17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BRI Fellowship Journalism 2023

Inovasi Prapatan Corner Jadikan Pungpungan Desa Brilliant

blokbojonegoro.com | Sunday, 21 May 2023 08:00

Inovasi Prapatan Corner Jadikan Pungpungan Desa Brilliant

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Desa Pungpungan merupakan salah satu dari desa yang terletak di wilayah administrasi Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro.

Desa Pungpungan jika dari pusat Kota Bojonegoro berjarak sekitar 10,5 kilometer atau 16 menit, apabila menempuh perjalanan darat melewati Jalan Raya Bojonegoro - Cepu. 

Sebagian besar penduduk desa tersebut bermatapencaharian sebagai petani dan pedagang. Ditopang dengan adanya areal persawahan dan Pasar Pungpungan. 

Menariknya, untuk menopang kesejahteraan warga desanya, Pemerintah Desa setempat bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berkaho, membangun sebuah inovasi Prapatan Corner. Prapatan Corner merupakan sebuah kawasan yang akan berdiri di beragam fasilitas. Seperti rest area, kuliner, spot selfie hingga kolam ikan. 

"Di beri nama Prapatan Corner, karena dulunya merupakan kawasan mati dan banyak problem. Seperti banjir, bangunan mangkrak hingga lapangan yang tidak bisa digunakan karena tanahnya bermasalah," ungkap Ketua BUMDes Berkaho, Resma Edhi Satria. 

Kemudian, Pemdes dan BUMDes bekerjasama untuk berinovasi terkait penataan perempatan tersebut. Di antaranya mengeruk dan melebarkan agar tidak terjadi banjir, lapangan olahraga juga diratakan tanahnya. 

"Lalu BUMDes terkait mengandeng investor untuk menempati bangunan tersebut menjadi lokasi kuliner, budidaya ikan. Sekaligus membuka peluang usaha bagi warganya, budidaya ikan itu nantinya hasil tersebut akan dinikmati oleh warga dan menjadi penghasilan BUMDes," ujar Resma sapaan karibnya. 

Selain itu, untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas akan inovasi tersebut. Pihak BUMDes juga turut serta aktif mempromosikan sebuah kawasan tersebut lewat beragam sosial media, seperti instagram hingga YouTube. 

"Bahkan para pedagang tersebut, juga mendapatkan binaan dari CSR BRI Unit Kalitidu lewat program UMKM. Yakni penyediaan kredit usaha ringan (KUR) untuk menunjang usaha para pedagang," imbuhnya. 

Berkat kerja keras dan inovasi dari pihak BUMDes dan didukung oleh Pemdes, sehingga sukses menjadikan inovasi sebagai Desa Brilliant batch III tahun 2021 yang digelar oleh BRI. 

Disinggung terkait penilaiannya sendiri, dimulai dari administrasi, laporan keuangan, hubungan dengan lembaga desa, promosi sosial media. Hingga penilaian internal BUMDes dari sisi manajemen, unit usaha dan laporan keuangan. 

"Pemdes dan BUMDes berkolaborasi membuat 1 inovasi program Desa Brilliant. Kita buatlah inovasi Prapatan Corner Pungpungan, selain itu juga harus rutin mengikuti pelatihan, seminar secara online selama 3 bulan. Bersyukur dan senang sekali tentunya lolos menjadi Desa Brilliant setelah mengalahkan ratusan peserta," ucapnya. 

Terpisah, Kepala Unit BRI Kalitidu, Nuhadi menambahkan untuk wilayah binaan BRI Unit Kalitidu ada 2 Kecamatan. Yaitu Kecamatan Kalitidu sebanyak 18 Desa dan Kecamatan Malo sebanyak 20 Desa. 

"Namun di Kecamatan Malo sendiri baru 1 kluster UMKM yang sudah berjalan sampai Nasional yaitu Desa Ngringinrejo," sambungnya. 

Sementara itu, Desa Brilliant di wilayah binaan BRI Unit Kalitidu sendiri baru 1 desa yang masuk kategori Nasional yaitu Desa Pungpungan. Bahkan di gadang sebagai juara 1 se-Indonesia pada batch 3 tahun 2021. "Administrasi BUMDes bagus dan tertib, desa wisata Pungpungan baru proses renovasi," beber Nurhadi. [liz/lis]

 

 

Tag : Desa, bri, Brilliant



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat