23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Media Bojonegoro - Tuban Nyambangi Lapangan Banyu Urip, Update Migas Hingga Main Bola

blokbojonegoro.com | Wednesday, 20 September 2023 20:00

Media Bojonegoro - Tuban Nyambangi Lapangan Banyu Urip, Update Migas Hingga Main Bola

Operations Superintendent EMCL, Harwiyono menyampaikan update capaian Lapangan Banyu Urip  hingga tahun 2023. (Foto: Doc. Humas untuk blokBojonegoro.com)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Awak media dari Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, mengikuti agenda Media Nyambangi Lapangan Banyu Urip yang diselenggarakan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Selasa (19/9/2023).

Para wartawan yang hadir tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bojonegoro, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bojonegoro, Forum Jurnalis Televisi Bojonegoro (FJTB), PWI Tuban, dan Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban. Mereka diajak berkeliling di Lapangan Banyu Urip untuk melihat fasilitas di sana.



Perwakilan dari EMCL, Feni K Indiharti menyambut para awak media. Dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sebagai operator Lapangan Banyu Urip, EMCL bukan hanya memproduksi minyak bumi saja, melainkan juga menjalankan kegiatan untuk pengembangan masyarakat yang ada di wilayah operasi.

"Tanpa menggantikan peran pemerintah, kami melaksanakan Program Pengembangan Masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi," kata Feni.

Dalam bidang pendidikan, EMCL mempunyai program Pusat Belajar Guru (PBG) lebih dari 4.900 guru telah dilatih, 235 beasiswa yang terdiri dari 200 pelajar SMA dan 35 mahasiswa S1, serta 280 perbaikan sekolah. Di bidang kesehatan, tersedia fasilitas Air bersih yang telah dirasakan lebih dari 4.000 penerima manfaat, lebih dari 109 km pipa air bersih, 44 menara air di 35 desa, lebih dari 3.800 sarana toilet, 1.655 keluarga binaan, pembangunan lebih dari 300 rumah layak huni, dan lebih dari 82.000 penanaman pohon untuk penghijauan.

"Pada program pengembangan ekonomi, kami menginisiasi Pusat Inkubasi Bisnis di Bojonegoro, 2 jembatan (Tlatah dan Clebung) penghubung di Bojonegoro, revitalisasi Pasar Gayam serta permberdayaan BUMDes Gayam Mandiri pembangunan infrastrukur publik berupa embung, drainase, balai desa gedung serba guna Gayam, dan Lapangan Sepak Bola Gayam," ulas Feni.

Sementara itu, Operations Superintendent EMCL, Harwiyono menyampaikan update capaian Lapangan Banyu Urip hingga tahun 2023 ini. Beberapa di antaranya adalah tingkat keselamatan bekerlas dunia - tak ada insiden yang tercatatkan, keandalan fasilitas uang bagus - uptime lebih dari 99 persen.

"Produksi kumulatif mencapai lebih dari 600 juta barel. Lebih dari target POD awal 450 juta barel. Berkontribusi 25 persen produksi minyak nasional, menjadi salah satu produsen minyak terbesar di Indonesia," terang Harwiyono.

Selain berkunjung di Lapangan Banyu Urip, para wartawan juga diajak mengunjungi lokasi program pengembangan masyarakat, yakni Sekolah Lapang di Desa Bonorejo, dan Pusat Informasi Kesehatan (PIK) di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam.

Di PIK, para wartawan disambut Manager Tim Aku Sehat, Dhamar Arizona, S.Kep beserta tim. Dalam kesempatan tersebut, Dhamar memaparkan terkait core dari program Aku Sehat yaitu sebagai manajemen resiko di mana jika terjadi sesuatu terutama tentang kesehatan, psiko, dan sosio, mereka tim pertama yang akan turun dalam penanganan gangguan kesehatan yang diduga dari situasi tidak normal Lapangan Banyuurip.

"Serta penguatan pilar desa sehat dengan pendekatan keluarga dan komunitas. Melalui core tersebut terdapat beberapa upaya baik preventif maupun kuratif dasar, mulai dari monitoring harian yang dilakukan sebanyak 4 kali dalam 1 hari di 4 titik dan terkait program Keluarga Binaan sebagai upaya edukasi kesehatan serta keberadaan pos PIK sebagai bagian dari media komunikasi antara pihak EMCL dengan masyarakat begitu juga sebalikanya," ulasnya.

Sebagai penutup dari rangkaian kegiatan Media Nyambangi Lapangan Banyu Urip, digelar sepak bola persahabatan antara Wartawan, EMCL, dan Forkopimcam di Lapangan Desa Gayam. [ito]

 

Tag : media nyambangi Lapangan Banyu Urip, emcl, bojonegoro, migas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat