15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

2 Panwascam Kirim Surat Pengunduran Diri ke Bawaslu

blokbojonegoro.com | Friday, 04 November 2022 09:00

2 Panwascam Kirim Surat Pengunduran Diri ke Bawaslu

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro telah menerima surat pengunduran diri dari 2 orang Panwascam. Hal ini rupanya meyusul perihal informasi dugaan Panwascam yang terdaftar sebagai anggota partai politik (parpol) yang dilaporkan oleh seorang warga beberapa waktu lalu.

Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Bojonegoro, Mochamad Alfian saat dikonfirmasi blokBojonegoro.com membenarkan hal itu. Pihaknya menerangkan, 2 orang anggota Panwascam yang masing-masing bertugas di Kecamatan Malo dan Kecamatan Ngasem mengirimkan surat pengunduran diri pada Selasa 2 November 2022.

Bawaslu Bojonegoro menerima surat pengunduran diri dari Panwascam Kecamatan Malo berinisial I sekitar pukil 08.30 WIB, kemudian disusul pada pukul 14.00 WIB yang juga menerima surat pengunduran diri dari NH Panwascam Kecamatan Ngasem.

"Sesuai peraturaan Bawaslu Nomor 19 tahun 2017 dan nomor 8 tahun 2019 terhadap dua surat pengunduran diri tersebut, maka Bawaslu akan melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW)," terangnya.

Dijelaskan lagi, adapun pengganti keduanya adalah peserta dengan peringkat keempat, yang sebelumnya terdiri dari 6 peserta tes wawancara dengan hasil penilaian saat proses seleksi di kecamatan masing-masing.

Tak hanya itu, Bawaslu Bojonegoro juga berupaya mengundang saudara Heli Supangat untuk mengklarifikasi pemberitaan yang dimuat di salah satu media online, dimana yang bersangkutan menjadi narasumber dan memberikan informasi tentang dugaan adanya empat anggota Panwascam yang menjadi anggota parpol. Namun, sayangnya yang bersangkutan berhalangan hadir meski telah diundang dua hari berturut-turut, yakni pada 2 dan 3 November 2022 krmarin.

Adapun infomasi yang muncul ke permukaan soal Panwascam, yakni 2 orang Panwascam terdapat dalam Sistem Informasi Politik (Sipol) di KPU dan dua orang lagi terdapat dalam Daftar Calon Tetap (DCT) calon anggota DPRD Kabupaten Pemilu tahun 2019 lalu.

"Kesimpulan sementara kami ada kecocokan data antara keterangan dari saudara Heli Supangat dengan DCT dimaksud. Terhadap dua nama tersebut akan kami panggil untuk klarifikasi, namun urung dilakukan karena keduanya telah mengundurkan diri," tandas Alfian yang juga sebagai Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Rekruitmen anggota Panwascam itu.

Di sisi lain, Ketua Bawaslu Bojonegoro Moch. Zaenuri akan memanggil dan meminta keterangan KPU Bojonegoro untuk memastikan nama-nama Panwascam yang terdapat dalam SIPOL tersebut dicatut atau benar menjadi bagian dari partai politik. Jika terbukti menjadi anggota partai politik, maka akan diberhentikan atau berhenti.

"Bawaslu Bojonegoro berterima kasih kepada masyarakat yang turut berperan aktif dalam memberi masukan, hal ini sebagai tanda berjalannya pengawasan partisipatif di Bojonegoro," tutur Kepala Bawaslu Bojonegoro, Jumat (4/11/2022). [feb/mu]

Tag : Kpu, pemilu, panwascam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat