Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Putra Daerah Bojonegoro, Prof Zainuddin Resmi Jabat Rektor UIN Malang

blokbojonegoro.com | Thursday, 29 July 2021 17:00

Putra Daerah Bojonegoro, Prof Zainuddin Resmi Jabat Rektor UIN Malang

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, putra daerah Bojonegoro resmi menjabat sebagai rektor baru Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang) setelah melaksanakan pelantikan di Kantor Kementerian Agama RI, Jakarta, Rabu (28/7/2021).

Prof Zainuddin sapaan karibnya terpilih menjadi Rektor UIN Malang untuk periode 2021 - 2025. Diketahui, dirinya menggantikan rektor sebelumnya, yakni Prof Abdul Haris.

Pria kelahiran 7 Mei 1962 itu merupakan warga asal Desa Kabalan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro. Sebelumnya, Prof Zainuddin menjabat Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UIN Maliki Malang. Dia dikenal sebagai sosok yang gigih dan tekun menulis. Baik di media sosial maupun di media mainstream terutama.

Guru Besar yang pernah sekolah di MTS Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo lulusan 1980 ini merupakan dosen Filsafat dan Sosiologi Agama pada Jurusan Pengetahuan Ilmu Sosial (IPS) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maliki Malang.

Prof Zainuddin memulai kariernya dengan menjadi dosen pada Fakultas Syariah Universitas Islam Malang (UNISMA) tahun 1988. Tahun berikutnya 1990 menjadi Pembantu Dekan III bidang kemahasiswaan Fakultas Tarbiyah UNISMA dan Pembantu Dekan I bidang akademik pada Fakultas yang sama tahun 1993-1995. Tahun 1996-1997 menjadi dosen di IAIN Raden Fatah Palembang.

Pada 1998 kembali ke malang dan ditugaskan di STAIN Malang yang sekarang menjadi UIN Malik Ibrahim Malang. Pertama kali di STAIN dirinya dipercaya menjadi Sekertaris Unit Kewirausahaan pada tahun 1998 - 1999.

Kemudian pada tahun 1999 hingga 2005 diamanahi menjadi Ketua Unit Penerbitan sekaligus menjadi Pemimpin Redaksi majalah LHK Tabloid Gema dan menjadi Sekertaris Redaksi jurnal Ulul Albab.

Dilanjutkan tahun 2006 hingga 2010 dipercaya menjadi pembantu Dekan 1 bidang akademik Fakultas Tarbiyah UINMA. Berikutnya tahun 2009 hingga 2013 diamanahi menjadi Dekan Fakultas Tarbiyah UINMA, dan ditahun yang sama dirinya menjadi Ketua Forum Dekan Tarbiyah dan Keguruan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Indonesia.

Tidak sampai di situ, pada tahun 2013 - 2017 Prof Zainuddin terpilih menjadi Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga dan satu tahun kemudian dipercaya menjdi Ketua majlis Wakil Rektor dan Wakil Ketua bidang akademik PTKIN Indonesia 2014-2018.

Disusul tahun 2017 hingga 2021 kembali dipercaya menjadi Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga untuk periode kedua. Prof Zainuddin juga pernah menjadi rivior pada lembaga pengelola dana pendidikan lintas kementerian agama ristekdikti dan keuangan pada tahun 2016-2018 dan menjadi rivior bidang islamic studies UINMA hingga sekarang.

Disamping mengajar dirinya juga aktif dalam kegiatan ilmiah seperti penelitian diskusi dan seminar baik di dalam maupun di luar negeri. [lin/ito]

Tag : Prof Zainuddin, profil, bojonegoro, kabalan, kanor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini