15:00 . Anggota Panwaslu Tingkat Kecamatan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   14:00 . Sah! Sukirno Nakhodai Elang Bengawan Rescue Bojonegoro Masa Bhakti 2024-2026   |   13:00 . Matsagabo Gelar Haflah Akhirussanah dan Wisuda Purna Siswa ke-29   |   08:00 . Pilkada Bojonegoro 2024: Gerindra Jatim Tunjuk Sahudi sebagai Wakil Anna Muawanah   |   16:00 . Hendak Jumatan, Seorang Jamaah Haji Asal Bojonegoro Wafat di Masjidil Haram   |   09:00 . WR III Unugiri Tekankan Hal Ini Saat Acara Pekan Prestasi Mahasiswa   |   20:00 . Maju Pilbub Bojonegoro 2024, Segini Dana yang Perlu Disiapkan   |   19:00 . EMCL dan GP Ansor Sinergi Bangun Infrastruktur Desa   |   18:00 . Silon Dibuka Kembali, Bapaslon Nurul-Nafik Yakin Berkas Dukungan Melebihi Persyaratan   |   17:00 . Dua Putri Unugiri Juara 1 Lomba Puisi Tingkat Nasional   |   12:00 . Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%   |   11:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar PERBUMIS   |   10:00 . Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pariwisata, Pemkab Bojonegoro Gelar Uji Kompetensi Tour Management   |   09:00 . Inilah Ketentuan Iuran Sistem KRIS Pengganti Kelas BPJS Kesehatan 2024   |   08:00 . Legalitas NIB Hingga Sertifikasi Halal Permudah UMKM Lebarkan Sayap   |  
Sun, 26 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kerap Mengalami Leher Kaku? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Tepat di Sini

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 March 2022 07:00

Kerap Mengalami Leher Kaku? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Tepat di Sini


Reporter: -

blokBojonegoro.com - Untuk banyak orang, mengalami leher kaku mungkin adalah hal yang biasa. Meski demikian, Anda wajib paham benar apa yang jadi penyebab atau pemicunya, serta bagaimana cara mengatasi leher kaku dengan tepat. Sederhana, agar keluhan ini tak berkepanjangan dan tak menjadi masalah lebih besar.

Sakit leher sendiri biasanya bertahan cukup lama, dan jika tidak diatasi bisa menjalar ke beberapa bagian tubuh lain dan menyebabkan keluhan yang lebih mengganggu. Maka dari itu, wajib ditangani dengan baik dan cepat, agar segera pulih dan tidak mengganggu aktivitas.

Apa Saja Penyebabnya?

Secara umum sakit leher atau leher kaku akan disebabkan karena kurang lancarnya aliran darah pada bagian ini. Selain itu, cedera ringan juga bisa memicu terjadinya leher kaku. Pemicu lain mungkin adalah posisi yang salah saat duduk atau beraktivitas.

Lebih detail simak poin berikut ini.

1. Cedera Ringan

Penyebab paling sederhana mungkin adalah cedera ringan berupa kejang otot. Hal in terjadi karena postur tubuh yang buruk saat beraktivitas, atau aktivitas fisik terlalu berat yang dilakukan.

2. Cedera Whiplash

Disebut demikian karena terjadi saat kepala dan leher tersentak secara tiba-tiba ke arah depan dan belakang. Hal ini akan membuat jaringan lunak pada leher dan tulang belakang tertarik, dan mengalami kerusakan.

3. Arthritis

Kondisi ini menyebabkan bantalan tulang rawan di antara ruas-ruas tulang belakang terkikis sehingga gesekan yang terjadi lebih terasa dan memicu rasa nyeri atau kaku pada bagian leher.

4. Meningitis

Leher kaku dan sakit juga bisa disebabkan oleh meningitis, yakni peradangan cairan dan membran yang mengelilingi otak dan tulang belakang.

5. Stres Berlebihan

Salah satu penyebab leher kaku dan terasa sakit lainnya adalah stres berlebih. Seperti mungkin sudah Anda tebak, stres memang bisa memicu berbagai kondisi kesehatan berbeda yang berdampak buruk bagi kesehatan.

6. Gangguan Degeneratif

Gangguan ini biasanya terkait dengan proses penuaan, seperti masalah sendi, tulang belakang, otot, atau bagian dari leher. Bisa disebabkan oleh kondisi alami atau kelainan.

Lalu Bagaimana Mengatasinya?

Untuk mengatasinya sendiri terdapat beberapa cara yang dinilai ampuh. Namun guna mengatasi keluhan ini untuk jangka panjang, konsistensi dan disiplin perlu dimiliki.

- Obat pereda rasa nyeri, bisa membantu mengurangi rasa nyeri untuk jangka pendek.

- Terapi fisik yang konsisten dan terarah bisa membantu mengurangi keluhan leher kaku atau sakit leher.

- Melakukan operasi, jelas sesuai dengan rekomendasi dokter terkait setelah dilakukan observasi mendalam dan pertimbangan matang.

- Mengompresnya, baik dengan kompres dingin atau hangat, leher kaku bisa terasa lebih rileks.

- Melakukan peregangan rutin, sebaiknya berdasarkan arahan dari ahli kebugaran atau terapis, sehingga peregangan yang dilakukan bisa lebih terarah.

Sedikit informasi terkait keluhan leher kaku dan sakit leher di atas semoga bisa jadi informasi yang berguna untuk Anda. Selamat beraktivitas, dan semoga selalu sehat!

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat