12:00 . CPNS 2023 Kapan Dimulai? Ini Prediksi dan Bocoran Jabatan yang Dibutuhkan   |   11:00 . Awal Tahun, 8 Kecamatan di Bojonegoro Terdampak Puting Beliung   |   10:00 . Baznas Buka Pendaftaran Seleksi Calon Pimpinan   |   09:00 . Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan 23 Maret 2023   |   08:00 . Bupati Anna Minta BPD Sukseskan Program RPL Pascasarjana   |   07:00 . Tanya Dokter Seperti Apa Ciri Anak Stunting?   |   06:00 . Namanya Dicatut untuk Penipuan, AMSI Desak Polisi Tindak Tegas Pelaku   |   19:00 . Erick Thohir: Indonesia Harus Punya Blue Print 100 Tahun Sepak Bola   |   18:00 . Viral! Tukang Becak di Bojonegoro Ambil Bollard di Trotoar   |   17:00 . Dua Pelajar di Bojonegoro Dikabarkan Diculik, Benarkah?   |   16:00 . Unugiri Bojonegoro Gelar Istighotsah Menyongsong Puncak Satu Abad NU   |   13:00 . Pembukaan Praktik Kebidanan, Tampilkan Peran Mahasiswa Kampus Ungu dalam Komunitas   |   10:00 . blokBojonegoro Lolos Tahap 2 Calon Anggota MCH 2023   |   09:00 . Segera Daftar, Tahun Ini Pemkab Anggarkan Rp34,6 Miliar untuk Beasiswa Pendidikan   |   08:00 . 141 Media se Indonesia Bersaing di MCH 2023   |  
Wed, 01 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

2 Panwascam Kirim Surat Pengunduran Diri ke Bawaslu

blokbojonegoro.com | Friday, 04 November 2022 09:00

2 Panwascam Kirim Surat Pengunduran Diri ke Bawaslu

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro telah menerima surat pengunduran diri dari 2 orang Panwascam. Hal ini rupanya meyusul perihal informasi dugaan Panwascam yang terdaftar sebagai anggota partai politik (parpol) yang dilaporkan oleh seorang warga beberapa waktu lalu.

Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Bojonegoro, Mochamad Alfian saat dikonfirmasi blokBojonegoro.com membenarkan hal itu. Pihaknya menerangkan, 2 orang anggota Panwascam yang masing-masing bertugas di Kecamatan Malo dan Kecamatan Ngasem mengirimkan surat pengunduran diri pada Selasa 2 November 2022.

Bawaslu Bojonegoro menerima surat pengunduran diri dari Panwascam Kecamatan Malo berinisial I sekitar pukil 08.30 WIB, kemudian disusul pada pukul 14.00 WIB yang juga menerima surat pengunduran diri dari NH Panwascam Kecamatan Ngasem.

"Sesuai peraturaan Bawaslu Nomor 19 tahun 2017 dan nomor 8 tahun 2019 terhadap dua surat pengunduran diri tersebut, maka Bawaslu akan melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW)," terangnya.

Dijelaskan lagi, adapun pengganti keduanya adalah peserta dengan peringkat keempat, yang sebelumnya terdiri dari 6 peserta tes wawancara dengan hasil penilaian saat proses seleksi di kecamatan masing-masing.

Tak hanya itu, Bawaslu Bojonegoro juga berupaya mengundang saudara Heli Supangat untuk mengklarifikasi pemberitaan yang dimuat di salah satu media online, dimana yang bersangkutan menjadi narasumber dan memberikan informasi tentang dugaan adanya empat anggota Panwascam yang menjadi anggota parpol. Namun, sayangnya yang bersangkutan berhalangan hadir meski telah diundang dua hari berturut-turut, yakni pada 2 dan 3 November 2022 krmarin.

Adapun infomasi yang muncul ke permukaan soal Panwascam, yakni 2 orang Panwascam terdapat dalam Sistem Informasi Politik (Sipol) di KPU dan dua orang lagi terdapat dalam Daftar Calon Tetap (DCT) calon anggota DPRD Kabupaten Pemilu tahun 2019 lalu.

"Kesimpulan sementara kami ada kecocokan data antara keterangan dari saudara Heli Supangat dengan DCT dimaksud. Terhadap dua nama tersebut akan kami panggil untuk klarifikasi, namun urung dilakukan karena keduanya telah mengundurkan diri," tandas Alfian yang juga sebagai Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Rekruitmen anggota Panwascam itu.

Di sisi lain, Ketua Bawaslu Bojonegoro Moch. Zaenuri akan memanggil dan meminta keterangan KPU Bojonegoro untuk memastikan nama-nama Panwascam yang terdapat dalam SIPOL tersebut dicatut atau benar menjadi bagian dari partai politik. Jika terbukti menjadi anggota partai politik, maka akan diberhentikan atau berhenti.

"Bawaslu Bojonegoro berterima kasih kepada masyarakat yang turut berperan aktif dalam memberi masukan, hal ini sebagai tanda berjalannya pengawasan partisipatif di Bojonegoro," tutur Kepala Bawaslu Bojonegoro, Jumat (4/11/2022). [feb/mu]

Tag : Kpu, pemilu, panwascam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more