10:00 . Selidiki Penyebab Kematian Remaja di Bojonegoro, Polisi Periksa 5 Saksi   |   08:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Dihukum Dorong Motor   |   07:00 . Tersebar Diduga CCTV Detik-detik Remaja di Bojonegoro Dikejar 4 Motor Sebelum Meninggal   |   22:00 . Kisah Inspiratif Pembatik Gen Z Asal Temayang, Berdayakan Tetangga Melalui Usaha Rintisannya   |   21:00 . Ya Allah, Balita di Bojonegoro Meninggal Terlindas Truk   |   20:00 . Sebelum Dimakamkan, Jenazah Remaja yang Ditemukan Meninggal di Bojonegoro Diautopsi   |   19:00 . Kronologi Meninggalnya Remaja di Bojonegoro, Korban Dikejar dan Tabrak Pembatas Jalan, Polisi Terus Selidiki   |   18:00 . Setyo Wahono Adik Mensesneg Nyatakan Siap Maju Calon Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Remaja di Bojonegoro Ditemukan Meninggal, Dikeroyok atau Kecelakaan?   |   16:00 . Bagaimana Pertanian Ekologis Ramah Lingkungan Mengubah Nasib Petani di Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Satu Keluarga Hasilkan Cuan dari Olahan Tanaman Sekitar Rumah, Bisnis Makin Berkembang Berkat KUR   |   14:00 . Kisah Milenial Asal Bojonegoro Gunakan Satu Aplikasi Untuk Segala Kebutuhan   |   13:00 . Bayar Uang Kuliah Hingga Beli Pulsa, Belanja Bisa Lewat Fitur BRImo   |   12:00 . Bukan Suami Istri, Penghuni Kos Nakal Pondok Pinang Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Diamankan Polisi   |  
Mon, 15 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tidak Cuma Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh, Dokter Ungkap Imunisasi Lengkap Bantu Anak Jadi Lebih Cerdas

blokbojonegoro.com | Tuesday, 30 May 2023 07:00

Tidak Cuma Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh, Dokter Ungkap Imunisasi Lengkap Bantu Anak Jadi Lebih Cerdas

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Imunisasi menjadi bagian yang penting bagi anak-anak. Dengan imunisasi, itu akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuhnya baik sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Namun, rupanya selain memberikan kekebalan tubuh, imunisasi yang lengkap juga berpengaruh pada kecerdasan anak. Ketua Satgas Imunisasi IDAI, Prof. DR Dr Hartono Gunardi, SpA(K), mengatakan, dengan imunisasi lengkap akan membuat anak menjadi pintar.

Hal ini karena anak tersebut menjadi lebih sehat sehingga berkesempatan mendapatkan stimulasi yang lebih. Hal tersebut membuka peluang kecerdasan dibandingkan mereka yang rentan terkena berbagai penyakit.

“Kenapa vaksinasi bikin jadi pintar? karena dengan tubuh sehat anak punya kesempatan untuk bermain mendapat stimulasi bayangkan anak polio jadi terganggu tidak bisa kemana-mana,” jelas Dr Hartono dalam Peluncuran dan Paparan Rekomendasi Imunisasi Anak 2023, Senin (29/5/2023).

Tidak hanya itu, anak yang imunisasinya tidak lengkap juga berisiko alami berbagai komplikasi penyakit. Bahkan, mereka bisa alami diare, kekurangan gizi yang menyebabkan kecerdasannya terganggu.

“Anak sakit kalau dia misalnya campak sakit campak bisa ada komplikasinya radang paru-paru radang otak terus diare berkelanjutan. Diare berkelanjutan kan jadi kurus, jadi gizi kurang, gizi kurang tentu kecerdasaan akan menurun radang otak kejang ada gejala sisa,” ujar Dr Hartono.

“Kalau radang otak menimbulkan gejala sisa kalau kejang karena demam umumnya tidak ada gejala sisa. kalau campak kemudian kena radang otak itu mengganggu tingkat perkembangan anak. Disamping anak sakit tidak bisa belajar,” sambungnya.

Namun, hal yang menjadi masalah bagi beberapa orang tua yaitu ketika melakukan imunisasi anak kerap kali menangis. Namun, semua hal tersebut juga bisa dikurang dengan memberikan ASI atau susu formula sebelum melakukan vaksinasi.

Dr Hartono mengatakan, pemberian ASI sebelum vaksinasi akan membantu membuat tangisan anak menjadi tidak heboh dan lebih sebentar. Hal ini karena ASI atau susu formula itu dapat membantu kurangi persepsi rasa sakit. Oleh sebab itu, pemberian ASI atau susu formula sangat membantu.

“kalau sakit itu persepsi kalau dia disuntik dia merasakan sakit. kalau bayi-bayi yang kadang glukosa tinggi baik dari ASI atau susu formula itu persepsi lebih rendah jadi nangisnya lebih pendek dan tidak heboh. Jadi sebelum imunisasi, anak bisa diberi ASI terlebih dahulu. Itu membuat tangisan yang lebih kurang heboh dan lebih pendek, dan ini ada penelitiannya,” jelas Dr Hartono.

Untuk anak yang lebih besar lagi Dr Hartono menyarankan untuk memberikan makanan yang manis. Hal itu mencegah mereka nangis secara heboh. Namun, pada beberapa anak yang sudah lebih dewasa biasanya sudah bisa menahan rasa sakit yang dirasakan.

“Untuk anak yang lebih besar bisa dikasih makanan manis. Namun, biasanya mereka bisa lebih tahan rasa sakit jadi tidak nangis. Tapi ini semua tergantung dengan anaknya juga,” pungkasnya.

*Sumber: suara.com

Tag : kesehatan, pendidikan, anak, balita, imunisasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat