21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

10 Cara Menyenangkan Agar Hidup Panjang Umur

blokbojonegoro.com | Tuesday, 17 July 2018 07:00

10 Cara Menyenangkan Agar Hidup Panjang Umur

Reporter: -
 
blokBojonegoro.com - Tidak ada orang yang tahu persis sampai seberapa lama kita bisa hidup di dunia. Namun, kamu bisa melakukan banyak cara supaya bisa berumur panjang dan sehat selalu.
 
Olahraga dan makan makanan sehat? Ah, itu sudah biasa! Beragam aktivitas seru dan menyenangkan di bawah ini juga sama baiknya, kok, untuk membantu memperpanjang usia . Apa saja?
 
1. Tidur
 
Tidur adalah aktivitas yang paling ditunggu-tunggu setelah kecapekan seharian beraktivitas. Orang dewasa pada umumnya butuh tidur 7-8 jam setiap malam untuk menjaga kesehatannya.
 
Sayangnya, banyak orang yang justru kekurangan waktu tidur. Padahal, tidur meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan stres sehingga kita lebih berstamina.
 
Tidur cukup juga membantu kita lebih panjang umur dengan menjauhkan tubuh dari berbagai macam risiko penyakit kronis, seperti obesitas dan penyakit jantung, serta mencegah penuaan dini.
 
2. Bermain dan berolahraga bersama
Kamu malas berolahraga karena tidak ingin keringatan sendirian? Padahal, olahraga bisa membantu agar panjang umur.
 
Rutin berolahraga menyehatkan jantung dan paru, meredakan stres dan menjauhkan dari risiko gangguan mental, menjaga daya tahan tubuh, hingga membantu memperbaiki postur tubuh supaya terhindari dari cedera dan pegal linu.
 
Kalau enggan berolahraga sendirian, carilah aktivitas fisik berkelompok dengan jenis latihan yang mirip permainan atau kompetisi. Misalnya seperti futsal, tenis, bulu tangkis, atau crossfit dan boot camp.
 
Selain bikin tubuh lebih fit, interaksi sosial dengan orang lain selama olahraga bisa menjauhkan kita dari stres.
 
3. Minum kopi
 
Banyak orang yang biasa memulai harinya dengan minum secangkir kopi hitam sebelum berangkat beraktivitas.
 
Alasannya, sih, karena supaya tidak cepat mengantuk ketika nanti di kantor atau di kampus. Namun, secangkir kopi hitam ternyata bisa bikin awet muda.
 
Antioksidan dalam biji kopi dapat membantu memerangi radikal bebas dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.
 
Studi yang dimuat dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2000 menyebutkan bahwa kopi membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.
 
Minum 2-3 cangkir kopi hitam sehari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis hingga sebesar 10%, ungkap penelitian dari National Institutes of Health.
 
Dengan catatan: minum kopi hitam pahit, tanpa tambahan gula, krimer, atau pemanis lainnya. Porsinya pun tidak boleh berlebihan, agar tidak berbalik justru merugikan kesehatan.
 
Segala manfaat di atas bisa kita dapatkan dengan minum kopi 2-3 cangkir per hari. Lebih dari itu, risiko kematian akibat penyakit kronis malah bisa meningkat hingga 56 persen.
 
4. Menghabiskan waktu bersama orang tercinta
 
Manusia tidak bisa hidup tanpa sesamanya. Itulah kenapa interaksi sosial dan hubungan dekat dengan orang-orang sekitar bisa membuat kita lebih awet muda.
 
Interaksi sosial dengan orang-orang yang dekat dan peduli dengan kita bisa mencegah kesepian, depresi, dan gangguan mental lainnya.
 
Maka, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu menghabiskan akhir pekan bersama sahabat atau keluarga agar panjang umur.
 
Tidak usah sampai merencanakan liburan ke kota atau melanglang buana keliling dunia untuk itu. Cukup dengan ngobrol sambil menonton TV di sofa ruang keluarga, jalan-jalan di taman kota, atau ngopi di kafe terdekat juga sama bermanfaatnya.
 
Berteman dengan banyak orang dan menjaga tali silaturahmi bisa meningkatkan peluang umur panjang hingga 50% lebih besar. Penelitian juga menunjukan berteman dengan banyak orang bahkan bisa mempercepat pemulihan penyakit.
 
5. Makan makanan pedas
 
Berbahagialah mereka yang suka cabe dan makanan serba pedas! Makan makanan pedas bisa membantu panjang umur, ungkap sejumlah penelitian internasional.
 
Dua penelitian berbeda, dari Amerika Serikat dan Tiongkok, menemukan bahwa kelompok orang yang hampir tiap hari makan makanan pedas mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit kronis hingga 13-14 persen daripada orang yang tidak suka makan cabe.
 
Perempuan yang hobi makan pedas juga dilaporkan terhindari dari risiko kematian akibat kanker dan gangguan pernapasan. Semua manfaat makanan pedas ini datang dari kandungan capsaicinnya.
 
Meski begitu, kita tidak boleh berlebihan. Makan makanan pedas juga di malam hari bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang membuat bermimpi buruk dan sulit tidur nyenyak.
 
7. Isi TTS, atau main puzzle dan sudoku
 
Punya banyak waktu luang tapi bingung mau melakukan apa? Coba saja iseng-iseng main catur, menyusun puzzle, atau isi TTS di koran atau buku TTS. Kamu juga bisa mengunduh game online yang bikin putar otak, seperti sudoku.
 
Sejumlah permainan otak ini membutuhkan kejelian tingkat tinggi. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa TTS, sudoku, dan puzzle melatih otak untuk terus berpikir, menganalisis, melatih kecerdasan emosional, hingga menguji daya ingat.
 
Permainan asah otak juga bisa mencegah pikun sehingga mengurangi risiko demensia dan Alzheimer.
Baca juga: Merasa Awet Muda, Bikin Otak Lebih Sehat
 
8. Sering bercinta
 
Dilansir dari Verywell Health, seks dan sentuhan dianggap sebagai bagian penting dari kesehatan. Seks membantu melepaskan hormon bahagia oksitosin.
 
Dalam tubuh, oksitosin bekerja mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, meredakan nyeri, hingga mengurangi risiko kanker prostat. Itu kenapa rajin berhubungan seks dengan pasangan bisa membuat lebih panjang umur.
 
Seks juga menguatkan ikatan hubungan emosional dengan pasangan yang bisa menjaga keharmonisan rumah tangga. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kesehatan mental berdua.
 
Tentunya, kamu harus menerapkan prinsip seks yang aman agar terhindar dari berbagai risiko masalah seperti kehamilan yang tidak diinginkan maupun penularan penyakit kelamin berbahaya.
 
9. Banyak senyum dan tertawa
 
Tersenyum adalah cara yang murah meriah agar panjang umur. Seperti halnya relaksasi selama meditasi, tersenyum juga bisa menangkal efek stres.
 
Ketika kita tersenyum dan tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membantu memperbaiki mood. Hormon ini juga bekerja melancarkan aliran darah sehingga baik untuk kesehatan jantung.
 
Sejumlah penelitian bahkan membuktikan manfaat senyum dan tertawa bagi kesehatan jantung hampir sama dengan olahraga aerobik.
 
Tersenyum dan tertawa sistem kekebalan tubuh meningkat.
Manfaat ini ternyata tetap bisa didapatkan hanya dengan pura-pura senyum atau tertawa. Dengan memaksa diri untuk tersenyum, kita “mengelabui” tubuh kita agar percaya bahwa semuanya baik-baik saja, sehingga stres pun perlahan menghilang.
 
Jadi, berikanlah senyuman terbaikmu dan tertawalah lepas bahkan jika kita sedang dalam kondisi yang pahit. Lama-kelamaan, senyum itu akan terasa tulus dan nyata.
 
10. Pergi liburan
 
Pergi ke tempat-tempat baru yang tidak pernah kita kunjungi sebelumnya, melihat atraksi-atraksi unik dan pemandangan yang menakjubkan, hingga menghirup udara segar saat liburan sudah dibuktikan oleh sains sebagai salah satu cara untuk hidup lebih lama.
 
Salah satu penelitian besar tentang pria dan wanita paruh baya yang berisiko tinggi terhadap penyakit jantung menemukan bahwa mereka yang mengambil cuti tahunan untuk berlibur mengalami penurunan risiko kematian.
 
“Menjadwalkan liburan tiap tahun tidak hanya mengurangi stres, tetapi juga meningkatkan kebahagiaan jiwa dan raga secara keseluruhan,” ungkap dr. Sonya W. Thomas, MD pada Reader’s Digest.
 
Orang-orang yang tidak stres memiliki sistem imun yang lebih kuat sehingga tubuhnya lebih gigih untuk melawan agen penyebab kanker.
 
Maka sesibuk apa pun di kantor, sempatkanlah waktu untuk ambil cuti sejenak. Tidak usah liburan mewah ke luar negeri, Liburan domestik di Tanah Air pun juga sama baiknya, lho!
 
*Sumber: kompas.com

Tag : Pendidikan, kesehatan, asmara



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat