19:00 . Laka Beruntun, Sebabkan Ibu dan Anak di Bojonegoro Meninggal   |   18:00 . Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Batik Dolokgede Sempat Tak Bisa Bayar Karyawan   |   17:00 . Prodi D3 Kebidanan ISTeK ICsada Bojonegoro Resmi Terakreditasi Sangat Baik   |   16:00 . Kabid PIKP Kominfo Bojonegoro Diperiksa Polisi, Dugaan Penyalahgunaan Wewenang   |   14:00 . Sempat Terseok Dihantam Pandemi, Anyaman Bambu Milik Parsi Tetap Bertahan   |   13:00 . Jemaah Haji 8 Hari di Madinah, Selebihnya di Makkah Hingga Maktab di Raudhah   |   10:00 . Meriahnya Kegiatan Pencanangan BBGRM di Desa Plesungan   |   09:00 . Bojonegoro Miliki 2 RPH Bersertifikat Halal   |   07:00 . Polisi Amankan Belasan Motor Berknalpot Brong, Langsung Ditilang Manual   |   06:00 . STAI ATTANWIR Bojonegoro Gelar Sekolah Jurnalistik   |   20:00 . Per Juni Kecepatan KA Bertambah 105 Km/Jam   |   18:00 . Naikkan Mood, Baca Dulu Apa Kata Zodiakmu Hari ini   |   15:00 . Mulai Beroperasi, Commuter Line Bojonegoro-Sidoarjo Berkapasitas 432 Orang   |   14:00 . Ibu Rumah Tangga Bonorejo Berkreasi dan Berwirausaha Lewat Rajutan   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Rencanakan Pembangunan 170 Kilometer Jalan Lewat Dana BKK   |  
Tue, 06 June 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Akhir Tahun, Pemkab Bojonegoro Gelar Kesenian Reog dan Jaranan

blokbojonegoro.com | Friday, 30 December 2022 17:00

Akhir Tahun, Pemkab Bojonegoro Gelar Kesenian Reog dan Jaranan

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dipenghujung akhir tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro tengah memanjakan masyarakat dengan beragam hiburan.

Termasuk salah satunya parade reog jaranan yang di tampilkan oleh 28 komunitas seniman reog dan jaranan di Kabupaten Bojonegoro. Di antaranya Abu Nawas Saputro dari Kedungadem, Putro Rajekwesi dari Kapas dan Singo Djoyo Ngraho

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah menyampaikan ada sekitar 28 Nomor Induk Kesenian (NIK) dan Pemkab melihat selama ini belum tersentuh untuk dipindah Kesenian. Maka dari itu, Bupati Anna menugaskan untuk merencanakan pada sektor ekonomi, budaya dan kesenian lokal. 

"Dan hari ini jaranan sudah hampir dilupakan, sak lamat-lamat aku ileng lagune "Jaranan jarane jaran kepang". Dengan atraksi ini, kami menaruh harap kepada Seniman di Bojonegoro untuk meramut dan merawat seni tradisional," ungkapnya.

Lanjut Bupati Anna, jaranan ini merupakan seni yang amat ramah dimana gerak bisa bercompete dengan yang lain. "Ke depan Pemkab Bojonegoro perlu mendorong seni budaya berbasis lokal agar tetap eksis," harap Bupati Anna. 

Sementara itu, Ketua Paguyuban Seni Reog dan Jaranan Putro Kidepo asal Kecamatan Sekar, Sumarmo mengatakan, bahwa ia bersama komunitasnya sangat antusias mengikuti parade dan berinisiatif berangkat lebih awal yaitu sekitar pukul 07.00 WIB. Sebab perjalanan dari Sekar ke Bojonegoro sendiri memakan waktu sekitar 2 jam.

"Tadi berangkat lebih awal pukul 07.00 pagi, karena memang letak geografis jauh dan ternyata teman-teman sangat antusias ada parade seni jaranan reog di Bojonegoro," ungkapnya. 

Lanjut penuturannya, pewarisan bakat di bidang seni reog dan jaranan ia peroleh dari orang tuanya yang sudah dahulu berkecimpung sejak kecil menekuni seni jaranan. 

"Berhubung yang dikenal masyarakat seni jaranan ya kita melanjutkan reog dan jaranan. Ini termasuk Kebudayaan nenek moyang yang perlu diteruskan oleh generasi berikutnya," ulasnya. [liz/lis]

 

 

 

 

 

Tag : Pemkab, parade, acara, jaranan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 11 April 2023 18:00

    Lokakarya Video Pendek

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL Reporter blokBojonegoro.com (bB) dan blokTuban.com (bT) yang tergabung dalam Blok Media Group (BMG) berhasil memborong juara pada Lomba Video Pendek yang diselenggarakan operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat