14:00 . Pencarian Hari Keempat Terkendala Cuaca dan Debit Sungai   |   12:00 . Gemerlap Thamrin Bojonegoro, 75 Personil Dishub Dikerahkan   |   11:00 . Daftar 10 Nama Perempuan Paling Populer di Indonesia, Namamu Ada?   |   10:00 . Kembali Mediasi, Warga Sampaikan Tiga Tuntutan kepada Kades Sumuragung   |   09:00 . Pencanangan GEMAPATAS, Bupati Bojonegoro Siap Dukung Akselerasi PTSL   |   08:00 . Puncak Cap Gomeh, Pemkab Bojonegoro Gelar Parade Lampion dan Barongsai   |   17:00 . Begini Proses Pembuatan Lagunya Sheva Berjudul Kecewa   |   16:00 . Lagu Karya Anak Bojonegoro ini Bisa Dibeli dan Didengarkan di Toko Online Seluruh Dunia   |   10:00 . Berikan Kejutan, PWI Bojonegoro Ucapkan Selamat Ulang Tahun Bupati Anna   |   08:00 . PWI Bojonegoro Gowes Bersama Forkopimda dan Mitra   |   19:00 . Baru Sebulan 42 Remaja di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   18:00 . Setahun, 527 ABG di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   17:00 . Paman: Korban Tiap Main, Selalu Mandi di Sungai   |   16:00 . Jenazah Mrs. X Ditemukan Mengapung di Bengawan Solo   |   15:00 . Mahasiswa Kampus Ungu Hasilkan Ratusan Media Penyuluhan Edukatif, ini Kuncinya...   |  
Sat, 04 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Desa Klino Sukses Budidayakan Porang, Penjualan Hingga Luar Jawa

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 September 2021 13:00

Desa Klino Sukses Budidayakan Porang, Penjualan Hingga Luar Jawa

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Porang merupakan jenis tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus Muelleri. Di beberapa daerah di Pulau Jawa, tanaman ini dikenal dengan nama iles-iles.

Porang biasanya dimanfaatkan dengan diolah menjadi tepung yang dipakai untuk bahan baku industri kosmetik, pengental, lem dan mie ramen hingga campuran makanan yang memiliki nilai jual tinggi.

Berada di ketinggian 500 Mdpl, tepatnya berada di Desa Klino, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Rupanya sangat cocok digunakan sebagai lokasi budidaya porang, ditambah hawa sejuk dengan pemandangan asri menjadi bonus ketika mengunjungi Desa ini.

Kepala Desa Klino, Dwi Nurjayanti, mengungkapkan dahulu tanaman asli dari lereng Gunung Pandan ini mulanya dianggap sebagai gulma atau hama. Namun kini sukses dibudidayakan masyarakat dan mempunyai nilai ekonomis. "Bahkan kandungan porang ini mengandung asam oksalat dan glukomannan, sehingga perlu proses pengolahan yang tepat dan alat yang memadai," ungkap Dwi Nurjayanti.

Memiliki lahan seluas 600 hektar, untuk setiap panen bisa menghasilkan 120 ton atau per musim panen yakni 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk mengolah porang menjadi produk yang memiliki nilai jual. Tak jarang masyarakat juga mengolahnya menjadi keripik, beras porang, mie basah dan tahu. "Porang yang mulanya hanya dijual Rp 7.000 per kilogram, kini bisa lebih tinggi setelah diolah," ucapnya.

Tak kalah menarik, bibit porang asli yang diperoleh dari Desa Klino, ternyata juga ekspor sekaligus dikembangkan oleh masyarakat dari wilayah luar Bojonegoro. "Pembeli yang datang beragam ada dari wilayah NTT, Ponorogo dan Madiun," imbuh Kades Klino.

Selain porang, Kades Klino bersama warga setempat yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) juga tengah merintis agrowisata dengan memanfaatkan lahan yang ada. Yakni lahan seluas 4 hektar yang berasal dari tanah kas desa tersebut ditanami buah durian, jeruk, alpukat, kelengkeng dan manggis.

"Ini merupakan program wajib bagi warga Desa yang memiliki lahan, untuk menanam porang maupun buah. Yang mana bisa menghasilkan nilai jual tinggi dan tentunya menambah pendapatan warga maupun Desa," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : porang, bojonegoro, iles-iles, sekar, klino



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more