18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

90 Persen Lulusan SMK di Bojonegoro Memilih Bekerja

blokbojonegoro.com | Tuesday, 08 March 2022 14:00

90 Persen Lulusan SMK di Bojonegoro Memilih Bekerja Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro dan Tuban, Agung Prijono. (Lizza/blokbojonegoro.com)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu jenis pendidikan menengah atas yang menyiapkan calon tenaga kerja sesuai kebutuhan pasar kerja. Tentu yang spesifik pada bidang keahlian tertentu.

Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro dan Tuban, Agung Prijono menegaskan berdasarkan data dari 61 SMK Swasta dan Negeri di Bojonegoro. Sebagian besar 90 persen siswa lulusan SMK memilih bekerja, sementara 10 persen dari mereka memilih melanjutkan di Perguruan Tinggi. 

"Rinciannya 19 SMK Negeri dan 42 SMK Swasta di Bojonegoro, selama dua tahun terakhir cenderung memilih bekerja 90 persen. Detail data penyerapan dunia kerja di BKK sekolah dan Forum BKK Kabupaten Bojonegoro. Sangat beragam, ada yang sesuai kompetensi maupun tidak," papar Agung Prijono. 

Menurutnya, keterampilan yang diperoleh dari sekolah bisa langsung dipraktikan dalam dunia usaha. Setidaknya ada lima jenis keahlian yang dibutuhkan dunia kerja, yaitu teknologi industri, manajemen dan bisnis, kreasi seni, pekerjaan sosial hingga pariwisata.

"Mayoritas dari siswa tersebut yang memilih bekerja rata-rata di luar Kota. Ada yang setelah magang dan lulus direkrut perusahaan," ucapnya. 

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Kepala SMK PGRI 2 Bojonegoro, Slamet Tri Prasetya menyampaikan 2 tahun terakhir, sebanyak 90 persen lulusan SMK banyak yang memilih bekerja dan 10 persen setelah lulus melanjutkan perkuliahan. Di antaranya ada yang bekerja di berbagai perusahaan di luar Kabupaten Bojonegoro. 

"Rata-rata dari mereka direkrut hasil kerjasama saat magang di SMK. Karena memang prioritas SMK setelah lulus bekerja," sambung pria yang menjabat sebagai Kepsek SMK PGRI 2 Bojonegoro. 

Masih menurut Slamet, sebagian dari siswanya bahkan ada yang bekerja di PT. Sritek Kabupaten Sukoharjo dimana bergerak di bidang industri garmen. Serta PT. Kertajasa Kabupaten Nganjuk, bergerak pada industri plastik. 

"Sedangkan siswanya yang melanjutkan di Perguruan Tinggi mayoritas dari mereka menjalani kerjasama di Perguruan Tinggi Bojonegoro, Malang dan Madura. Dari hasil bidik misi maupun SBMPTN," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : SMK, lulusan, kerja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat