18:00 . Rangkaian HAB Kemenag, Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Bareng Kemenag   |   14:00 . Polres Bojonegoro Bakal Gelar Operasi Pekan Depan, Ini Sasarannya!   |   12:00 . Berjalan Alot, Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kabupaten di Bojonegoro Makan Waktu 5 Hari   |   11:00 . Operasi Keselamatan 2024, Kapolres: Patuhi Aturan Lalu Lintas   |   09:00 . Jalan Bergelombang Kota Migas Makan Korban Truk Permen   |   18:00 . Bawaslu Bojonegoro Temukan Dugaan Pergeseran Suara di 120 TPS   |   16:00 . Suara Abdullah Umar Meroket, Potensi Kembali Duduki Ketua DPRD Bojonegoro   |   13:00 . Jumat Ceria, Polsek Kedungadem Baksos Kunjungi Rumah-Rumah   |   13:00 . Jalan Gelombang, Truk Muatan Permen Terguling   |   22:00 . KPU Bojonegoro Selesaikan Rekapitulasi Suara Pemilu   |   21:00 . Buat Acara Ngak Ribet, di D'Konco Cafe Saja   |   20:00 . Mama-Mama Ceria, Arisan di D'Konco Cafe   |   18:00 . Kocak! Bawa Jimat Anti Tilang, Pemotor di Bojonegoro Tetap Ditilang Polisi   |   15:00 . Kepala dan Sekretaris BPBD Bojonegoro Dimutasi, Ini Penggantinya!   |   13:00 . 28 Pejabat Administrator di Pemkab Bojonegoro Dimutasi, Ini Daftarnya!   |  
Sat, 02 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Nakes Wisma Indah Raih Penghargaan Sanitasi Lingkungan Terbaik se-Jawa Timur

blokbojonegoro.com | Friday, 15 July 2022 13:00

Nakes Wisma Indah Raih Penghargaan Sanitasi Lingkungan Terbaik se-Jawa Timur

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Prestasi membanggakan diraih tenaga sanitarian Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro, Azizah Mizan, yang mendapatkan penghargaan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. 

Penghargaan tersebut juga diberikan kepada tenaga kesehatan dengan beragam profesi, diantaranya dokter gigi, dokter umum, sanitasi lingkungan, perawat dan bidan, hingga ATLM terbaik yang telah terseleksi dari perwakilan Kabupaten/Kota di Jawa Timur. 

Sanitarian Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro, Azizah Mizan mengungkap rasa haru dan bersyukur saat mengetahui menjadi juara pertama Nakes teladan kategori sanitasi lingkungan, sebagai perwakilan Kabupaten Bojonegoro, di Provinsi Jawa Timur. 

Singkat cerita, menurut penuturan Azizah, mulanya setiap Kabupaten/Kota mengirim satu Nakes untuk mengikuti seleksi Nakes teladan sesuai profesi masing-masing. Usai mengikuti serangkaian seleksi mulai dari pengiriman curicculum vitae dan proposal inovasi, Azizah berhak mewakili Kabupaten Bojonegoro di Provinsi Jawa Timur. 

"Ada 9 nominator per profesi kemudian diambil 5 besar untuk maju di Provinsi Jawa Timur," ungkap Alumnus Poltekkes Kemenkes Surabaya ini.

Dikatakan Azizah, inovasi yang ia sampaikan berupa Kader UKS Beraksi atau kader bersama awasi kantin sekolah, sehat, aman dan bergizi. Yang dibentuk dari perwakilan Kader Tiwisada sekolah, diambil sampel dari beberapa SD dan SMP yang ada di wilayah kerja Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro. 

"Ada 17 SD dan 10 SMP, setiap sekolah perwakilan 3 anak diajarkan untuk membedakan makanan sehat dan tidak sehat, bahan dan kandungan makanan yang diolah," tuturnya. 

Selain membedakan antara makanan segar dan tidak yang sudah terceklis dari kantin sekolah, hingga kandungan bahan berbahaya pengolahan makanan, apabila ditemukan atau dicurigai mengandung pengawet, maka pengawasan dari pihak eksternal dan internal, akan mengirimkan sampel makanan tersebut ke puskesmas. 

"Selain itu, juga terkait fasilitas yang ada di kantin sekolah, mulai dari sanitasi (tempat sampah, air bersih untuk masak dan cuci piring, sarana cuci piring, etalase makanan)," ucap Wanita asal Desa Palang, Tuban kepada blokBojonegoro. 

Usai dinyatakan sebagai Juara pertama nakes berprestasi bidang sanitasi lingkungan, tingkat Provinsi Jawa Timur, kini Sanitarian Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro, tengah menyiapkan penyempurnaan seleksi tingkat Nasional sebagai perwakilan Jawa Timur. 

"Persiapannya hampir sama, hanya penyempurnaan saja, dari segi pemaparan dan perkembangan, karena programnya juga sudah lama hanya terkendala di tahun 2021 karena pandemi," pungkasnya. [liz/mu]

 

BACA BERITA blokBojonegoro.com SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

 

 

Tag : Puskesmas wisma indah bojonegoro, Penghargaan Sanitasi Lingkungan Terbaik se-Jawa Timur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat