13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |   09:00 . Pergantian Pejabat di PT Kilang Pertamina Internasional : Bukti Legacy Kepemimpinan   |   08:00 . Polres Bojonegoro Bersama Perum Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama   |   07:00 . Pro Kontra Esteh Indonesia Tinggi Gula, Ketua PDGI Sampai Angkat Bicara   |   20:00 . Program RPL Pemkab Anggarkan Rp10,8 Miliar   |   19:00 . Kunjungi Bojonegoro, Kabidokkes Polda Jatim Beri Santunan ke Masyarakat   |   18:00 . Masuk Musim Panen, Harga Cabai Turun Drastis   |   17:00 . Banyak Perempuan Kuliah Ketimbang Nganggur, Ismail Fahmi: Mari Diubah Pola Pikir Digital Competitiveness   |   16:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |  
Thu, 29 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Desa Klino Sukses Budidayakan Porang, Penjualan Hingga Luar Jawa

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 September 2021 13:00

Desa Klino Sukses Budidayakan Porang, Penjualan Hingga Luar Jawa

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Porang merupakan jenis tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus Muelleri. Di beberapa daerah di Pulau Jawa, tanaman ini dikenal dengan nama iles-iles.

Porang biasanya dimanfaatkan dengan diolah menjadi tepung yang dipakai untuk bahan baku industri kosmetik, pengental, lem dan mie ramen hingga campuran makanan yang memiliki nilai jual tinggi.

Berada di ketinggian 500 Mdpl, tepatnya berada di Desa Klino, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Rupanya sangat cocok digunakan sebagai lokasi budidaya porang, ditambah hawa sejuk dengan pemandangan asri menjadi bonus ketika mengunjungi Desa ini.

Kepala Desa Klino, Dwi Nurjayanti, mengungkapkan dahulu tanaman asli dari lereng Gunung Pandan ini mulanya dianggap sebagai gulma atau hama. Namun kini sukses dibudidayakan masyarakat dan mempunyai nilai ekonomis. "Bahkan kandungan porang ini mengandung asam oksalat dan glukomannan, sehingga perlu proses pengolahan yang tepat dan alat yang memadai," ungkap Dwi Nurjayanti.

Memiliki lahan seluas 600 hektar, untuk setiap panen bisa menghasilkan 120 ton atau per musim panen yakni 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk mengolah porang menjadi produk yang memiliki nilai jual. Tak jarang masyarakat juga mengolahnya menjadi keripik, beras porang, mie basah dan tahu. "Porang yang mulanya hanya dijual Rp 7.000 per kilogram, kini bisa lebih tinggi setelah diolah," ucapnya.

Tak kalah menarik, bibit porang asli yang diperoleh dari Desa Klino, ternyata juga ekspor sekaligus dikembangkan oleh masyarakat dari wilayah luar Bojonegoro. "Pembeli yang datang beragam ada dari wilayah NTT, Ponorogo dan Madiun," imbuh Kades Klino.

Selain porang, Kades Klino bersama warga setempat yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) juga tengah merintis agrowisata dengan memanfaatkan lahan yang ada. Yakni lahan seluas 4 hektar yang berasal dari tanah kas desa tersebut ditanami buah durian, jeruk, alpukat, kelengkeng dan manggis.

"Ini merupakan program wajib bagi warga Desa yang memiliki lahan, untuk menanam porang maupun buah. Yang mana bisa menghasilkan nilai jual tinggi dan tentunya menambah pendapatan warga maupun Desa," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : porang, bojonegoro, iles-iles, sekar, klino



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat