12:00 . Larang Takbir Keliling, Polres Bojonegoro Imbau Warga Lakukan Takbiran di Masjid   |   10:00 . Jelang Idul Adha, Polisi di Bojonegoro Kebanjiran Order Kambing Kurban   |   20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   11:00 . Hari Terakhir PPDB, MAN 1 Bojonegoro Penuhi Kuota Rombel   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |  
Sun, 16 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuntutan Soal RUU Kesehatan Tak Ditanggapi, Nakes Ancam Mogok Nasional

blokbojonegoro.com | Tuesday, 06 June 2023 13:00

Tuntutan Soal RUU Kesehatan Tak Ditanggapi, Nakes Ancam Mogok Nasional

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Beni Satria, selaku Juru Bicara Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk RUU Kesehatan, mengungkapkan bahwa ada rencana untuk menghentikan pelayanan kesehatan di seluruh daerah di Indonesia jika pembahasan RUU Kesehatan terus dilakukan. Hal ini juga akan dilakukan jika Pemerintah tidak menanggapi aspirasi dari Organisasi Profesi.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Beni saat menghadiri Aksi Damai Jilid 2 'Setop Pembahasan RUU Kesehatan Omnibus Law' yang dilaksanakan di depan Gedung DPR/MPR RI Jakarta pada hari Senin tanggal 5 Juni 2023. Ada lima Organisasi Profesi yang terlibat dalam aksi ini, yaitu IDI, PDGI, PPNI, IBI, dan IAI. Sebelumnya, pada tanggal 8 Mei 2023, sudah dilakukan aksi serupa.

"Jika aksi ini adalah yang kedua dan terakhir dan tidak ditanggapi, maka kami akan memberi instruksi tegas kepada seluruh anggota Ikatan Dokter dan lainnya untuk menghentikan pelayanan kesehatan di seluruh Indonesia," ujar Beni saat memberikan pernyataannya dalam Aksi Damai Jilid 2.

"Ini juga sebagai kelanjutan dari tuntutan kami pada 28 hari yang lalu, pada tanggal 8 Mei, di mana kami telah meminta penghentian pembahasan RUU Kesehatan."

Sebanyak 30.000 tenaga medis dan kesehatan dari lima organisasi profesi, serta banyak forum tenaga kesehatan dan masyarakat kesehatan, terlibat dalam demo RUU Kesehatan kali ini. Secara keseluruhan, sekitar 100.000 tenaga medis dan kesehatan melakukan aksi damai RUU serentak di berbagai wilayah di Indonesia.

Meskipun ada rencana untuk menghentikan pelayanan kesehatan, Beni Satria menegaskan bahwa pelayanan kesehatan kegawatdaruratan akan tetap berjalan jika aksi mogok massa menolak pembahasan RUU Kesehatan dilakukan. "Instalasi Gawat Darurat (IGD), Kemudian ICU, tindakan operasi emergensi tetap berjalan. Ini seperti cuti Lebaran, kita liburnya satu minggu tidak ada masalah," ungkapnya. Namun, dokter akan dihubungi dan perawat akan tetap datang.

Beni menambahkan bahwa hanya layanan non-kegawatdaruratan yang akan dihentikan. "Kami akan menghentikannya sampai hak-hak dan tuntutan kami terpenuhi," katanya. Pembahasan RUU Kesehatan dinilai terlalu terburu-buru dan sangat cepat untuk disahkan. "Kami akan mengawal layanan kesehatan masyarakat, hak masyarakat atas pelayan yang standar, dan layanan dari dokter, dokter gigi, perawat yang memiliki etik yang tinggi," tutupnya.

 

Tag : Nakes, kesehatan, dinas, mogok



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat