12:00 . Larang Takbir Keliling, Polres Bojonegoro Imbau Warga Lakukan Takbiran di Masjid   |   10:00 . Jelang Idul Adha, Polisi di Bojonegoro Kebanjiran Order Kambing Kurban   |   20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   11:00 . Hari Terakhir PPDB, MAN 1 Bojonegoro Penuhi Kuota Rombel   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |  
Sun, 16 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL Bersama Mitra Gelar LPJ Pembangunan Instalasi Air Bersih

blokbojonegoro.com | Sunday, 23 January 2022 15:00

EMCL Bersama Mitra Gelar LPJ Pembangunan Instalasi Air Bersih Musyawarah Pertanggungjawaban Program Penataan Sumber Air di Desa Ngunut dan Desa Dander, Bojonegoro Tahun 2021, bersama Ademos sebagai mitra pendamping program. (Istimewa)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) melakukan Musyawarah Pertanggungjawaban Program Penataan Sumber Air di Desa Ngunut dan Desa Dander, Bojonegoro Tahun 2021, bersama Ademos sebagai mitra pendamping program.

Kegiatan ini dilakukan di dua desa, yakni di Desa Ngunut dan Desa Dander Kecamatan Dander. Kegiatan ini bertujuan untuk melaporkan hasil pembangunan instalasi air bersih oleh Tim Pelaksana Pembangunan (Timlak) dari masing-masing desa.

Pembangunan sarana air bersih di Desa Dander telah rampung dikerjakan. Bangunan infrastruktur tersebut berupa tandon air, sumur bor dan pipa air menuju rumah warga. Jumlah SR (sambungan rumah) yang telah terpasang di Desa Dander sebanyak 56 SR.

"Dengan harapan, usai berjalannya pengelolaan air. Jumlah warga yang mendapatkan fasilitas air bersih bisa bertambah," tegas Timlak Desa Dander, Winarto.

 

Sementara itu,Timlak Desa Ngunut, Sunaryo melaporkan bahwa pengeboran sumur, pembuatan tandon air dan pemasangan pipa air menuju rumah warga sudah selesai dipasang. Jumlah warga yang mendapatkan manfaat adalah 18 SR yang merupakan swadaya dari masyarakat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada EMCL dan Ademos yang telah mendampingi dan mengarahkan agar program ini bisa berjalan dengan baik," sambung Sunaryo.

Dalam kegiatan ini hadir pula Kepala Desa Ngunut, Suwarno, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada ExxonMobil Cepu Limited yang telah membantu warga Desa Ngunut untuk mencukupi kebutuhan akan air bersih.

"Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada EMCL yang telah membantu warga Desa Ngunut mendapatkan akses air bersih yang layak. Selain itu juga berpesan kepada pengelola unit air nanti, agar melakukan pencatatan administrasi yang baik agar tidak ada masalah kedepannya," paparnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kepala Desa Dander, Juprianto termasuk kepada EMCL yang telah membantu meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Dander dengan memberi bantuan instalasi air bersih.

Dimana sebelumnya warga desa hanya memanfaatkan sumur lep untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari. "Saya juga ingin berpesan kepadamasyarakat, adanya bantuan ini kita manfaatkan dan di rawat dengan sebaik-baiknya," pesan Juprianto.

Selain itu, kegiatan musyawarah pertanggungjawaban dihadiri pula oleh Ali Mahmud selaku PGA ExxonMobil Cepu Limited, dalam sambutannya berpesan bahwa kegiatan ini bukan akhir dari program ini, namun menjadi sebuah awalan. "Kegiatan Musyawarah Pertanggungjawaban ini bukan akhir dari program ini. Justu ini adalah awal dari apa yang harapkan untuk mendapatkan akses sumber air bersih yang layak," imbuhnya.

Selanjutnya, ia berpesan kepada pengelola yang nanti bertugas mengelola ini, agar dikelola dengan baik, harapannya apa yang telah bangun saat ini bisa berkembang. Ketika nanti dari EMCL berkunjung lagi lima atau sepuluh tahun yang akan datang, instalasi ini masih berjalan dan bisa berkembang lebih banyak warga yang bisa menikmati akses air bersih.

Tak lupa dari Pendamping Progam yakni Ademos yang diwakili oleh Putut Prabowo, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu menyukseskan program ini. Termasuk Kades, Perwakilan dari EMCL, Mas Rondi sebagai konsultan teknis dari EMCL.

Timlak yang tak kenal lelah menyelesaikan sesuai target. Ini merupakan awal perjuangan kira untuk bisa membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih yang lebih layak. "Mari kita jaga bersama-sama apa yang sudah kita bangun bersama dan semoga bermanfaat untuk semuanya," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : LPJ, pertanggungjawaban, air bersih



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat