13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bubak Bumi Menandai Dimulainya Pengerjaan Peningkatan Akses Jalan Lingkungan di Desa Kaliombo

blokbojonegoro.com | Wednesday, 14 September 2022 19:00

Bubak Bumi Menandai Dimulainya Pengerjaan Peningkatan Akses Jalan Lingkungan di Desa Kaliombo

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Program peningkatan akses jalan di Desa Kaliombo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro dimulai dengan ditandBoost704244414ai bubak bumi atau syukuran di lokasi pembangunan Turap Penahan Tanah (TPT) dan peninggian jalan di RT07 RW04 desa setempat, Selasa (14/9/2022).

Untuk diketahui, program peningkatan akses jalan lingkungan di Desa Kaliombo merupakan salah satu program dari Pertamina EP Cepu (PEPC) di wilayah operasinya. Dalam pelaksanannya, PEPC bermitra dengan Yayasan Sedulur Pena (YSP) Bojonegoro.

Tampak di tengah titik lokasi pembangunan, Pemerintah Desa Kaliombo, tokoh masyarakat, serta warga yang mengerjakan pembangunan, duduk bersama perwakilan dari PEPC dan YSP untuk berdoa. Selanjutnya, suasana guyub rukun tampak saat makan bersama di lokasi yang berada di tengah-tengah sawah dengan hijaunya tanaman jagung.

Kepala Desa Kalimbo, Rohmad Edi Suyanto menjelaskan, bubak bumi atau syukuran di lokasi pembangunan sekaligus menandai dimulainya pengerjaan, merupakan tradisi yang terus dilakukan di desa tersebut dalam semua pekerjaan pembangunan.

"Melalui syukuran ini, kita berdoa bersama agar diberikan keselamatan selama pekerjaan, dapat berjalan lancar dan diberikan kemudahan, tentunya berharap membawa berkah untuk semuanya, khususnya warga Kaliombo," kata Kades Rohmad.

Salah satu perwakilan dari PEPC yang hadir dalam acara tersebut, Andi Y Widianto mengatakan, Bubak Bumi merupakan tradisi leluhur yang dilakukan ketika hendak memulai suatu pekerjaan konstruksi dan menjadi kearifan lokal yang perlu dijaga. Ungkapan rasa syukur dan doa yang dipanjatkan dalam kegiatan ini semoga pelaksanaan pembangunan jalan dan TPT berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan bersama.

"Selaras dengan semangat Program Pengembangan Masyarakat, pelaksanaan Program ini juga melibatkan warga setempat, baik dalam hal pengadaan material yang digunakan serta tenaga kerja yang melaksanakan pembangunan, terutama warga dari lingkungan sekitar penerima manfaat dari program ini. Melalui keterlibatan ini, diharapkan warga akan mempunyai rasa memiliki fasilitas yang dibangun, ikut merawat, dan pada akhirnya akan membawa kemanfaatan secara luas," harap Andi.

Program Peningkatan Akses Jalan Lingkungan di Desa Kaliombo dimulai dengan koordinasi dengan para pemangku kebijakan. Selanjutnya dilakukan sosialisasi dan rembug desa, yang mana ada 2 jenis pembangunan di desa itu, yakni pembangunan tembok penahan tanah (TPT), dan peninggian jalan di  RT 11, RT 7, dan jalan akses menuju kandang ayam yang dikelola BUMDes.

Tag : Bubak Bumi, Kaliombo, Purwosari, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat