18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Polres Bojonegoro Terus Ciptakan Inovasi Pelayanan Publik

blokbojonegoro.com | Thursday, 25 January 2018 20:00

Polres Bojonegoro Terus Ciptakan Inovasi Pelayanan Publik

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com – Setelah aplikasi Crime Alarm System (CAS) meraih banyak penghargaan dan diadopsi oleh Polres lain, aplikasi Traffic Accident Claim System (TACS), inovasi terbaru dari Sat Lantas Polres Bojonegoro pada Rabu (24/01/2018) kemarin, juga meraih penghargaan dari Dir Lantas Polda Jatim.

Penghargaan diberikan oleh Dir Lantas Polda Jatim Kombes Pol Heri Wahono SIK dan diterima langsung oleh Kasat Lantas Polres Bojonegoro, AKP Aristianto.

Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S.Bintoro membenarkan, bahwa dirinya telah mendapat laporan terkait penghargaan yang diterima jajaran Sat Lantas Polres Bojonegoro.

“Alhamdulilah, saya mendapatkan laporan dari Kasat Lantas kalau inovasi terbaru kita kembali meraih penghargaan,” terang Kapolres.

Kapolres menuturkan, Polres Bojonegoro akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik menuju polri yang promoter (profesional, modern dan tepercaya). Karena, jika tanpa keunggulan maka akan berat menghadapi persaingan baik dari dalam maupun dari luar.

“Teknologi bisa sebagai empowering, problem solving, inovasi maupun kreatifitas,” tutur Kapolres

Konsep membangun keunggulan, bisa diawali dengan membuat model berpikir secara konseptual maupun teoritikal. Berpikir model dan membuat cetak biru, merupakan road map (peta jalan) membangun keunggulan.

“Dengan model tersebut, akan ditemukan polanya baik sebelum, saat maupun sesudahnya.” imbuh Kapolres.

Kapolres menambahkan, ketika konsep ini diterapkan dalam suatu program implementasi kerja, pada suatu bidang pelayanan publik, maka bisa melihat unsur-unsur pelayanan publik, yang diantaranya mencakup aturannya, petugasnya, infrastruktur maupun sarana dan prasarananya serta masyarakat yang dilayaninya

“Ketika semua unsur tersebut dihubungkan, maka akan tercipta pelayanan prima yang berdampak pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat,” lanjutnya.

Masih menurut Kapolres, bahwa yang dimaksud dengan pelayanan prima yaitu pelayanan yang cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif dan mudah diakses. Dan dari pelayanan prima tersebut, terdapat 4 poin unsur pelayanaan publik.

Yaitu aturan-aturan atau payung hukum harus memihak kepada upaya-upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat, para petugasnya bekerja secara profesional, cerdas, bermoral dan modern,  infrastruktur dan sistem-sistemnya mampu menghasilkan pelayanan prima di era digital dan dampak dari pelayanan publik mampu menunjukkan sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Pemikiran di atas tidak turun tiba-tiba, namun setidaknya secara manajerial dapat dilihat pada tingkat birokrasi maupun pekerjaan-pekerjaan di dalam masyarakat,” ucap Kapolres Bojonegoro.

Konsep profesional, cerdas, bermoral dan modern akan menjadi pilar dasar menuju keunggulan walaupun masih memerlukan kebijakan-kebijakan pemimpin dan berbagai hal lainya. Makna profesional adalah ahli memiliki komitmen dan kompetensi. Makna cerdas adalah kreatif inovatif sarat dengan ide-ide atau hal-hal baru yg inspiratif. Makna bermoral secara singkat dapat dipahami dikerjakan atas dasar kesadaran, tanggung jawab dan disiplin. [top/lis]
 

Tag : satlantas, polres, aplikasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat