19:00 . Gandeng Lakpesdam NU, Kominfo Dorong Masyarakat Cakap Literasi Digital   |   17:00 . Makam Diduga untuk Ritual Pesugihan Dibongkar, Isinya Mengejutkan   |   16:00 . 295 WBP Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan, 6 Napi Langsung Bebas   |   15:00 . DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis   |   13:00 . 49 SMA di Bojonegoro Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka   |   09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berikut Beberapa Tips Mudik agar Perjalanan jadi Aman dan Sehat

blokbojonegoro.com | Saturday, 07 May 2022 11:00

Berikut Beberapa Tips Mudik agar Perjalanan jadi Aman dan Sehat Kendaraan melintas di Jalan Ahmad Yani Bojonegoro. (Foto: blokBojonegoro.com/Rizki)

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Sebanyak kurang lebih 79.4 juta orang diperkirakan akan mudik pada tahun 2022, hal tersebut merupakan hasil survei dari Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dari angka tersebut, sekitar 40 juta pemudik diprediksi akan menggunakan kendaraan pribadi, meliputi 23 juta menggunakan mobil dan 17 juta menggunakan sepeda motor.

Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk melakukan sejumlah persiapan, sehingga bisa tiba di kampung halaman dengan lancar dan selamat, apapun moda transportasi yang digunakan.

Cek Kondisi Kendaraan

Kasat Lantas Polres Bojonegoro melalui Kanit Laka Satlantas, IPDA Ahmad Adhi Kiswanto mengatakan, apabila Anda mudik menggunakan mobil pribadi, maka pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk mudik.

"Hal ini diperlukan agar Anda dan keluarga aman selama perjalanan mudik ke kampung halaman," ungkapnya.

Patuhi Rambu dan Aturan Lalu Lintas

Mematuhi rambu lalu lintas merupakan salah satu tips mudik dengan mobil yang harus ditaati. Mematuhi rambu-rambu dan aturan lalu lintas, berguna untuk menjaga keselamatan diri sendiri atau orang lain.

"Dengan mematuhi rambu lalu lintas, maka perjalanan akan menjadi lebih lancar," ujar IPDA Adhi.

Berkendara dengan Baik

Tips mudik dengan mobil yaitu pastikan berkendara dengan baik, seperti jaga jarak aman dengan kendaraan lain, menyalip dari arah kanan, dan pahami situasi saat berkendara.

"Berkendara dengan baik bisa menjaga keselamatan kita dan orang lain selama perjalanan mudik," pesannya.

Cek Rute Perjalanan

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya untuk mengecek rute perjalanan. Tips mudik ini sangat disarankan untuk pemudik yang pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi. Dengan mengecek rute perjalanan terlebih dahulu, berguna untuk meminimalisir salah jalan saat mudik.

"Selain mengecek rute perjalanan, pastikan juga mencatat lokasi fasilitas kesehatan terdekat dan fasilitan umum lain yang dibutuhkan selama perjalanan seperti tempat ibadah, rest area, dan SPBU," lanjutnya.

Istirahat sebelum Berangkat

Sebelum berangkat mudik, pastikan mencukupi kebutuhan istirahat. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama mudik. Pasalnya, mudik memerlukan waktu yang tidak sebentar sehingga kondisi tubuh harus fit agar perjalanan tidak terhambat dan Anda tidak mudah lebih lelah.

Beristirahat jika lelah

Pemudik yang naik kendaraan pribadi wajib beristirahat dalam jangka waktu tertentu. Pengemudi wajib beristirahat sekitar 30 menit usai mengendarai mobil selama tiga jam.

"Pada waktu istirahat tersebut, pengemudi wajib melakukan peregangan. Dan Menyisihkan waktu tiga menit untuk stretching (peregangan)," pungkas IPDA Adhi. [riz/ito]

Tag : tips, mudik, lebaran, satlantas, polres, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat