18:00 . Bersiap, Besok PDAM di Kedungadem dan Sebagian Sugihwaras Mati   |   17:00 . Stakeholders Day 2024, KPPN Bojonegoro Beri Penghargaan Operator Terbaik   |   16:00 . Berikut Skema Pemulangan Jemaah Haji Bojonegoro Pekan Depan   |   15:00 . Sedih, Begini Isi Surat Wasiat Milik Pria di Bojonegoro yang Diduga Tabrakkan Diri ke KA   |   14:00 . Diduga Bunuh Diri, Pria Tanpa Identitas di Bojonegoro Tabrakan Diri ke Kereta Api   |   21:00 . Lawan Persebaya, Manajemen Persibo Bojonegoro Bakal Boyong Pemain Baru   |   19:00 . Minggu 23 Juni 2024, CFD di Alun-alun Bojonegoro Diliburkan   |   17:00 . Pj Ketua PKK Bojonegoro dan Kader PKK Latihan Olahan Pangan Alternatif   |   15:00 . Pilih Tinggalkan Kursi DPRD Bojonegoro, Mitroatin Siap Dampingi Anna Muawanah   |   13:00 . Jamaah Haji Asal Bojonegoro Meninggal Dunia Saat Towaf Ifadhoh   |   06:00 . Tradisi Mayu Cungkup Buyut Dalem, Lurah Kadipaten Serahkan Sirap   |   20:00 . Diperiksa 5 Jam, Kepala Bappeda Bojonegoro Dicecar Kejari Soal Perencanaan Mobil Siaga   |   16:00 . Puluhan Desa di Bojonegoro Terancam Kekeringan, 1 Desa Telah Minta Bantuan Air Bersih   |   14:00 . Warga Tawing, Desa Malingmati, Akhirnya Nikmati Kurban Sapi Sejak Indonesia Merdeka   |   13:00 . Persibo vs Persebaya, Ribuan Suporter Bojonegoro Siap Away Gelora Bung Tomo   |  
Sat, 22 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ultah blokBojonegoro.com

Kado 9 Cinta bB dari Dunia

blokbojonegoro.com | Friday, 26 June 2020 06:00

Kado 9 Cinta bB dari Dunia

Oleh: Muhammad A. Qohhar*

blokBojonegoro.com – Sembilan tahun lalu, tepatnya 26 Juni 2011, blokBojonegoro.com lahir. Hanya ada segelintir orang. Mereka berkarya siang dan malam untuk memulai era media siber di Bumi Angling Dharma, saat itu familier menyebut Kota Migas hari ini.

Tidak menyangka memang. bB, sapaan karib blokBojonegoro.com akan bisa bertahan sampai sekarang ini. Sebab, saat itu banyak yang mencibir bB tetap bisa eksis. Sebab, pemahaman akan dunia siber masih sangat minim.

Berbekal ilmu sebagai wartawan media siber tingkat Jawa Timur dan jejaring nasional, saya memberanikan diri merintis media yang masih dianggap awam di lokal Bojonegoro. Yakni media siber. 

Bisa dibilang, bB yang pertama muncul di eranya. Setelah itu satu persatu tumbuh bak jamur di musim hujan. Berat memang saat itu mengenalkan ke era siber di lokal Bojonegoro. Walaupun saat itu tengah gempita pembangunan konstruksi minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu.

Tapi lambat laun, berganti tahun, pemahaman akan siber kian melesat. Apalagi era media sosial (Medsos) benar-benar ikut serta meningkatkan branding media siber. Walupun perlu kehati-hatian, sebab kabar hoax terkadang menyelipinya.

Saat merintis pertama kali, saya percaya jika media siber akan menemukan masanya. Ternyata benar, masa datang dengan segala tantangannya. Kecepatan orang berinteraksi dan mendapatkan informasi dari Medsos, perlu filter dari kabar hoax. Itulah bB hadir untuk ikut serta memerangi hoax.

Sehingga, sejak dua tahum lalu bB ikut tergabung dalam komunitas CekFakta bersama media-media siber skala nasional. Harapannya, kehidupan di masyarakat tidak semakin gaduh dan runyam dengan serbuan berita hoax.

Kami bersukur, apresiasi datang dari banyak pihak tentang eksistensi bB sampai sejauh ini. Tidak hanya lokal, tapi juga pembaca secara global. Bahkan, hampir bersamaan dengan Ultah ke 9, “hadiah” dari perusahaan skala dunia, Google, mampir ke redaksi bB. Tepatnya dari Google News Initiative (GNI) melalui Program Journalism Emergency Relief Fund (JERF).

Luar biasa. Saya bersama tim redaksi menyambut haru. Ini hadiah “9 Cinta” dari dunia. Sebab, wilayah Asia Pasifik termasuk Indonesia, ada 2.000 lebih media mendaftar dan hanya lolos 800. Untuk Indonesia terdapat 30 media yang proposal berbahasa Inggrisnya lolos di program tersebut. blokBojonegoro.com atau bB salah satunya. 

Lebih membanggakan lagi, saudara muda bB, yakni blokTuban.com (bT sebutannya) juga ikut didanai melalui program tersebut. Benar-benar kejutan yang luar biasa, selain itu juga menjadi tantangan untuk semakin memberikan sumbangsih tinggi memerangi sebaran berita hoax.

Untuk kesekian kalinya, kami mewakili seluruh jajaran redaksi bB dan keluarga besar Blok Media Group (BMG) berterima kasih kepada pembaca setia, mitra dan semua stakeholder yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Di Ultah ke 9 dengan tema “Cinta Kita untuk Pembaca” kami peringati dengan cara kita sendiri di tengah pendemi Covid-19. Sederhana, namun tetap bermakna. Tidak ada keramaian seperti tahun-tahun sebelumnya.

Salam hangat dan cinta selalu dari kami, blokBojonegoro.com. [*]

*Founder/CEO blokBojonegoro.com

(Blok Media Group/BMG)


Tag : Ultah, bb, bersama, pembaca



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat