07:00 . 19 Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi   |   23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |   18:00 . Benarkah Pedagang Pasar Wisata Akan Ditarik Iuran Rp200 Ribu?   |   16:00 . Angka Partisipasi Daftar PPS Tinggi, KPU Provinsi Jatim Beri Apresiasi   |   15:00 . Healing Budget Minimalis, Nikmati Kopi Senja di Flyover Gayam   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berikut Beberapa Tips Mudik agar Perjalanan jadi Aman dan Sehat

blokbojonegoro.com | Saturday, 07 May 2022 11:00

Berikut Beberapa Tips Mudik agar Perjalanan jadi Aman dan Sehat Kendaraan melintas di Jalan Ahmad Yani Bojonegoro. (Foto: blokBojonegoro.com/Rizki)

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Sebanyak kurang lebih 79.4 juta orang diperkirakan akan mudik pada tahun 2022, hal tersebut merupakan hasil survei dari Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dari angka tersebut, sekitar 40 juta pemudik diprediksi akan menggunakan kendaraan pribadi, meliputi 23 juta menggunakan mobil dan 17 juta menggunakan sepeda motor.

Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk melakukan sejumlah persiapan, sehingga bisa tiba di kampung halaman dengan lancar dan selamat, apapun moda transportasi yang digunakan.

Cek Kondisi Kendaraan

Kasat Lantas Polres Bojonegoro melalui Kanit Laka Satlantas, IPDA Ahmad Adhi Kiswanto mengatakan, apabila Anda mudik menggunakan mobil pribadi, maka pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk mudik.

"Hal ini diperlukan agar Anda dan keluarga aman selama perjalanan mudik ke kampung halaman," ungkapnya.

Patuhi Rambu dan Aturan Lalu Lintas

Mematuhi rambu lalu lintas merupakan salah satu tips mudik dengan mobil yang harus ditaati. Mematuhi rambu-rambu dan aturan lalu lintas, berguna untuk menjaga keselamatan diri sendiri atau orang lain.

"Dengan mematuhi rambu lalu lintas, maka perjalanan akan menjadi lebih lancar," ujar IPDA Adhi.

Berkendara dengan Baik

Tips mudik dengan mobil yaitu pastikan berkendara dengan baik, seperti jaga jarak aman dengan kendaraan lain, menyalip dari arah kanan, dan pahami situasi saat berkendara.

"Berkendara dengan baik bisa menjaga keselamatan kita dan orang lain selama perjalanan mudik," pesannya.

Cek Rute Perjalanan

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya untuk mengecek rute perjalanan. Tips mudik ini sangat disarankan untuk pemudik yang pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi. Dengan mengecek rute perjalanan terlebih dahulu, berguna untuk meminimalisir salah jalan saat mudik.

"Selain mengecek rute perjalanan, pastikan juga mencatat lokasi fasilitas kesehatan terdekat dan fasilitan umum lain yang dibutuhkan selama perjalanan seperti tempat ibadah, rest area, dan SPBU," lanjutnya.

Istirahat sebelum Berangkat

Sebelum berangkat mudik, pastikan mencukupi kebutuhan istirahat. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama mudik. Pasalnya, mudik memerlukan waktu yang tidak sebentar sehingga kondisi tubuh harus fit agar perjalanan tidak terhambat dan Anda tidak mudah lebih lelah.

Beristirahat jika lelah

Pemudik yang naik kendaraan pribadi wajib beristirahat dalam jangka waktu tertentu. Pengemudi wajib beristirahat sekitar 30 menit usai mengendarai mobil selama tiga jam.

"Pada waktu istirahat tersebut, pengemudi wajib melakukan peregangan. Dan Menyisihkan waktu tiga menit untuk stretching (peregangan)," pungkas IPDA Adhi. [riz/ito]

Tag : tips, mudik, lebaran, satlantas, polres, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more