15:00 . Jelang Tutup Bulan, Harga Emas Melesat Naik   |   14:00 . Hari Jadi Provinsi Jatim, Pelaku UMKM Di Bojonegoro Raih Penghargaan Economy Hybrid   |   13:00 . Capaian Vaksinasi Belum Sampai 50%, Bojonegoro Masih pada PPKM Level 3   |   12:00 . Malam ini Grand Final Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur   |   09:00 . Tunggu Burung Emprit, Warga Dander Disambar Petir   |   21:00 . Otodidak, Pemuda Warga Deru Ini Buka Usaha Gitar Custom   |   20:00 . Kadin Goes To Campus STIE Permata dan STIE Cendekia   |   19:00 . Bupati Bojonegoro Berharap BPD Turut Aktif dalam Abpednas   |   15:00 . Tingkatkan Mitigasi Bencana, Bupati Bojonegoro Pimpin Gelar Apel Siaga Pasukan   |   14:00 . Cuaca Panas Ekstrem Diprediksi Akan Menurun Bulan November Mendatang   |   13:00 . Harga Cabai Rawit Alami Penurunan 35%   |   08:00 . Tak Lelah Edukasi Pentingnya Vaksinasi Covid-19   |   07:00 . Tanaman Obat, Ini 7 Manfaat Daun Ketumbar   |   19:00 . Lasiran, PLT Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro Wafat   |   18:00 . DPD Partai Golkar Bojonegoro Gelar Vaksinasi Massal Dosis Kedua   |  
Tue, 26 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lestarikan Satwa, Pemkab Adakan Lomba Burung Kicau

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 April 2018 17:00

Lestarikan Satwa, Pemkab Adakan Lomba Burung Kicau

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Terjadinya penebangan kayu terutama di hutan membuat kehidupan ekosistem tergangung, termasuk beberapa satwa yang menjadi penghuni hutan, seperti burung. Sehingga untuk melestarikan satwa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro mengadakan lomba burung Bojonegoro cup.

Kegiatan yang diadakan di halaman Stadion Letjen H. Soedirmam Bojonegoro, Minggu (29/4/2018), dalam rangka peringatan Hari Jadi Bojonegoro ke-341 Tahun 2018. Sehingga Dinas Kubudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro berkerjasama Pelestari Burung Indonesia (PBI) Pusat, Jatim dan Bojonegoro menggelar acara Lomba Burung Tingkat Nasional “Bojonegoro CUP”.

Pj. Bupati Bojonegoro, Suprianto mengatakan, lomba dan pameran burung berkicau merupakan sebuah upaya nyata untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas. "Serta pelestarian eksistensi satwa-satwa yang sudah mulai berkurang populasinya, terutama burung-burung berkicau," jelasnya.

Sehingga acara semacam ini diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian dari masyarakat khususnya para penghobi, serta menjadi wahana bagi para peternak burung berkicau dan para kicau mania untuk menyatukan visi, persepsi, sikap serta tindakan nyata di dalam mewujudkan upaya pelestarian.

"Dengan adanya event ini para peserta dan penghobi burung berkicau berkesempatan untuk bertukar pikiran, saling sharing inovasi dan kreatifitas. Sehingga menambah wawasan dan kiat-kiat baru di dalam memelihara dan merawat burung-burung berkicau," terangnya.

Ditambahkan, acara ini bukan acara kampanye, tetapi murni lomba burung dan jangan ditunggangi kepentingan politik apapun.

Sementara itu, ketua Pelestari Burung Indonesia (PBI) Pusat H. Bagiya Rahmadi melaporkan, lomba burung di Bojonegoro diikuti sebanyak 1.516 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, dan jumlah tersebut merupakan standar jumlah peserta lomba burung Tingkat Nasional. 

"Lomba ini bertujuan untuk melestarikan satwa beserta habitat-habitanya, dan lomba ini merupakan pengenalan cara melestarikan burung di Indonesia," tutur Rahmadi.

Setidaknya ada dua metode pelestarian yang dilakukan, yaitu pertama dilepas di alam bebas dan yang kedua pembinaan melalui penangkaran-penangkaran burung. Sehingga event ini ada dua peluang yang ditangkap pemerintah, yaitu peluang aspek pariwisata dan ekonomi masyarakat, yaitu terkait dengan industri pendukung lomba burung, seperti pakan burung, sangkar burung dan sebagainya. 

"Tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain lomba juga ada pemberian penghargaan kepada pemerhati atau penghobi burung berkicau dan penangkar burung Murai batu dari berbagai daerah," pungkasnya. [zid/mu]

Tag : burung, lomba burung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat