07:00 . 4 Tips agar Emosi Kamu Tetap Stabil ketika Sedang Dipuji   |   21:00 . Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah, Bupati Anna: Ini Bagian Doa Kita   |   20:00 . Parkir Mobil Sampai di MH Thamrin   |   19:30 . Ribuan Syekher Mania Sudah Memadati Alun-alun Bojonegoro   |   19:00 . Live: Bojonegoro Bersholawat Bareng Habib Syekh   |   18:30 . Kondisi Alun-alun Bojonegoro Jelang Sholawat Bareng Habib Syekh   |   18:00 . Sholat di Tengah Kerumunan Menunggu Sholawat Bareng Habib Syekh   |   17:30 . Ratusan Banser Siap Amankan Bojonegoro Bersholawat   |   17:00 . Tips Anak Tak Hilang Saat Keramaian   |   16:00 . Jemaah Haji Bojonegoro Kloter 3 Dapat Pengecekan Kesehatan   |   15:30 . Berikut Titik Lokasi Parkir Gratis BojonegoroBersholawat   |   15:00 . Persiapan Jelang Bojonegoro Bersholawat Bersama Habib Syekh   |   14:00 . Suhu Arab Saudi 44° Celcius, Jemaah Haji Bojonegoro Dipastikan Tetap Sehat   |   13:00 . Eksebisi e-Sport Raih Perunggu, Prospek Positif untuk Olahraga Bagi Bojonegoro   |   07:00 . Sering Dianggap sebagai Kelemahan, Menangis Sebenarnya Baik untuk Kesehatan, lho!   |  
Tue, 28 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Sunday, 22 May 2022 08:00

Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro Humas Pemkab untuk blokBojonegoro.com

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro merupakan penghasil Tembakau Virginia kualitas terbaik di Indonesia. Juga telah lama dikenal sebagai tembakau terbaik di dunia. 

Hijaunya daun Tembakau Virginia dapat dilihat antara bulan Mei hingga Oktober. Keunggulan Tembakau Virginia yakni dari warna rajangan cerah, rendemen yang tinggi dan aroma cita rasa yang begitu khas.

Cakrawala pagi berselimutkan kabut menyambut kehadiran Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah bersama sekelompok petani di area pembibitan pematang sawah Desa Drokilo Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro. 

Di awal musim tanam ini, Bupati Anna turut menyerahkan sejumlah bibit tanaman tembakau jenis Virginia kepada perwakilan kelompok tani yang terdiri dari Kecamatan Kedungadem, Sugihwaras, Kepohbaru dan Temayang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian, Helmi Elisabeth menyampaikan, penyerahan bantuan bibit tembakau virginia kepada dulur-dulur petani tembakau ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Bojonegoro, untuk meringankan beban petani dalam memperoleh bibit tembakau. Khususnya jenis Virginia. 

Luasan areal lahan tanaman tembakau di Bojonegoro menurut Helmi, kurang lebih seluas 11.000 hektare dengan jenis tembakau terbanyak yaitu Virginia seperti yang terdapat di Kecamatan Kedungadem. "Selain jenis Virginia, ada juga jenis tembakau jawa yang banyak ditanam petani di wilayah Kecamatan Temayang," tutur Helmi.

Kemudian, di area pembibitan Tembakau Virginia Desa Drokilo yang dikembangkan oleh Hamid tersebut, sebanyak 618 bedengan dan sebagian kecil ada juga tembakau jenis jawa. Dari jumlah volume benih tembakau yang ditanam seberat 2,5 kilogram bibit yang bisa mencakup area 750 hektare. 

"Sehingga dapat dimanfaatkan lebih dari 1000 petani, sehingga untuk distribusi akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan umur bibit tembakau. Program ini tentunya sangat baik karena Bojonegoro dikenal sebagai penghasil tembakau," jelasnya. 

Sementara itu, Bupati Anna menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Hamid yang telah menginisiasi, sekaligus membantu Pemkab Bojonegoro atas pembibitan tembakau jenis Jawa. Maupun Virginia yang nantinya akan diperbantukan kepada dulur-dulur tani di Bojonegoro. 

"Program pembibitan dan penyerahan bantuan bibit tembakau ini sudah yang kedua kalinya. Di tahun 2021 kemarin Pemkab Bojonegoro juga telah menyalurkan bibit tembakau jenis jawa kepada petani di Kecamatan Temayang," sambungnya. 

Hasilnya juga sangat memuaskan. Nantinya, Pemkab Bojonegoro akan selalu memberikan yang terbaik kepada dulur-dulur tani. "Tetap selalu bersyukur dan semoga mendapatkan keberkahan," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : petani, tembakau, virginia



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat