23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |   18:00 . Benarkah Pedagang Pasar Wisata Akan Ditarik Iuran Rp200 Ribu?   |   16:00 . Angka Partisipasi Daftar PPS Tinggi, KPU Provinsi Jatim Beri Apresiasi   |   15:00 . Healing Budget Minimalis, Nikmati Kopi Senja di Flyover Gayam   |   14:00 . Kiai Afifuddin Muhajir: Piagam PBB dalam Bingkai Syariat; Serial Halaqah Fikih Peradaban Lirboyo   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Seniman Bojonegoro Ikuti Pameran Kaligrafi Internasional di India

blokbojonegoro.com | Friday, 15 July 2022 19:00

Seniman Bojonegoro Ikuti Pameran Kaligrafi Internasional di India

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Seniman kaligrafi asal Desa Sobontoro, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengikuti pameran kaligrafi internasional di India, dia adalah seorang guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Attanwir Bojonegoro yaitu Muhammad Nur Masruchin (35).

Menurutnya, dia mengikuti ajang pameran Internasional berawal dari iseng, dan sebelumnya tidak ada niatan untuk mengikuti pameran yang diikuti seniman dari 40 Negara yang ada di Dunia itu. Total peserta pameran virtual itu sekitar 600 senimanm

“Mulanya dari teman-teman kaligrafer juga yang memberi info, ada pameran di India gitu. Pada saat itu, batas waktu tinggal beberapa hari dan saya reflek langsung sangat tertarik dan langsung mengikuti. Mengikuti panduan dari teman, langsung kirim karya, selang beberapa hari ternyata lulus seleksi dan bisa ikut pameran,” ungkap pria kelairan tahun 1987 ini.

Bukan sekadar mengikuti, ternyata dia mendapatkan penghargaan sebagai Kaligrafi Quran ke-2 Indonesia Pameran Virtual, dengan begitu dia mengaku sangat senang atas penghargaan tersebut.

“Alhamdulillah, saya begitu senang yang luar biasa atas penghargaan tersebut, meski penghargaan hanya berupa ucapan tetapi hal tersebut, bisa membuat semangat saya untuk terus berkarya,” jelasnya, Jumat (15/7/2022).

Masruchin mengirimkan satu buah karya kaligrafi yang bertuliskan lafadz "Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban" yang bermakna "Maka nikmat Tuhan mana lagi yang engkau (manusia) dustakan", dengan berlatar belakang langit, akar dan pohon.

“Yang saya buat yaitu kaligrafi kontemporer atau abstrak, dan makna dari ayatnya yaitu tentang nikmat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, aktifitas sehari-hari yaitu mengajar di MTsAI Attanwir, sedangkan Kaligrafi hanya sebagai pengisi waktu luang. Selain itu, dirinya juga menerima pesanan, seperti kaligrafi hiasan dinding, masjid, musholla, nama anak terkadang juga lukisan pemandangan, spanduk warung dan lain sebagainya.

“Bisa juga sebagai tambahan hiburan di rumah,” tambahnya.

Masruchin berharap, atas penghargaan tersebut, kedepan dia ingin menjadi motivator untuk pemuda atau pemula kaligrafi di Kabupaten Bojonegoro, agar jangan pantang menyerah dalam belajar membuat Kaligrafi.

“Karena semua butuh proses yang sangat panjang, dan hargailah sebuah proses, usia saya bisa dibilang sudah akan lewat dari masa muda, tapi saya tetap semangat untuk belajar kaligrafi,” pungkasnya. [riz/lis]

 

BACA BERITA blokBojonegoro.com selengkapnya di GOOGLE NEWS

 

Tag : Kaligrafi, seniman, pameran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more