Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL Bersama Mitra Gelar LPJ Pembangunan Instalasi Air Bersih

blokbojonegoro.com | Sunday, 23 January 2022 15:00

EMCL Bersama Mitra Gelar LPJ Pembangunan Instalasi Air Bersih Musyawarah Pertanggungjawaban Program Penataan Sumber Air di Desa Ngunut dan Desa Dander, Bojonegoro Tahun 2021, bersama Ademos sebagai mitra pendamping program. (Istimewa)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) melakukan Musyawarah Pertanggungjawaban Program Penataan Sumber Air di Desa Ngunut dan Desa Dander, Bojonegoro Tahun 2021, bersama Ademos sebagai mitra pendamping program.

Kegiatan ini dilakukan di dua desa, yakni di Desa Ngunut dan Desa Dander Kecamatan Dander. Kegiatan ini bertujuan untuk melaporkan hasil pembangunan instalasi air bersih oleh Tim Pelaksana Pembangunan (Timlak) dari masing-masing desa.

Pembangunan sarana air bersih di Desa Dander telah rampung dikerjakan. Bangunan infrastruktur tersebut berupa tandon air, sumur bor dan pipa air menuju rumah warga. Jumlah SR (sambungan rumah) yang telah terpasang di Desa Dander sebanyak 56 SR.

"Dengan harapan, usai berjalannya pengelolaan air. Jumlah warga yang mendapatkan fasilitas air bersih bisa bertambah," tegas Timlak Desa Dander, Winarto.

 

Sementara itu,Timlak Desa Ngunut, Sunaryo melaporkan bahwa pengeboran sumur, pembuatan tandon air dan pemasangan pipa air menuju rumah warga sudah selesai dipasang. Jumlah warga yang mendapatkan manfaat adalah 18 SR yang merupakan swadaya dari masyarakat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada EMCL dan Ademos yang telah mendampingi dan mengarahkan agar program ini bisa berjalan dengan baik," sambung Sunaryo.

Dalam kegiatan ini hadir pula Kepala Desa Ngunut, Suwarno, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada ExxonMobil Cepu Limited yang telah membantu warga Desa Ngunut untuk mencukupi kebutuhan akan air bersih.

"Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada EMCL yang telah membantu warga Desa Ngunut mendapatkan akses air bersih yang layak. Selain itu juga berpesan kepada pengelola unit air nanti, agar melakukan pencatatan administrasi yang baik agar tidak ada masalah kedepannya," paparnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kepala Desa Dander, Juprianto termasuk kepada EMCL yang telah membantu meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Dander dengan memberi bantuan instalasi air bersih.

Dimana sebelumnya warga desa hanya memanfaatkan sumur lep untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari. "Saya juga ingin berpesan kepadamasyarakat, adanya bantuan ini kita manfaatkan dan di rawat dengan sebaik-baiknya," pesan Juprianto.

Selain itu, kegiatan musyawarah pertanggungjawaban dihadiri pula oleh Ali Mahmud selaku PGA ExxonMobil Cepu Limited, dalam sambutannya berpesan bahwa kegiatan ini bukan akhir dari program ini, namun menjadi sebuah awalan. "Kegiatan Musyawarah Pertanggungjawaban ini bukan akhir dari program ini. Justu ini adalah awal dari apa yang harapkan untuk mendapatkan akses sumber air bersih yang layak," imbuhnya.

Selanjutnya, ia berpesan kepada pengelola yang nanti bertugas mengelola ini, agar dikelola dengan baik, harapannya apa yang telah bangun saat ini bisa berkembang. Ketika nanti dari EMCL berkunjung lagi lima atau sepuluh tahun yang akan datang, instalasi ini masih berjalan dan bisa berkembang lebih banyak warga yang bisa menikmati akses air bersih.

Tak lupa dari Pendamping Progam yakni Ademos yang diwakili oleh Putut Prabowo, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu menyukseskan program ini. Termasuk Kades, Perwakilan dari EMCL, Mas Rondi sebagai konsultan teknis dari EMCL.

Timlak yang tak kenal lelah menyelesaikan sesuai target. Ini merupakan awal perjuangan kira untuk bisa membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih yang lebih layak. "Mari kita jaga bersama-sama apa yang sudah kita bangun bersama dan semoga bermanfaat untuk semuanya," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : LPJ, pertanggungjawaban, air bersih



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini