18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Antisipasi Gagal Panen, 2472,73 Hektare Sawah di Baureno Terdaftar Asuransi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 26 January 2022 16:00

Antisipasi Gagal Panen, 2472,73 Hektare Sawah di Baureno Terdaftar Asuransi Sub Koordinator Pengendalian UPT Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Susana. (Dokumentasi pribadi)

 

Kontributor: Moch Misbahul Munir

blokBojonegoro.com - Musim dan kondisi cuaca yang tidak menentu membuat sektor pertanian rawan terjadi gagal panen. Faktor gagal panen bisa disebabkan perubahan iklim seperti banjir, kekeringan, serangan hama dan penyakit/ Organisme Penggangu Tumbuhan atau OPT yang mengakibatkan kerugian bagi petani.

Untuk mengantisipasi hal ini, terdapat Program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pertanian sebagai langkah antisipasi dari risiko yang akan dialami oleh petani.

Dari peristiwa jebolnya tanggul kali ingas di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor kemarin tentunya berdampak terendamnya ratusan hektare sawah yang ada di dua kecamatan yakni Kecamatan Kanor dan kecamatan Baureno

Terkait hal ini, Sub Koordinator Pengendalian UPT Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Susana, menyampaikan beberapa wilayah seperti Kecamatan Kanor dan Kecamatan Baureno merupakan wilayah dengan potensi kegagalan panen yang cukup tinggi. Hal ini di sebabkan kedua wilayah tersebut merupakan daerah yang paling dekat dengan Bengawan Solo yang rawan terendam banjir saat musim penghujan. 

"Wilayah Kanor untuk saat ini belum mendaftar, yang sudah itu wilayah Boureno, Untuk AUTP ini permusim tanam, untuk wilayah Bourno terdapat 2472,73 hektar yang sudah terdaftar, yang terdiri 893,53 hektar musim tanam abset dan 1.579,2 musim tanam okmar" jelasnya pada blokBojonegoro.com, Rabu (26/01/2022).

Manfaat dari AUTP yang akan di dapatkan oleh petani ialah bisa mengajukan klaim bilamana terjadi kegagalan panen pada musim tanam yang telah di daftarkan sebelumnya, tentunya mengacu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Dengan membayar 36 ribu per hektare sawah untuk asuransi untuk satu musim tanam, nantinya bisa mengajukan klaim asuransi bila terjadi gagal panen dan akan mendapat ganti senilai 6 juta rupiah, tentunya dengan ketentuan yang berlaku, misalnya gagal panen seperti puso itu, minimal 75 persen kerusakan, baru bisa mengajukan klaim asuransi," ungkapnya.

Koordinator perempuan itu menambahkan, di samping kuotanya terbatas hanya 1 juta pendaftar asuransi untuk seluruh Indonesia, diharapkan program asuransi ini bisa lebih di manfaatkan oleh kelompok tani yang ada di Bojonegoro, seperti halnya kelompok tani lain yang ada di Indonesia yang sudah memanfaatkan program ini.

"Dinas berharap untuk kelompok tani yang kemarin mendapatkan stimulan, yang di daftarkan melalui APBD 2, diharapkan mau melanjutkan secara swadaya (mandiri)," pungkasnya. [mis/lis]

 

 

Tag : Asuransi, panen, banjir



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat