Enggan Jadi Pegawai

Kontributor: Sutopo

blokBojonegoro.com -
Seseorang menggenakan topi abu-abu, kaos hitam serta celana pendek warna biru tengah sibuk di halaman, dia lah pria bernama lengkap Junaidi (37), warga asli Dusun/Desa Ngulan, Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro, yang saat ini menjadi seorang pengusaha kunyit.

Terlihat di depan halamannya, Junaidi sibuk memproses kunyit, dengan cara di potong tipis-tipis lalu dijemur sampai kering.

Pria yang mengaku lulusan Sekolah Dasar (SD) itu, menceritakan bahwa usaha miliknya tersebut sudah berjalan kurang lebih selama 3 bulan.

"Dulu sudah 2 tahun usaha seperti ini, tapi di Surabaya kerja sama dengan orang lain," katanya, sambil memberi penjelasan kepada bB sebutan blokBojonegoro.com.

Biasanya ia mengambil kunyit dari Kabupaten Trenggalek dengan menyewa truk orang lain, sebanyak kurang lebih 10 ton kunyit basah. Kemudian, kunyit tersebut ia proses sedemikian rupa hingga menjadi kering untuk disetorkan ke pengusaha di Surabaya dengan bandrol Rp15.000,- per kilogram.

"Untuk penjualan kunyit kering itu ke Surabaya kepada salah satu pengusaha di sana, selanjutnya juga dieskpor ke Luar Negeri yaitu India," jelas bapak tiga anak tersebut.

Menurutnya, dengan menjadi pengusaha kunyit ini, dirinya bisa mendapat untung yang lumayan,

"Kunyit basah 10 ton dari Trenggalek dengan harga beli Rp1.500 per kilogram, lalu dikeringkan dengan perincian 10 kilogram basah menjadi 1,7 ons kunyit kering dan dijual dengan harga Rp15.000 per kilogram kering, nanti bisa dihitung sendiri untungya berapa," papar Junaidi kepada bB, sembari mengkalkulasi untung yang ia peroleh.

Bagi Junaidi, untuk menjadi pengusaha harus selalu berani mencoba, walau kadang gagal. "Kuncinya harus berani mencoba lagi. Bagi saya kunci menjadi pengusaha semangat bekerja pantang menyerah dan tidak gengsi," tutur Junaidi dengan penuh semangat.

Sebelum usaha kunyit ini, sambung Junaidi, dia pernah berjualan bunga kamboja mulai tahun 2003-2015, dan mempunyai 10 karyawan.

"Namun karena bergai hal akhirnya saya memilih untuk usaha kunyit karena lebih prospek," kisah Junaidi saat mengenang perjuangan masa dulu.

Dirinya mengaku juga pernah ditawari bekerja kepada orang keturunan China, dengan gaji sekitar Rp200.000 per hari. Hal itu ia tolak lantaran dirinya tidak mau bekerja ikut orang lain.

"Saya itu berprinsip kerja apa saja akan saya lakukan dengan penuh semangat, asalkan tidak ikut dan disuruh-suruh oleh orang lain, makanya saya memilih usaha sendiri," tegas anak nomer tiga dari sembilan bersaudara tersebut.

Dengan usaha kunyit yang ia jalani, Junaidi saat ini bisa menghidupi tiga anak bersama satu istrinya dan menyekolahkan anak pertama yang saat ini masih duduk di bangku SMP,

"Serta bisa membeli tanah senilai Rp200 juta, nanti rencana saya buat gedung untuk usaha," pungkas Junaidi. [top/lis]
 

Tag : pegawai, usaha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat