09:00 . WR III Unugiri Tekankan Hal Ini Saat Acara Pekan Prestasi Mahasiswa   |   20:00 . Maju Pilbub Bojonegoro 2024, Segini Dana yang Perlu Disiapkan   |   19:00 . EMCL dan GP Ansor Sinergi Bangun Infrastruktur Desa   |   18:00 . Silon Dibuka Kembali, Bapaslon Nurul-Nafik Yakin Berkas Dukungan Melebihi Persyaratan   |   17:00 . Dua Putri Unugiri Juara 1 Lomba Puisi Tingkat Nasional   |   12:00 . Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%   |   11:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar PERBUMIS   |   10:00 . Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pariwisata, Pemkab Bojonegoro Gelar Uji Kompetensi Tour Management   |   09:00 . Inilah Ketentuan Iuran Sistem KRIS Pengganti Kelas BPJS Kesehatan 2024   |   08:00 . Legalitas NIB Hingga Sertifikasi Halal Permudah UMKM Lebarkan Sayap   |   07:00 . Pesmad Darul Fikri Gelar Haflatul Wada’   |   20:00 . Kronologi Laka Beruntun yang Sebabkan Sopir Innova di Bojonegoro Terjepit   |   19:00 . 6 Orang Pesta Miras, 2 Orang Meninggal   |   15:00 . Pemilik Cafe dan Penyedia Miras di Bojonegoro Terancam Penjara Seumur Hidup   |   14:00 . Buntut Petaka Miras, Pemilik Cafe dan Penyedia Miras Ditetapkan Tersangka   |  
Sat, 25 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ademos dan EMCL Gelar Pelatihan Budidaya Ayam Petelur di Desa Sukoharjo

blokbojonegoro.com | Thursday, 07 September 2023 14:00

Ademos dan EMCL Gelar Pelatihan Budidaya Ayam Petelur di Desa Sukoharjo

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - ExxonMobil Cepu Limited dan Asosiasi untuk Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Ademos) mengadakan Pelatihan Budidaya Ayam Petelur untuk BUMDesa Sukoharjo, Kalitidu, Bojonegoro. 

Kegiatan ini memiliki capaian untuk menambah pengetahuan lebih mendalam tentang proses menjalankan usaha budidaya ayam petelur. Mulai tata kelola kandang ayam, komposisi bahan pemberian makanan dan penanganan penyakit pada ayam.

Hingga pemberian vitamin serta beragam kemungkinan terburuk, ketika menjalankan usaha budidaya ayam petelur serta untuk peningkatan produksi telur ayam.

Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian Program Pengembangan Ekonomi Melalui Peternakan Ayam Petelor dan Prasarana Infrastruktur di 2 Desa di Bojonegoro, Tahun 2023 di Desa sukoharjo yang diinisiasi oleh Exxonmobil Cepu Limited. Dan dilaksanakan secara langsung di Agrowisata Desa Sukoharjo yang lokasinya bersebelahan dengan lokasi pembangunan kandang ayam. 

Menariknya, Kegiatan ini juga diikuti Mahasiswa asal Norwegia University of Science and Technology dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung yang melaksanakan program internship di Bojonegoro.  

Jupri perwakilan dari Ademos sekaligus Tim Ahli Peternakan Ayam menegaskan, dalam menjalankan usaha peternakan ayam petelur perlu diperhatikan lokasi kandang. Jika perlu harus jauh dari pemukiman warga, memiliki jalan akses, memiliki sumber air yang cukup. Dan paling penting adalah menjaga kesehatan ayam melalui pakan dan perawatan kandang. 

"Pemeliharaan secara berkala dan kesehatan ayam akan berpengaruh besar dalam menentukan produktifitas ayam petelur. Tentu sesuai dengan target yang direncanakan," tegas pria yang akrab disapa Kang Jupri

Lanjut Jupri, bahkan pihaknya terbuka apabila ada rekan yang memiliki keinginan untuk belajar. Dengan harapan semakin banyak pelaku usaha ayam telur di Bojonegoro. "Minimal kebutuhan telur di desa dapat tercukupi dari kandang sendiri. Sukur jika setelah ini bisa merambah pasar telur skala nasional," ucapnya. 

Senada, Direktur Ademos Indonesia, A. Shodiqurrosyad, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk upaya, agar BUMDesa mampu dan paham betul terkait dengan tata cara serta mampu memberikan pengalaman untuk mengelola usaha ayam petelur.

"BUMDesa Sukoharjo harapannya mampu menjadi pioneer yang meneruskan spirit usaha ayam petelur di desanya. Juga dikemudian hari desa Sukoharjo menjadi sentra peternak ayam petelur," tambah Arsyad sapaan karibnya. 

Sementara itu, Nurul Huda selaku Anggota BUMDesa Sukoharjo, mengungkapkan perasaannya sangat senang mengikuti kegiatan ini. Selain dapat bertemu dengan pengusaha yang memiliki bidang usaha ayam petelur, juga dapat saling tukar pengalaman dan pengetahuan terkait pengelolaan usaha ayam petelur.

Menurutnya, kegiatan ini sangat memberikan ilmu yang bisa didapatkan terkait usaha ayam petelur. Selain itu, rekan BUMDesa juga mengucapkan terimakasih kepada ExxonMobil Cepu Limited dan Ademos Indonesia yang telah menginisiasi kegiatan. 

"Semoga dengan adanya update pengetahuan serta pengalaman terkait budidaya ayam petelur ini usaha kita dapat berjalan dengan baik," imbuhnya.

Terpisah, Perwakilan ExxonMobil Cepu Limited, Slamet Rijadi menambahkan bahwa antusias masyarakat dalam kegiatan ini harus dirawat dengan memberikan edukasi dan motivasi bagi BUMDesa dan masyarakat. Dengan harapan agar masyarakat juga dapat mengembangkan usaha ini lingkungan masing-masing. 

"Karena sudah dapat menggali ilmu secara langsung kepada ahlinya. Harapannya tentu ada timbal balik dari rekan-rekan," ujar Slamet Rijadi.[liz/lis]

 

Tag : Ternak, Emcl, ademos, ayam petelur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat