18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

100 Ribu Bibit Ikan Ditebar di Waduk Rowo Glandang Tambakrejo

blokbojonegoro.com | Friday, 19 June 2020 09:00

100 Ribu Bibit Ikan Ditebar di Waduk Rowo Glandang Tambakrejo

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sebanyak 100 ribu bibit ikan lokal, dilepas di Waduk Wisata Rowo Glandang, Desa Gading, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (19/6/2020).

Dalam acara penebaran benih ikan lokal, dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jatim, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi, Dinas PMD Bojonegoro, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, forkopimcam, Kepala desa, dan masyarakat Desa Gading.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jatim, Mohammad Gunawan Saleh menyampaikan, tebar benih ini tujuannya untuk menjaga ketersediaan ikan lokal.

"Salah satunya bank ikan lokal di Pasuruan. Yang mana ikan di Jawa Timur dari semula 50 tinggal 25 jenis. Dari jenis itu, yang bisa dibudidaya dan dikawinkan ada 15 jenis," kata Gunawan.

Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, Imam Suprayogi menjelaskan, dari jumlah 512 embung di Bojonegoro, ada 56 yang sudah ditabur benih sebanyak 750.000 bibit ikan.

"Fungsi waduk selain sumber pengairan sawah, bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dengan ada nilai tambah dari bibit ikan yang ditebar," ujar Imam.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Jawa Timur, Mohammad Yasin mengaku gembira pada kesempatan tersebut sekaligus pulang kampung di tempat tinggalnya di Desa Tanjung, Kecamatan Tambakrejo.

"Waduk Rowo Glandang ini tempat saya bermain saat kecil. Informasinya terakhir kemarin untuk pemancingan pendapatannya sampai 40 juta rupiah. Dengan adanya penebaran bibit ikan ini, diharapkan bisa menambah pendapatan desa, serta turut membantu perekonomian masyarakat di sini," kata Yasin.

Selain itu, dalam kesempatan itu pula, dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menitipkan kepada Yasin sebanyak 110 paket sembako dan APD dasar kepada masyarakat Desa Gading.

"Tambakrejo masih putih alias zona hijau dari Covid-19. Semoga tetap selalu terjaga. Jangan panik dengan corona, tetap mematuhi protokol kesehatan," imbuhnya.

Di pinggir Waduk Glandang itu pula, dilakukan penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD). Serta pelepasan sebanyak 100 ribu bibit ikan tawes dan wader pari. [ito/mu]

Tag : Ikan, waduk, embung, Dpmd Jawa timur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat