21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |   11:00 . Pengguna Jalan Dihimbau Pilih Jalur Alternatif   |   10:00 . Jalan Nasional Bojonegoro-Babat Terendam Banjir, Macet Mengular   |   09:00 . Kolaborasi Stakeholder, Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemenkes   |   21:00 . Malam Ini Debit Air Waduk Pacal dan Bengawan Solo Meningkat   |   20:00 . Inisiasi Pengembangan Vinglish Melalui Riset   |   19:00 . Live : Bojonegoro Fashion Street and Veggie   |   18:00 . Pahlawan Perjuangan di Bojonegoro, Abadi Dalam Nama Jalan dan Fasum   |   17:00 . Aneka Olahan Jambu dan Mawar Desa Kalangan Juga Dipamerkan di Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie   |  
Sun, 27 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tangkal Radikalisasi, MUI Jaring 1000 Da'i Pelajar

blokbojonegoro.com | Sunday, 10 April 2022 14:00

Tangkal Radikalisasi, MUI Jaring 1000 Da'i Pelajar Para da'i pelajar khusuk mendengarkan materi. (Anang/blokbojonegoro)

Reporter: M. Anang Febri 

blokBojonegoro.com - Saat ini paham radikalisasi seringkali menghantui kedamaian di Indonesia. Hal ini patut diantisipasi sejak dini, untuk itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bojonegoro memberi bekal landasan agama kepada 1000 calon da'i-da'iyah dengan pelatihan dan pembinaan bertahap sesuai area wilayah.

Kegiatan bertajuk pelatihan 1000 da'i ini dengan sasaran pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) Negeri maupun swasta se-Kabupaten Bojonegoro.

Pelatihan da'i angkatan pertama, dilangsungkan di 2 tempat di jantung Kota Bojonegoro. Tepatnya di SMK Negeri 2 Bojonegoro dan SMA Negeri 2 Bojonegoro, selama dua hari. Mulai Sabtu 9 April 2022 hingga Minggu 10 April 2022 sore ini.

"Acara ini dalam rangka nencetak pelajar kita untuk betul-betul mengamalkan agama secara Rahmatan Lil Alamin dan moderat. Di samping untuk dirinya sendiri, juga bisa menjadi tauladan untuk menggerakan temannya, untuk menjadi umat beragama yang baik," ungkap Muslih Fatah, Kepala Bidang Pendidikan MUI Bojonegoro.

Pihaknya menambahkan, angkatan pelatihaxn da'i selanjutnya bakal digelar di wilayah timur dan barat Bojonegoro. Rencananya berlokasi di wilayah Sumberrejo atau Baureno di wilayah timur, dan Kecamatan Padangan di wilayah barat.

Dengan begitu, diharapkan para pelajar akan menjadi anak-anak yang militan dalam mengamalkan agama, serta tidak terpapar radikalisme.

Ketua MUI Bojonegoro, Alamul Huda mengungkapkan tujuan diadakan pelatihan Da’i pelajar ini supaya mencegah paham radikalisme dikalangan para pelajar khususnya pelajar yang berada di Kabupaten Bojonegoro.

"Kita tahu dengan kemajuan teknologi dan informasi sekarang ini para pelajar dapat dengan mudah terpengaruh. Sehingga dengan diadakannya pelatihan da’i pelajar ini, kita bisa mencegah paham radikalisme di kalangan para generasi penerus bangsa," tegas Ketua MUI Bojonegoro.

Dalam pelatihan da’i pelajar ini, MUI Bojonegoro juga mengundang Narasumber dari Polres Bojonegoro, Kodim Bojonegoro serta Da’i Kamtibmas. Sejumlah materi, mulai dari permasalahan pemuda masa kini, mengenal Islam secara Rahmatan Lil Alamin, bahaya intoleransi dan radikalisme, hingga manajemen dakwah disampaikan Narasumber untuk bekal para da'i pelajar. [feb/lis]

Tag : pelatihan, dai, pelajar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat