10:00 . LIVE: CERDAS DAN BIJAK DALAM BERMEDIA SOSIAL   |   07:00 . Jangan Panik, Ini Sebab Bayi Cegukan dan Cara Menghentikannya   |   20:00 . Pelaksana Desa Dander dan Ngunut Gelar FGD Program Penataan Sumber Air Bagi Masyarakat   |   19:00 . HJB ke-344, Nakes Puskesmas Temayang Terima Penghargaan   |   15:00 . Capaian Kinerja Pemkab Bojonegoro Terus Meningkat   |   14:00 . Beda Indikator, Penilaian Level Covid-19 di Bojonegoro Berbeda   |   12:00 . Hari Jadi Bojonegoro, Kejaksaan Negeri Terima Penghargaan dari Pemkab   |   10:00 . Bupati Beri Penghargaan Instansi, OPD Hingga Instansi Terbaik di Hari Jadi Bojonegoro 343   |   09:00 . Meski Zona Kuning, Petugas Terus Ingatkan Prokes Kepada Masyarakat   |   07:00 . Studi Buktikan Lingkungan Hijau dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anak   |   06:00 . 5 Wilayah di Jatim Level 1, ini Aturan Baru dalam PPKM   |   21:00 . Resmikan Wisata Religi, Gus Ali Berziarah ke Makam Yek Ali di Sumberejo   |   20:00 . Peringkat Hasil SKD Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Instruksi BKN Pusat   |   19:00 . KADIN Bojonegoro Goes to Campus, Podcast di 2 Tempat   |   18:00 . Yuk...! Ikuti Webinar Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial   |  
Thu, 21 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tahap Akhir Pengerjaan, Bendungan Gongseng Mulai Dilakukan Pengisian Awal

blokbojonegoro.com | Wednesday, 22 September 2021 14:00

Tahap Akhir Pengerjaan, Bendungan Gongseng Mulai Dilakukan Pengisian Awal

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pengisian awal Bendungan Gongseng sesuai jadwal yakni di Minggu kedua bulan September. Secara resmi Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah menekan sirine tanda dimulainya pengisian awal waduk  Gongseng yang berada di Desa Papringan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (22/9/2021).

Kepala BBWS Bengawan Solo, Agus Rudyanto, dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Bendungan Gongseng melewati perjalanan panjang untuk menjamin keamanan. Serta agar bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Penutupan pintu konduit merupakan tahap awal pengisian waduk. Diharapkan dalam waktu lima bulan ke depan, tampungan Bendungan Gongseng telah penuh sampai melimpas pada spillway serta segera  dimanfaatkan masyarakat," ungkapnya.

Adapun manfaat Bendungan Gongseng untuk irigasi seluas 6.191 hektar, penyediaan air baku 300 liter/detik, konservasi pariwisata, reduksi banjir hingga 133,27 meter kubik/detik, serta berpotensi untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,7 mega watt.

Pemenuhan manfaat dapat dipenuhi dari Kapasitas tampungan total 22,43 juta meter kubik yang berada di daerah genangan seluas 390 hektare.

"Pengerjaan Bendungan Gongseng mulai tahun 2013 dan direncanakan selesai 2021 dengan biaya sebesar Rp. 574 Miliar dan bersumber dadi APBN. Saat ini progres mencapai 94 persen, bendungan Gongseng memasuki tahap akhir pengerjaan, sehingga pengisian awal menjadi salah satu syarat pengoperasian," papar Agus.

Dalam hal ini, Balai Besar Bengawan Solo terus berkomitmen dengan Pemkab Bojonegoro dalam penyediaan air. "Ke depannya melalui Bendungan Karangnongko agar masyarakat Bojonegoro merasakan kelimpahan air," ucapnya.

Terpisah, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah menyampai, sudah tepat jika perhatian Pemerintah Pusat terhadap penyediaan dan pengendali. "Sebab jika penyediaan saja bisa over suplai artinya terjadi banjir, pengendali sekaligus me-manage ketersediaan air," sambung Bupati Anna.

Kabupaten Bojonegoro juga memiliki Migas, dengan adanya Bendungan Gongseng tentunya seimbang antara kebutuhan Migas dan  kebutuhan air. Sebab mampu mengairi beberapa Kecamatan. "Selain sumber daya alam (SDA), sumber daya pertanian sesuatu yang tidak dapat dihindari. Kebutuhan utamanya berupa air," imbuh Bupati.

Bupati menambahkan, atas nama Pemkab Bojonegoro, tidak hentinya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Pusat yang hari ini pelaksana dari BBWS atas terselesaikannya progres Bendungan Gongseng. "Karena Bojonegoro merupakan lumbung pangan nomer tiga. Harapan kami dengan keberadaan Bendungan Gongseng, produksi pangan dapat melebihi Kabupaten lain," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : bendung, gongseng, bojonegoro, papringan, temayang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat