10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |   11:00 . Proyek Trotoar Rp23,4 M Segera Dilelang   |   09:00 . Teka-Teki Perpanjang Jabatan Kades Belum Bisa Dipastikan   |   07:00 . Tak Puas di Ranjang Berujung Selingkuh Penyebab ASN di Bojonegoro Cerai   |   21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Bawa 27 Pemain di Liga 3 Nasional 2024   |   19:00 . Laga Perdana Liga 3 Nasional, Persibo Optimis Raih 3 Poin   |   18:00 . Ini 10 Nama Calon Komisioner KPU Bojonegoro, Satu Petahana Gugur   |  
Thu, 02 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bawaslu Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemilu Partisipatif

blokbojonegoro.com | Saturday, 14 October 2023 07:00

Bawaslu Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemilu Partisipatif

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Guna meningkatkan keterlibatan pemuda dan mahasiswa dalam proses pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro hari ini menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan MoU Bersama Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah (STTM) Ar-Fachruddin Bojonegoro, Jumat (13/10/2023).

Acara yang digelar di area New Garasi Cafe & Bistro Jl. Mangga No. 2A Bojonegoro ini melibatkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang ada di Kabupaten Bojonegoro, Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (Ormek), juga sejumlah awak media.

Hadir dalam sosialisasi, perwakilan BEM STTM Ar-Fachruddin Bojonegoro, BEM STAI Attanwir, BEM Unugiri, BEM Universitas Bojonegoro, BEM IKIP PGRI, BEM STIE Cendekia, BEM STEI Permata, BEM STEBI Ar-Rosyid, BEM Universitas Terbuka dan BEM STIT Muhammadiyah Bojonegoro.

Perwakilan Ormek, mulai dari HMI Cabang Bojonegoro, PC PMII, DPC GMNI, juga PC IMM Bojonegoro, turut terlibat dalam agenda Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif kali ini.

Ketua Bawasalu Bojonegoro Handoko SHW dalam hal ini menuturkan, keterlibatan masyarakat yang aktif menjadi suatu objek dimana Pemilu akan nampak kualitasnya dapat terindikasi lewat bagaimana masyarakat untuk mengawasi dalam tiap proses tahapan yang berlangsung.

"Di sini ada teman-teman yang menjadi partikel kita juga untuk bagaimana kita akan bersama-sama menangkal hoax, politik-politik sara, yang tentunya akan merugikan dan juga membuat polarisasi di masyarakat desa," ungkap Ketua Bawaslu yang akrab disapa Mas Hans itu dalam sambutannya.

Ditambahkan lagi, keterlibatan mahasiswa akan berperan sangat sentral sebab pemilih pemula rata-rata ada di kampus. Kemudian keilmuan-keilmuan yang ada di kampus ini juga bisa diterapkan guna mendukung teknik, misal tentang kolaborasi yang bisa dilakukan melalui program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang dimiliki oleh STTM Ar-Fachruddin Bojonegoro.

"Prodi salah satunya DKV, sama Bawaslu bisa dikomparasikan misal pembuatan iklan berkaitan tentang Pemilu. Kami harapkan kerjasama kolaborasi untuk memperkuat Pemilu yang berkualitas," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua STTM Ar-Fachruddin Bojonegoro Tamam Choiruddin sangat berterimakasih sebab telah diberi kepercayaan tahun ini bisa bersinergi dengan Bawaslu dalam rangka mewujudkan demokrasi yang berkualitas.

"Dapat mengawal bersama, agar demokrasi tegak, berjalan dengan benar. Mudahan- mudahan tidak mengecewakan," papar Tamam Choiruddin.

MoU pun dilakukan dengan penandatanganan antara Bawaslu Bojonegoro dan STTM Ar-Fachruddin Bojonegoro, yang kemudian dilanjut dengan sosialisasi. Dalam sosialisasi kali ini menghadirkan narasumber Danial Bustomi dari STTM Ar-Fachruddin. Pria yang juga Pendiri STTM Ar-Fachruddin itu menyampaikan materi perihal partisipasi mahasiswa dalam Pemilu. Narasumber dari Bawaslu diwakili oleh Zaenuri Kordiv SDM, Organisasi, Diklat, serta Fatma Lestari dari Divisi Teknis Penyelenggara KPU Bojonegoro. [feb/mu]

 

Tag : Pemilu, bawaslu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat