18:00 . Secara Resmi Bupati Anna Serahkan 28 Unit Kendaraan Dinas Camat   |   16:00 . Dewan Pengupahan Rencanakan Kenaikan UMK 2023 Sebesar 3,4 Persen   |   13:00 . Desainer Yustin Mariani Bangga Rancangannya Tampil di BNFF   |   20:00 . Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal   |   19:00 . Pintu Air Waduk Pacal Macet, BPBD Terus Berkoordinasi BBWS Cegah Potensi Banjir Susulan   |   18:00 . Bupati Anna Resmikan Pasar Burung Bagi Para Bird Lovers   |   16:00 . Student Agency, Tantangan Guru Masa Kini   |   15:00 . Lagi Turun, Harga Antam Dijual Mulai Rp539.500   |   13:00 . Hujan, Ini Tips Saat Berkendara dengan Motor   |   19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Apa Itu Malnutrisi? Ketahui 3 Bahaya Utamanya

blokbojonegoro.com | Tuesday, 06 September 2022 07:00

Apa Itu Malnutrisi? Ketahui 3 Bahaya Utamanya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Mencukupi nutrisi untuk setiap tahap perkembangan anak adalah hal yang wajib, agar anak dapat tumbuh optimal dan terjaga kesehatannya. Kondisi malnutrisi dan bahayanya wajib pula menjadi perhatian para orangtua, sehingga dapat melakukan langkah pencegahan yang efektif.

Maka pada artikel singkat ini mari kita bahas mengenai apa itu malnutrisi dan bahayanya jika hal ini sampai terjadi pada anak-anak. Berikut pembahasan singkat yang bisa diberikan.

Memahami Apa Itu Malnutrisi

Pada anak-anak, malnutrisi dapat didefinisikan sebagai kurangnya berat badan seorang anak dibandingkan dengan berat badan ideal anak pada usianya. Anak akan terlihat kurus atau benar-benar dalam kondisi memprihatinkan karena kurangnya asupan nutrisi yang diperlukan.

Malnutrisi kemudian dibedakan menjadi dua jenis, malnutrisi ringan, jika berat badan anak hanya 70% hingga 90% dari berat badan ideal anak seusianya, dan malnutrisi berat jika berat badan dibawah 70% dari berat badan ideal anak seusianya.

Berat badan ini kemudian akan mempertimbangkan juga tinggi badan, sebagai perhitungan rasio berat badan ideal pada tumbuh kembang anak.

Mengutip dari Alodokter, kondisi ini selain menyebabkan postur tubuh anak tidak ideal, juga dapat meningkatkan risiko terserang penyakit dan infeksi lantara daya tahan tubuh anak tidak akan terbentuk dengan sempurna. Tidak jarang, malnutrisi juga berpengaruh pada penurunan kecerdasan dan kapasitas kerja di masa dewasa.

Bahaya Malnutrisi jika Tidak Ditangani

Malnutrisi, seperti yang sudah diungkapkan sekilas pada bagian sebelumnya, memiliki bahaya jangka panjang untuk anak-anak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Gangguan Tumbuh Kembang

Jelas, malnutrisi akan membuat anak-anak terganggu tumbuh kembangnya. Kurangnya nutrisi yang masuk dan diserap tubuh membuat anak-anakl tidak akan mendapatkan postur yang ideal, dan kekuatan otot yang baik untuk tubuhnya.

2. Daya Tahan Tubuh Rendah

Selanjutnya efek buruk dari malnutrisi adalah bahwa daya tahan tubuh menjadi rendah. Risiko penyakit menjadi tinggi, dan membuat anak sulit sekali tumbuh dengan optimal. Nutrisi yang dimiliki tubuh akan digunakan untuk proses pemulihan terus menerus, sehingga mengakibatkan anak kurang bertenaga dan tidak bersemangat.

3. Gangguan Kesehatan Serius

Penyakit-penyakit serius seperti kwashiorkor, marasmus, beri-beri, skorbut, hingga anemia akan menjadi ancaman besar pada kehidupan seorang anak yang mengalami malnutrisi. Jelas, hal ini wajib ditangani dengan baik agar risiko yang ada dalam bagian kedua ini bisa dihindarkan dari anak-anak di masa depannya.

Itu tadi sedikit pembahasan mengenai malnutrisi dan bahayanya jika tidak lekas ditangani. Semoga menjadi artikel yang berguna untuk Anda, dan selamat melanjutkan aktivitas!

*Sumber: suara.com

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

Tag : pendidikan, kesehatan, malnutrisi, nutrisi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat