13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Setiap SMK Punya Keunggulan Khas, Tawarkan Lulusan Langsung Kerja dan Berwirausaha

blokbojonegoro.com | Tuesday, 15 March 2022 13:00

Setiap SMK Punya Keunggulan Khas, Tawarkan Lulusan Langsung Kerja dan Berwirausaha Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro dan Tuban, Agung Prijono. (Lizza/blokbojonegoro.com)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Setiap lembaga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jelas memiliki beragam jurusan dengan beragam keunggulan yang menjadi ciri khas masing-masing. Dengan jurusan yang ada, SMK pun terus berupaya berkembang dengan peningkatan pengelolaan.

Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro dan Tuban, Agung Prijono menegaskan, selama setahun terakhir peminat jurusan SMK Negeri maupun Swasta di Bojonegoro relatif.

Artinya, setiap sekolah memiliki keunggulan serta branding untuk membangun kepercayaan masyarakat.

"Peminat jurusan di SMK tidak bisa diklasifikasi, karena setiap sekolah memiliki keunggulan masing-masing," tegas Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro dan Tuban, Agung Prijono.

Selain itu, penting pula penerapan jiwa wirausaha kepada peserta didik. Sehingga lulusan SMK tidak hanya men­jadi pekerja, akan tetapi mem­buka lapangan pekerjaan.

Di antaranya membentuk branding school. Dengan tujuan agar lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu, dari sekolah perlunya mengkondisikan kompetensi keahlian supaya unggul, dan memiliki Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan yang lebih diminati.

"Terutama peran BKK sekolah (Bursa Kerja Khusus). Dan tergantung sekolah mengupayakan, sehingga masyarakat tahu bahwa lembaga pendidikan atau SMK seperti ini," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMK PGRI 2 Bojonegoro, Slamet Tri Prasetya mengungkapkan selama setahun terakhir. Jurusan yang paling banyak diminati oleh masyarakat sekitar di SMK PGRI 2 Bojonegoro, yaitu jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) serta Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) serta Multimedia (MM).

"Ada tiga jurusan yang diminati oleh masyarakat sekitar ketika masuk di SMK PGRI 2. Perkantoran maupun Multimedia, karena prospek kerjanya menjanjikan," ungkap Kepsek SMK PGRI 2.

Usai lulus dari SMK, mayoritas siswa SMK PGRI 2 banyak yang direkrut hasil kerjasama saat magang. Di antaranya Di PT. Sritek Sukoharjo, PT. Kertajasa Nganjuk, PT Pungkook Indonesia One Grobogan, PT. Tupai Adyamas Boyolali dan PT. Kayu Meubel Indonesia Sidoarjo.

"Branding kita durung lulus wes mergawe/sebelum lulus sudah bekerja, 90 persen siswa kami setelah lulus bekerja. Peran BKK di SMK pun sangat berpengaruh besar," tukasnya.

Senada, Kepala SMK Al-Fattah, H. Parjono menyampaikan setahun terakhir jurusan yang banyak diminati masyarakat. Termasuk di SMK Al-Fattah yaitu Teknik Komputer Jaringan, Otomotif dan Akuntansi.

"80 persen dari siswa kami prioritas bekerja. Ada 20 kerjasama dengan perusahaan, diantaranya IDUKA dari PT Pungkook Indonesia One Grobogan, PNM Mekar, Suzuki hingga PT Sritex. Peran penting BKK juga berpengaruh besar terhadap branding school," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

 

Tag : SMK, kasi, jurusan, minat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat