13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Inisiasi Pengembangan Vinglish Melalui Riset

blokbojonegoro.com | Friday, 25 November 2022 20:00

Inisiasi Pengembangan Vinglish Melalui Riset

Pengirim: Humas IKIP PGRI Bojonegoro

blokBojonegoro.com - Pada tahun 2022 ini, terdapat 3 tim dosen IKIP PGRI Bojonegoro yang berhasil meraih pendanaan kompetisi hibah riset dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui skema RISPRO yang di danai oleh LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan).

Salah satunya adalah tim Riset yang diketuai oleh Dr. Ima Isnaini Taufiqur Rohmah, M.Pd dengan anggota Dr. M. Zainudin dan Fitri Nurdianingsih. Dalam pelaksanaan riset ini, tim dosen dibantu 10 mahasiswa sebagai asisten periset.

Hal ini selaras dengan Kurikulum Merdeka Belajar pada komponenen riset mahasiswa dan kegiatan KKN tematik (membangun desa). Ketua tim riset Dr. Ima Isnaini Taufiqur Rohmah mengatakan, pada riset ini tim menginisiasi pengembangan VINGLISH (Villlage of English) untuk meningkatkan English literacy para warga desa mitra.

"Vinglish (Village of English) merupakan sebuah rancangan program kemitraan antara dosen dan mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro bersama desa mitra dalam rangka akselerasi English Literacy sumberdaya manusia desa," jelas Dr. Ima.

Seiring dengan akan dilaksanakannya program tersebut, diperlukan sebuah literasi pendukung untuk maksimalisasi pelaksanaan program tersebut, salah satunya adalah English Litearcy warga yang harus disiapkan untuk suksesi program tersebut.

Dalam penerapannya, VINGLISH didukung dengan English ecological Support di lingkungan desa yang akan membentuk sebuah ekosistem desa berbasis English.

Urgensi dari penelitian ini, kata Dr. Ima adalah Vinglish diharapkan mampu menjadi solusi program percepatan kesiapan warga desa khususnya pada aspek English Literacy dalam menyongsong program SDG’s desa dan dalam rangka pemerataan keterampilan abad 21 (21st Century Skills) bagi masyarakat desa.

"Selain itu, penelitian ini juga dapat menciptakan rancangan materi ajar yang sesuai dalam kaitan matakuliah English for Spesific Purposes (ESP)," jelasnya. [mu]

 

 

Tag : ikip pgri bojonegoro, ikip pgri, kampus bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat