12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |   15:00 . Satu Data Bojonegoro Bisa Menjadi Rujukan Jurnalis dan Peneliti   |   13:00 . Channel Kisah Tanah Jawa Kuak Sejarah dan Kemistisan Jembatan Kaliketek   |   09:00 . Semua Di-handle Teknologi, Tugas Pelajar Apa?   |   07:00 . 4 Manfaat Jika Kita Peduli Terhadap Keadaan Orang Lain   |   23:00 . Diduga Ngantuk Saat Hujan Deras, Sopir Truk Tabrak Portal Jalan   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ops. Ketupat Semeru Tahun 2022

Pengendara Dipasang Janur Kuning, Ada Apa?

blokbojonegoro.com | Thursday, 21 April 2022 17:00

Pengendara Dipasang Janur Kuning, Ada Apa?

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Bagi pengendara yang tidak mematuhi aturan lalu lintas, saat ini Satlantas Polres Bojonegoro akan memasangkan Janur Kuning di kendaraan kalian. Mengapa dipasang Janur Kuning?

Ternyata usut punya usut janur kuning tersebut sebagai tanda teguran bahwasanya pengendara tersebut telah melanggar lalu lintas menjelang Ops. Ketupat Semeru 2022.

Kepala Unit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polres Bojonegoro, IPDA M. Imam Wahyudi mengatakan pemasangan janur kuning tersebut merupakan bentuk teguran kepada pengguna jalan yang melanggar lalu lintas pada masa menjelang Ops. Ketupat Semeru 2022.

"Itu merupakan inovasi dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim, dalam rangka mewujudkan keamanan dalam berlalu lintas menjelang masa libur Lebaran," ungkapnya.

Janur kuning akan dipasangkan pada pengendara yang melanggar beberapa aturan seperti, pengendara motor yang berbonceng lebih dari dua orang, muatan kendaraan yang melebihi kapasitas, tidak menggunakan helm, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan tersebut, Kanit Kamsel memasang janur kuning sekaligus memberikan himbauan kepada pengemudi untuk tetap mematuhi aturan berlalu lintas, guna meminimalisir terjadinya kecelakaan serta menghimbau untuk selalu menggunakan safety belt sebagai alat keselamatan saat berkendara, sehingga dapat menciptakan rasa aman dan sekaligus menekan tingkat fatalitas yang disebabkan apabila terjadi kecelakaan.

"Dengan begitu kita berharap dapat mengurangi pelanggar lalu lintas, dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya," kata IPDA Imam.

Dalam budaya jawa sendiri Janur Kuning dimaknai sebagai simbol kebahagiaan atau keselamatan bersama. Sedangkan menurut filosofinya yaitu Jan berasal dari kata Jannah yang berarti syurga, Nur yang berarti Cahaya, dan Kuning memiliki arti Suci.

"Sehingga berarti Cahaya Syurga yang Suci bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 2022," pungkasnya. [riz/ito]

 

Tag : Satlantas, Polres, Bojonegoro, ops, mudik, lebaran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat