14:00 . Setelah Cabai, Giliran Harga Tomat Naik   |   13:00 . Izin Renang di Sungai, Seorang Anak Diduga Tenggelam di Purwosari   |   12:00 . Sebelum Diringkus, Kades Kapas Sempat Buat Video Pamer Lencana   |   11:00 . 16.541 Titik Lampu PJU Terpasang di Sudut Bojonegoro   |   10:00 . Bupati Sambang Warga Transmigrasi Asal Bojonegoro di Papua   |   09:00 . Bojonegoro Masuk SIAK Terpusat, Begini Bocoran KTP Digital   |   08:00 . Alumni Pesantren Tebuireng di Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   07:00 . Ini 3 Hal yang Harus Diwaspadai Orangtua Terkait Masalah Speech Delay atau Terlambat Bicara Pada Anak   |   18:00 . Apresiasi Pembangunan Jalan Desa, Budiono Pastikan Manfaat Bagi Warga   |   16:00 . Urai Kemacetan, Pemkab Bojonegoro Bakal Bangun Jalan Layang   |   15:00 . Terpilih Jadi Duta Lingkungan Hidup Jatim, Kepercayaan Diri Jadi Kunci Utama   |   13:00 . ASANU Minta Pemerintah Perkuat BTN Syariah   |   12:00 . Belum Jelas, Pencarian Korban Tenggelam Dihentikan   |   09:00 . Antusias Warga Transmigran Sambut Bupati Bojonegoro di Bumi Cendrawasih   |   07:00 . 12 Cara Ajarkan Anak Belajar Membaca yang Seru dan Gak Bikin Bosan   |  
Fri, 27 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Pandemi, Hotel dan Resto Ubah Strategi Bisnis

blokbojonegoro.com | Friday, 08 May 2020 10:00

Pandemi, Hotel dan Resto Ubah Strategi Bisnis

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Banyak Negara di dunia yang beralih dari ekonomi akibat dampak wabah Covid-19 ini, guna mengembalikan sektor ekonomi perdagangan dan industri. Hingga banyak industri perhotelan yang mengubah strategi bisnisnya untuk tetap bertahan ketika Pandemi ini.

Menurut Ketua Perhimpunan hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Bojonegoro, Moh. Subekhi, industri hotel di Bojonegoro selama ini belum ada informasi terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun karyawan hotel yang dirumahkan.

Untuk memperkecil biaya pengeluaran operasional, pihaknya hanya saja mengubah sistem kerja dan sistem bisnis yang dijalankan. Seperti halnya mengubah jam kerja karyawan menjadi sehari bekerja dan sehari tidak bekerja atau 50% kesejahteraan.

"Kalau di tempat kami belum ada karyawan hotel yang dirumahkan atau di PHK, hanya saja mengubah jam sistem kerja dan bisnis. Serta sistem bisnis untuk resto sendiri tidak melayani take away, hanya delivery order" terang Moh Subekhi.

Pak Moh, sapaan karibnya juga mengatakan, apabila kondisi ini belum berakhir hingga 3 bulan ke depan atau tepatnya pada bulan Agustus. Tidak menampik dan memprediksi banyak pihak management hotel maupun restoran yang tidak kuat bertahan mengatur keuangan pastinya akan berdampak pada karyawan. Dikarenakan pemasukan tidak ada, serta dipastikan bisa berdampak pada pihak karyawan hotel maupun resto, yakni terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Kami harapannya semoga tidak terjadi, pandai-pandai saja berinovasi pihak management mengambil kebijakan," jelasnya.

Sementara itu, Marketing Eksekutif Hotel dan Resto di Bojonegoro, Nafila Ismi Putri, menuturkan, selama ini untuk informasi karyawan hotel yang di lakukan pemutusan hubungan kerja maupun karyawan yang dirumahkan dari pihak management memang belum ada.

"Biasanya di hotel maupun resto ketika normal menerima take away, untuk saat ini hanya menerima orderan saja untuk resto. Kami hanya menerima pengiriman menu saja," pungkasnya. [liz/ito]

 

Tag : Bisnis, hotel, Bojonegoro, covid, resto



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat