Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Proses Ritual Pengambilan Api Abadi Berjalan Khidmat dan Tetap Prokes

blokbojonegoro.com | Wednesday, 20 October 2021 06:00

Proses Ritual Pengambilan Api Abadi Berjalan Khidmat dan Tetap Prokes *Prosesi pengambilan api abadi di wisata kahyangan api.

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Dalam rangka merayakan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-344, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melaksanakan beberapa rangkaian acara, di antaranya proses pengambilan api abadi yang berada di kawasan wisata Khayangan Api, Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro.

Pantauan blokBojonegoro.com di lapangan, proses pengambilan api abadi tampak sakral ini dilakukan dengan upacara adat yang dipimpin langsung oleh Camat Ngasem beserta segenap Muspika Kecamatan Ngasem.

Suasana terasa khidmat ketika diiringi tembang dan gamelan Jawa pada prosesi ritual pengambilan api. Diawali dengan arak-arakan aneka jenis tumpeng dari gerbang desa hingga tempat perapian.

Sebelum memulai proses pengambilan api abadi, terlebih dahulu dilakukan ritual dan penyerahan sesaji kepada juru kunci. Kemudian dilanjutkan dengan mengelilingi sumber api abadi sebanyak 3 kali, diiringi tarian Waranggono dan tabur bunga.

Setelah api abadi diambil menggunakan obor oleh juru kunci Khayangan Api. Selanjutnya obor diserahkan kepada Camat Ngasem dan kemudian diserahkan kembali kepada petugas pembawa obor hingga dikirab menuju kantor Bakorwil Bojonegoro.

Camat Ngasem, Waji, menegaskan bahwa proses pengambilan Api Abadi dalam rangka HJB ke-344 ini hampir sama dengan tahun sebelumnya. "Hanya saja pada tahun ini bertepatan dengan adanya wabah Covid-19, maka para peserta menerapkan protokol kesehatan," tegas Waji.

Selain menandai awal rangkaian kegiatan HJB ke-344, pengambilan Api Abadi ini juga menjadi simbol masyarakat Bojonegoro untuk terus semangat dalam bekerja dan berkarya. Guna menuju Bojonegoro yang lebih baik, maju dan produktif.

"Hal ini seiring dengan tema HJB tahun 2021. Yakni pembangunan merata, sejahtera terasa," pungkasnya.

Perlu diketahui, nantinya Api Abadi ini akan diserahkan langsung kepada Ketua DPRD Bojonegoro, Imam Sholikin di Pendopo Malowopati Bojonegoro. Sebagai salah satu puncak rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Bojonegoro ke-344. [mu]

Tag : hari jadi bojonegoro, pengambilan api abadi, hjb



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini