22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |   19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |  
Tue, 27 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tips Wawancara Kerja, Cara Jawab "Mengapa Menginginkan Pekerjaan Ini?"

blokbojonegoro.com | Wednesday, 24 May 2023 07:00

Tips Wawancara Kerja, Cara Jawab

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Pertanyaan "mengapa menginginkan pekerjaan ini?" sudah lazim ditanyakan dalam wawancara kerja. Pertanyaan tersebut sebenarnya tidak sulit dijawab. Hanya saja, kita merasa khawatir jika jawaban yang diberikan akan memberikan kesan buruk bagi pihak perusahaan. Maka, ada baiknya menggali lebih jauh tentang pertanyaan ini, serta bagaimana menjawabnya dengan baik.

Kapan pertanyaan itu muncul?

Pertanyaan "mengapa menginginkan pekerjaan ini?" kemungkinan besar akan diutarakan di awal wawancara, sebelum atau setelah dua pertanyaan ini:

1. "Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?"
2. "Bisakah menceritakan sedikit tentang diri Anda?"

Pertanyaan tersebut kemungkinan dilontarkan dengan kalimat yang sedikit berbeda, seperti "mengapa Anda ingin bekerja untuk kami?" atau "mengapa Anda melamar untuk peran ini?".

Jika pertanyaan itu muncul lebih awal dari yang diharapkan, kita memiliki banyak kesempatan untuk menghubungkannya dengan hal lain dan mengatakan kalimat berikut:

1. "Sebenarnya, saya ingin menyampaikan ini sejak awal..."
2. "Itu (masukkan alasan kita) adalah salah satu penyebab saya tertarik dengan pekerjaan ini."

Sebenarnya, pertanyaan ini diucapkan perekrut untuk lebih mengenal calon karyawan.

Ketika merenungkan cara menjawab pertanyaan ini dalam wawancara kerja, pikirkan jenis orang seperti apa yang diharapkan perusahaan untuk mengisi peran ini.

Jelaskan alasan kita tertarik dengan pekerjaan tersebut dan bagaimana keahlian dan pengalaman kita dapat berkontribusi positif bagi perusahaan.

Bersiap sebelum menjawab

Sebelum wawancara kerja, persiapkan jawaban kita terhadap pertanyaan "mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?" dengan mempertimbangkan beberapa poin di bawah:

1. Perusahaan dan pekerjaan

Cocokkan keterampilan dengan persyaratan peran yang ditawarkan, dan pahami bagaimana peran tersebut akan memberikan manfaat bagi kita.

Kenali juga apa yang ditawarkan perusahaan. Persiapkan diri dengan mempelajari perusahaan dan industri terkait sebelum wawancara.

2. Pengalaman dan prestasi

Jelaskan pengalaman dan pencapaian dalam pekerjaan sebelumnya. Hal ini memberikan wawasan kepada perekrut tentang keterampilan yang kita miliki.

Pastikan untuk menghubungkan pengalaman kita dengan persyaratan pekerjaan yang sedang dilamar.

3. Kontribusi yang diberikan

Jelaskan apa yang dapat kita berikan dalam peran tersebut, seperti kemampuan berkomunikasi atau kecerdasan emosional.

Menguasai soft skill menandakan seberapa baik kita dapat berfungsi dalam tim.

4. Kesesuaian dengan budaya perusahaan

Perusahaan akan memastikan bahwa kandidat yang dipilih sesuai dengan budaya perusahaan.

Maka, jelaskan mengapa kita merasa cocok dengan budaya perusahaan dan nilai-nilai yang dianut di sana.

Jawaban untuk pertanyaan tersebut

Berikut ini beberapa contoh jawaban yang dapat membantu perekrut memahami, apa alasan kita menginginkan pekerjaan ini:

1. "Saya sangat antusias dengan peluang ini karena saya akan dapat..."

2. "Saya melihat peran ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan karier saya di perusahaan/industri yang kredibel karena..."

3. "Saya yakin akan berhasil dalam peran ini karena saya memiliki pengalaman/belajar keterampilan yang relevan seperti..."

4. "Saya yakin bahwa keterampilan saya sangat sesuai dengan pekerjaan ini karena..."

Jawaban yang harus dihindari

Berikut ini beberapa contoh yang sebaiknya tidak dikatakan dalam menjawab pertanyaan tersebut.

- "Saya butuh pekerjaan"

Jawaban ini menegaskan kita putus asa dan kurang memperhatikan nilai dari pekerjaan dan perusahaan.

Kita harus menjelaskan mengapa kita cocok untuk peran tersebut dan dapat memberikan nilai tambah.

- "Gajinya menarik bagi saya"

Jawaban ini menunjukkan motivasi kita bekerja adalah karena finansial.

Memang penting untuk mempertimbangkan gaji dan benefit ketika mencari pekerjaan, tetapi membahasnya terlalu awal dapat merusak kesan kita di mata perekrut.

- "Peran ini loncatan yang bagus bagi saya sebelum langkah berikutnya"

Ini menimbulkan peringatan bagi perekrut jika kita sudah menunjukkan niat untuk pindah dari pekerjaan tersebut sebelum kita mendapatkannya.

*Sumber: kompas.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat