16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh jika Terlalu Banyak Bekerja, Segera Sadari!

blokbojonegoro.com | Monday, 28 March 2022 07:00

5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh jika Terlalu Banyak Bekerja, Segera Sadari!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Pernahkah Anda merasa bekerja lebih lama daripada sebelum pandemi meskipun semua tugas dikerjakan di rumah? Itu wajar karena ketika kita bekerja di rumah, semua batas yang biasa diterapkan di kantor seperti batasan jam kerja dan waktu istirahat menjadi tidak jelas

Dan dengan kasus Omicron yang masih tinggi, staf yang tidak terinfeksi harus bekerja lebih keras untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh rekan kerja yang positif COVID-19.

Melansir dari CNA lifestyle banyak dokter telah melakukan pengamatan pada pasien yang jatuh sakit akibat terlalu banyak bekerja selama pandemi.

Salah satu ahli yang melakukan penelitian tersebut adalah Dr Lim John Wah, seorang konsultan senior di Departemen Kedokteran dan Lingkungan Rumah Sakit Umum Singapura.

“Pekerjaan cenderung didelegasikan kepada karyawan yang tersisa, yang terpaksa bekerja lembur di kantor atau membawa pekerjaan ke rumah,” katanya.

“Beberapa mungkin merasa tidak cukup waktu dalam sehari untuk menyelesaikan tugas. Mereka tidak mampu untuk menyelesaikan daftar tugas dan mereka merasa seperti tidak pernah mampu mengikuti arus pekerjaan tambahan yang konstan,” kata Dr Lim.

Dokter lain seperti Dr. Shimona Khoo dari Raffles Medical juga telah memperhatikan bahwa akhir-akhir ini telah terjadi peningkatan jumlah pasien dengan gejala yang menunjukkan kelelahan karena terlalu banyak bekerja.

“Keluhan dan tanda umum termasuk kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk, perasaan terkuras secara emosional, suasana hati yang buruk, dan peningkatan iritabilitas,” kata Dr Khoo.

“Ditambah dengan isolasi fisik, dengan sedikit atau tanpa interaksi dengan teman sebaya dan rekan kerja, tidak mengherankan bahwa kesehatan fisik dan mental seseorang dapat memburuk dari waktu ke waktu,” sambungnya.

Lalu, seberapa berbahaya bekerja berlebihan bagi kesehatan tubuh?

Menurut sebuah makalah bersama yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan Organisasi Buruh Internasional pada tahun 2021, tiga perempat juta orang di seluruh dunia meninggal karena penyakit jantung iskemik dan stroke yang disebabkan oleh jam kerja yang panjang, lebih dari 55 jam per minggu.

Lebih jelasnya, inilah 5 hal yang dapat terjadi tubuh ketika Anda terlalu banyak bekerja:

1. Tidak Bisa Tidur Nyenyak

 Tidur yang cukup dan nyenyak minimal tujuh jam setiap malam pastinya akan membuat Anda merasa lebih segar dan bisa produktif dari pagi siang hari.

Namun, jika terlalu banyak bekerja dan sering begadang akan sulit untuk mendapatkan kembali jam tidur yang berkualitas. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Karena itu, sebaiknya tetap usahakan tidur selama 7 jam setiap malam. Saat pekerjaan selesai, segera tinggalkan ruang kerja dan matikan semua perangkat yang berhubungan dengan pekerjaan.

2. Sistem Pembuluh Darah Rusak

Hormon stres yang terus dipompa oleh tubuh Anda akibat terlalu banyak bekerja dapat merusak sistem pembuluh darah Anda dan memengaruhi jantung dan otak.

3. Sistem Kekebalan Tubuh Akan Melemah

Terkena paparan radiasi gadget seperti laptop dan smart phone secara terus-menerus dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dan di masa COVID-19 ini, itu sama sekali bukan kabar baik.

4. Sistem Pencernaan Juga Akan Terganggu

Jika sudah terlalu sibuk bekerja, orang-orang cenderung akan melewatkan waktu makan. Waktu makan yang tidak teratur dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Orang yang pola makannya tidak teratur tentunya akan mudah mual. kembung, lemas dan sering merasakan pusing atau sakit kepala.

5. Otot-otot Menegang

Sering membungkuk di atas keyboard tidak baik untuk otot dan persendian.

“Stres kronis akibat terlalu banyak bekerja menyebabkan otot kita tegang, mengakibatkan nyeri di bahu, leher, dan punggung,” kata Dr Khoo.

Itulah 5 hal yang dapat terjadi tubuh ketika Anda terlalu banyak bekerja. Menyelesaikan pekerjaan memang sudah menjadi kewajiban, tapi jangan sampai mengabaikan kesehatan tubuh.

Buat batasan sendiri kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat dan jangan langgar batasan itu meskipun bekerja dari rumah.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, pekerjaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat