22:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kemenag Jelaskan Tata Cara Salat Idul Adha di Rumah Saat PPKM Darurat

blokbojonegoro.com | Tuesday, 20 July 2021 06:00

Kemenag Jelaskan Tata Cara Salat Idul Adha di Rumah Saat PPKM Darurat

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sejak diberlakukannya pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat wilayah Jawa dan Bali sejak tanggal 3 Juli 2021. Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat untuk membatasi mobilitas dan tidak mudik saat Idul Adha.

"Kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menjaga diri dan membatasi kegiatan sangat penting dalam mencegah penyebaran Covid-19, terlebih dengan adanya varian Delta," tegas Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta.

Lebih lanjut, Kementerian Agama Republik Indonesia juga telah menerbitkan surat Edaran Nomor 17. Tahun 2021 tentang peniadaan sementara peribadatan di tempat ibadah saat perayaan Idul Adha.

"Utamanya yang berada di zona merah PPKM Darurat, agar melaksanan Takbiran dan sholat Idul Adha di rumah bersama keluarga," ucapnya.

Berikut tata cara Shalat Idul Adha di rumah saat pemberlakuan PPKM Darurat Jawa dan Bali. Salat Idul Adha berjumlah dua rakaat serta tiap rakaat di sunnahkan mengucapkan takbir pada rakaat pertama sebanyak tujuh kali.

"Rakaat kedua sebanyak lima kali takbir. Selama Pandemi Covid-19, terutama wilayah zona merah PPKM Darurat dianjurkan melaksanakan salat Idul Adha di rumah saja," sambungnya. [liz/ito]

Berikut Tata Cara Salat Idul Adha di Rumah.

1. Niat Shalat Idul Adha Imam atau Makmum
2. Membaca takbiratul ihram sambil mengangkat tangan
3. Membaca doa iftitah
4. Bertakbir sebanyak 7 kali pada rakaat pertama
5. Membaca surah Al-fatihah
6. Membaca surah pendek dari Al-Qur'an
7. Rukuk
8. Iktidal (bangkit dari ruku')
9. Bacaan Doa I'tidal
10. Melakukan sujud pertama
11. Duduk diantar dua sujud
12. Sujud kedua
13. Takbir intiqal berdiri kembali dan membaca takbir seperti rakaat pertama
14. Melaksanakan rakaat kedua, pada rakaat kedua imam bertakbir lagi sebanyak 5 kali seperti takbir pada rakaat pertama.
15. Membaca surah Al-fatihah dan membaca surah pendek dari Al-Qur'an
16. Rukuk, i'tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud lalu tahiyat hingga salam
17. Mengucapkan salam
18. Kemudian mengucapkan salam, Imam kemudian berkhutbah Idul Adha. Bila salat sendirian tak perlu ada khutbah.

Tag : kemenag, cara, salat, idul adha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more