11:00 . Daftar 10 Nama Perempuan Paling Populer di Indonesia, Namamu Ada?   |   10:00 . Kembali Mediasi, Warga Sampaikan Tiga Tuntutan kepada Kades Sumuragung   |   09:00 . Pencanangan GEMAPATAS, Bupati Bojonegoro Siap Dukung Akselerasi PTSL   |   08:00 . Puncak Cap Gomeh, Pemkab Bojonegoro Gelar Parade Lampion dan Barongsai   |   17:00 . Begini Proses Pembuatan Lagunya Sheva Berjudul Kecewa   |   16:00 . Lagu Karya Anak Bojonegoro ini Bisa Dibeli dan Didengarkan di Toko Online Seluruh Dunia   |   10:00 . Berikan Kejutan, PWI Bojonegoro Ucapkan Selamat Ulang Tahun Bupati Anna   |   08:00 . PWI Bojonegoro Gowes Bersama Forkopimda dan Mitra   |   19:00 . Baru Sebulan 42 Remaja di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   18:00 . Setahun, 527 ABG di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   17:00 . Paman: Korban Tiap Main, Selalu Mandi di Sungai   |   16:00 . Jenazah Mrs. X Ditemukan Mengapung di Bengawan Solo   |   15:00 . Mahasiswa Kampus Ungu Hasilkan Ratusan Media Penyuluhan Edukatif, ini Kuncinya...   |   14:30 . EMCL Raih 4 Penghargaan dari Kemendes RI   |   14:00 . Aliran Sungai Pacal Semakin Deras, Pencarian Hari Kedua Terhambat   |  
Sat, 04 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

90 Persen Lulusan SMK di Bojonegoro Memilih Bekerja

blokbojonegoro.com | Tuesday, 08 March 2022 14:00

90 Persen Lulusan SMK di Bojonegoro Memilih Bekerja Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro dan Tuban, Agung Prijono. (Lizza/blokbojonegoro.com)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu jenis pendidikan menengah atas yang menyiapkan calon tenaga kerja sesuai kebutuhan pasar kerja. Tentu yang spesifik pada bidang keahlian tertentu.

Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro dan Tuban, Agung Prijono menegaskan berdasarkan data dari 61 SMK Swasta dan Negeri di Bojonegoro. Sebagian besar 90 persen siswa lulusan SMK memilih bekerja, sementara 10 persen dari mereka memilih melanjutkan di Perguruan Tinggi. 

"Rinciannya 19 SMK Negeri dan 42 SMK Swasta di Bojonegoro, selama dua tahun terakhir cenderung memilih bekerja 90 persen. Detail data penyerapan dunia kerja di BKK sekolah dan Forum BKK Kabupaten Bojonegoro. Sangat beragam, ada yang sesuai kompetensi maupun tidak," papar Agung Prijono. 

Menurutnya, keterampilan yang diperoleh dari sekolah bisa langsung dipraktikan dalam dunia usaha. Setidaknya ada lima jenis keahlian yang dibutuhkan dunia kerja, yaitu teknologi industri, manajemen dan bisnis, kreasi seni, pekerjaan sosial hingga pariwisata.

"Mayoritas dari siswa tersebut yang memilih bekerja rata-rata di luar Kota. Ada yang setelah magang dan lulus direkrut perusahaan," ucapnya. 

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Kepala SMK PGRI 2 Bojonegoro, Slamet Tri Prasetya menyampaikan 2 tahun terakhir, sebanyak 90 persen lulusan SMK banyak yang memilih bekerja dan 10 persen setelah lulus melanjutkan perkuliahan. Di antaranya ada yang bekerja di berbagai perusahaan di luar Kabupaten Bojonegoro. 

"Rata-rata dari mereka direkrut hasil kerjasama saat magang di SMK. Karena memang prioritas SMK setelah lulus bekerja," sambung pria yang menjabat sebagai Kepsek SMK PGRI 2 Bojonegoro. 

Masih menurut Slamet, sebagian dari siswanya bahkan ada yang bekerja di PT. Sritek Kabupaten Sukoharjo dimana bergerak di bidang industri garmen. Serta PT. Kertajasa Kabupaten Nganjuk, bergerak pada industri plastik. 

"Sedangkan siswanya yang melanjutkan di Perguruan Tinggi mayoritas dari mereka menjalani kerjasama di Perguruan Tinggi Bojonegoro, Malang dan Madura. Dari hasil bidik misi maupun SBMPTN," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : SMK, lulusan, kerja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more